Kenari Isabel: Ciri, Makanan, Habitat, Perilaku Dll

Kenari Isabel – Mengenal lebih jauh burung kenari lokal yang paling istimewa yaitu kenari Isabel. Burung kenari memang banyak sekali disukai karena memiliki banyak sekali jenis, sehingga kita bisa memilih burung mana yang ingin dipelihara.

Selain itu bentuk tubuhnya yang cantik dan menawan semakin digemari. Belum lagi dari segi kualitas suara tidak perlu diragukan lagi karena memang memiliki suara yang melengking dan ngerol panjang serta bermental juara.

Kenari jenis ini memiliki banyak sekali variasi warna mulai dari kuning, putih, hijau serta hitam. Dari variasi warna tersebut membuat penampilan kenari Isabel semakin menawan. Warnanya yang cerah namun terlihat kalem membuat burung ini semakin populer di kalangan kenari mania.

kenari Isabel
kenari Isabel

Karakteristik 

Kenari Isabel menjadi burung yang paling kenari di mata pecinta kenari karena memiliki variasi warna yang cukup istimewa. Dengan karakteristik yang membuatnya semakin dilirik, dimana ia memiliki karakter suara yang indah dan lebih suka berbunyi atau gacor.

Karena bukan jenis burung pemalu dan cukup aktif. Tidak heran jika burung kenari Isabel mampu menguasai lapangan pertandingan dengan mental juara yang jempolan. Namun saat bulu di seluruh tubuh burung ini telah mulai tua dan sedikit berjatuhan sudah tidak belajar berkicau lagi.

Ciri Burung Kenari Isabel

Untuk para pemula yang ingin memelihara burung kenari jenis ini namun belum mengetahui dengan jelas cirinya bisa melihat rincian yang akan kami terangkan di bawah ini:

  • Burung kenari ini sendiri memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan dari warnanya, diantaranya: oranje, good isabel pastel, serta zel varisabel
  • Kenari yang memiliki warna hijau dan merah biasanya lebih cenderung terlihat gelap
  • Pada bagian warna bulunya akan terlihat layaknya penipisan warna brown atau coklat karena memang warna kenari ini cenderung lebih kalem
  • Memiliki tampilan warna yang lebih tajam
  • Memiliki variasi warna yang cukup banyak mulai dari putih, kuning, hijau, merah dan hitam

Baca juga: Kenari Kalitan

Cara Merawat 

Burung kenari yang satu ini bukanlah jenis burung yang sensitif dan pemalu sehingga dalam perawatan harian burung ini juga tidak terlalu sulit.

Perawatan yang dilakukan hamper sama dengan jenis burung lainnya yang perlu dijaga kebersihan kandang dan tubuhnya, pemberian pakan yang tepat, serta melakukan pemasteran secara teratur. Untuk memperjelas perawatan harian kenari Isabel bisa kita lihat seperti di bawah ini:

  • Selalu jaga kebersihan burung dan kandang, dengan memandikan kenari Isabel secara rutin setiap pagi dan sore, selain itu pastikan anda rajin membersihkan kandang burung dengan membuang sisa makanan dan kotorannya, serta menjaga agar kandang selalu dalam kondisi kering
  • Pastikan tempat pakan dan minum burung bebas dari jamur dengan rajin mencuci kedua wadah tersebut agar kenari tetap sehat
  • Setelah dimandikan lanjutkan dengan proses penjemuran kenari Isabel selama 1 hingga 2 jam di bawah matahari langsung di pagi hari
  • Selesai menjemur burung lanjutkan dengan pemasteran kenari. Pemasteran dilakukan untuk memancing kenari gacor dan lebih bervariasi. Pemasteran bisa dilakukan dengan mendengarkan suara kenari master lainnya serta mendengarkan rekaman suara burung master lainnya
  • Untuk melatih burung kenari ini anda harus merawatnya dengan benar serta memperhatikan pakan yang diberikan. berikan pakan yang berupa bijian mix yang diselingi dengan sayuran hijau, selain itu penuhi kebutuhan kalori dengan memberikan kroto, serta telur puyuh rebus. Pemberian multivitamin juga diperlukan untuk menjaga vitalitas tubuh burung agar semakin rajin gacor dan tentunya lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

***

Kenari Isabel memang sangat cocok dijadikan burung peliharaan karena memiliki bentuk tubuh yang cantik, dengan warna bulu yang menawan serta kicauannya yang merdu dan enak didengar. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Simak juga: Burung Kenari Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *