Kenari Yorkshire: Ciri, Jenis, Cara Merawat & Harga Terbaru

Kenari Yorkshire – Pembahasan kita kali ini masih seputar burung nan rupawan dengan suara nyaring dan bermental juara, siapa lagi kalau bukan burung kenari. Burung yang memiliki banyak sekali penggemar dari berbagai kota di Indonesia.

Burung kenari sendiri memiliki banyak sekali jenis salah satunya adalah kenari Yorkshire. Jenis kenari yang satu ini cukup menyita perhatian para kenari mania karena burung ini dikenal memiliki kualitas kicau super nyaring.

Selain itu burung kenari Yorkshire memiliki banyak kelebihan lain. Tidak heran jika burung ini sangat populer dan dibandrol dengan harga yang cukup tinggi dan termasuk salah satu kenari yang cukup langka dan cukup sulit ditemukan di pasaran.

Kenari Yorkshire ini lebih dikenal dengan nama kenari YS yang merupakan salah satu burung import yang berasal dari Negara – Negara Eropa khususnya dataran tinggi milik ratu Elizabeth.

Burung kenari Yorkshire merupakan burung impor hasil dari persilangan antara kenari Lancashire dan kenari belgia. Salah satu ciri khusus burung ini adalah memiliki postur tubuh yang besar serta bersuara keras hampir sama dengan indukannya.

Kenari Yorkshire via Pinterest
Kenari Yorkshire via Pinterest

Ciri – ciri Burung Kenari Yorkshire

Untuk membedakan burung kenari YS dengan kenari jenis lainnya bisa kita lihat dari ciri – ciri burung kenari YS yang pastinya tidak dimiliki oleh jenis kenari lainnya, berikut penjelasannya:

  • Kenari Yorkshire memiliki tubuh mirip seperti induknya yaitu berpostur besar dan terlihat gagah dan memiliki dada bidang
  • Kenari YS memiliki bentuk mata dengan tatapan yang tajam
  • Burung ini memiliki bentuk tubuh mirip seperti wortel yang membuatnya terlihat cukup unik
  • Kenari YS memiliki bentuk kaki yang cukup panjang
  • Pada bagian bulunya burung ini memiliki bulu yang mengkilap dan sangat rapat
  • Tidak ada kotoran yang terlihat dan sangat bersih pada bagian klopaknya
  • Jenis kenari ini memiliki kicauan yang sangat khas yaitu bersuara nyaring dengan volume yang keras di bading jenis kenari lainnya
  • Salah satu ciri burung ini adalah memiliki tingkah laku yang sangat agresif dan aktif

Jenis Burung Kenari Yorkshire

Kenari YS yang cukup populer ini sangat disukai oleh para pecinta kenari atau kenari mania karena memiliki suara yang sangat keras dan lantang sehingga mampu menguasai arena pertandingan.

Selain itu jika dilihat dari segi jenis burung ini sebenarnya hanya memiliki satu jenis namun pasar burung ini sendiri menuntut jenis lain dari burung ini sehingga ada banyak upaya untuk mengawinkan kenari Yorkshire sehingga menghasilkan 2 jenis yaitu:

  • Kenari Yorkshire import hasil persilangan kenari Lancashire dengan kenari belgia

Kenari Yorkshire lokal hasil persilangan beberapa jalur, diantaranya:

  • Hasil persilangan YS jantan impor dengan betina lokal
  • Hasil perkawinan F1 YS jantan dengan F1 YS betina
  • Berikutnya hasil persilangan antara F1 YS jantan dengan kenari betina lokal

Cara Merawat Burung Kenari Yorkshire

Buat anda yang memutuskan memelihara kenari baik lokal maupun impor ada beberapa langkah perawatan harian yang perlu anda lakukan untuk menghasilkan kenari YS yang berkualitas, berikut diantaranya:

  • Pelihara burung kenari YS pada sangat yang luas dan lebar serta kuat karena burung ini adalah burung yang sangat aktif dan suka bergerak bebas
  • Selain itu pastikan kondisi kandang selalu bersih, kering dan tidak mengandung jamur
  • Bersihkan pula tubuh burung dengan cara memandikannya setiap pagi dan sre hari jika cuaca memungkinkan
  • Setelah dimandikan silahkan jemur kenari YS secara teratur selama 1 hingga 3 jam pada pagi hari Karena vitamin dari matahari pagi juga sangat dibutuhkan burung ini agar tetap sehat
  • Perawatan selanjutnya silahkan melakukan pemasteran untuk melatih kenari agar rajin gacor, salah satu cara pemasteran bisa dilakukan dengan sering mendengarkan suara kenari YS masteran lainnya atau bisa juga mendengarkan dari rekaman suara
  • Perhatikan pula masalah pakan burung ini. pastikan anda memberikan biji – bijian setiap hari, sayuran hijau serta buah – buahan segar seperti daun sawi, gambas, mentimun, paprika, wortel, apel, pir dan jenis makanan sehat lainnya.
  • Sebagai variasi makanan agar kenari tidak bosan beri roti kering rendah gula
  • Sebagai makanan penambah protein beri kenari Yorkshire kroto atau telur semut seminggu sekali
  • Sebaiknya pilih kenari jantan dari pada kenari betina sebab melatih jantan untuk rajin gacor lebih mudah dibanding dengan betina

Kisaran Harga Kenari Yorkshire Terbaru

Jantan – Anakan: Rp. 1.000.000; Dewasa Rp. 4.050.000

Betina  – Anakan: Rp. 800.000; Dewasa Rp. 3.550.000

Lokal    – Anakan: Rp. 650.000; Dewasa Rp. 2.550.000

Inggris – Anakan: Rp. 800.000; Dewasa Rp. 3.950.000

Belanda – Anakan: Rp. 800.000; Dewasa Rp. 3.750.000

Import – Anakan: Rp. 800.000; Dewasa Rp. 4.500.000

Itu tadi artikel mengenai kenari Yorkshire yang sangat popular dan memiliki kisaran harga yang sangat tinggi. namun meski sangat mahal kemampuan burung bini memang diatas rata – rata sehingga anda tidak akan merasa rugi. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Baca juga: Burung Kenari Black Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *