Kenari Kalitan: Asal-usul, Ciri dan Cara Merawatnya

Kenari Kalitan – Burung kenari adalah burung yang memiliki banyak sekali penggemar di Indonesia, hal ini disebabkan oleh keindahan fisik yang terlihat jelas dengan ukuran tubuh yang mungil dan warna bulunya yang khas.

Selain itu dari segi suara kenari juga tidak perlu diragukan lagi dan mampu menguasai lapangan pertandingan. Namun keberadaan kenari akhir – akhir ini merosot tajam hal ini karena  terlalu banyak pesaing yang terus berinovasi.

Namun pelaku burung kenari tidak mau tinggal diam, dan terus berusaha mendongkrak popularitas burung yang satu ini. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menyilangkan indukan agar menghasilkan kenari yang indah dan mumpuni. Hal ini memang membuahkan hasil yang baik, hal ini terlihat dari keberhasilan menciptakan burung kenari kalitan.

Kini kenari jenis ini semakin popular dan semakin diburu, bahkan sudah ada kelasnya tersendiri untuk burung kalitan di ajang latpres / latber yang mengacu pada kemampuan suara burung mungil yang satu ini.

Namun jangan salah meski memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mungil namun dari segi kualitas gacor tidak perlu diragukan lagi, bahkan bisa diadu dengan burung yang memiliki postur tubuh bongsor.

Burung kenari ini bisa mengeluarkan lagu lebih panjang serta suara yang lebih nyaring dibandingkan kenari bongsor.

Kenari Kalitan via Majalahburungpascom
Kenari Kalitan via Majalahburungpas.com

Asal usul

Burung yang satu ini kini semakin diincar para kenari mania karena kualitas gacor yang tinggi dan bermental juara. Nama kenari ini sendiri diambil dari bahasa jawa yang melihat bentuk tubuhnya yang kecil dari kata “Alit” yang berarti kecil.

Namanya diberikan untuk membedakannya dalam gelaran perlombaan. Hal ini bermaksud agar lomba dikhususkan untuk kenari berukuran kecil saja, dan tidak boleh diikuti oleh kenari berpostur besar atau bongsor.

Ciri – ciri Kenari Kalitan

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa kenari jenis ini memiliki ukuran tubuh kecil dan mungil, maka dari itu ciri utama kenari kalitan adalah memiliki postur tubuh yang kecil.

Salah satu keistimewaan kenari ini adalah dihasilkan dari indukan yang memiliki kualitas suara dan durasi ngerol yang panjang atau lebih jelas dari kenari jenis lainnya.  Selain itu kita akan melihat ciri – ciri kenari kalitan lainnya, seperti berikut ini:

  • Memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil
  • Memiliki ekor yang cukup panjang dibanding dengan jenis kenari lainnya
  • Memiliki kualitas suara yang lebih jelas dengan kemampuan ngerol panjang yang melengking dank has
  • Mampu mengeluarkan suara dengan durasi yang lebih panjang dan nyaring
  • Saat mengeluarkan suara postur tubuhnya terlihat lebih tegap

Cara Merawat Kenari Kalitan

Salah satu keistimewaan burung kenari adalah sangat mudah dipelihara karena bukan salah satu burung yang sensitif dan pemalu. Oleh sebab itu pemeliharaan burung kenari ini bisa dilakukan siapa saja. Berikut beberapa cara merawat kenari kalitan, diantaranya:

  • Cara pertama yang harus anda lakukan saat memelihara kenari kalitan adalah selalu menjaga kebersihan tubuh kenari dengan memandikannya secara rutin setiap pagi dan sore hari
  • Selain itu pastikan anda menjaga kebersihan kandang dengan rajin membersihkan kandang dari sisa makanan dan kotoran. Selain itu pastikan kandang kenari selalu kering dan terhindar dari jamur
  • Jemur kenari setiap pagi selama 2 jam sekitar pukul 8 hingga pukul 10 pagi agar burung tetap sehat
  • Selanjutnya silahkan lakukan pemasteran secara teratur dengan mendengarkan suara kenari master atau bisa juga mendengarkan suara rekaman burung kenari atau burung lainnya untuk merangsang kenari untuk rain gacor.

Kenari kalitan kini semakin popular ditengah merosotnya popularitas kenari. Dengan keberadaan burung kenari jenis kalitan ini semakin banyak kicau mania yang kembali lagi memelihara burung kenari. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Simak juga:  Kenari Yorkshire

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *