Kenari gacor: Ciri-ciri, Cara Merawat, Makanan, Masteran dll

Kenari gacor – Sama seperti burung kicau pada umumnya yang memiliki suara merdu, kenari gacor memiliki kicauan yang merdu, khas serta ngerol sekali. Itulah yang menyebabkan burung ini menjadi favorit kicau mania, dan banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan dan kemudian melatihnya menjadi burung masteran.

Bahkan kini kepopulerannya terus meningkat dan digadang – gadang menjadi juara di setiap ajang kicau burung. Para kicau mania rela merogoh kantong cukup dalam untuk memiliki burung yang didominasi berwarna kuning cerah ini. mereka rela berburu hingga ke pelosok – pelosok daerah untuk mendapatkan kenari gacor ini.

Ada banyak sekali alasan buat para kicau mania memilih gacor kenari menjadi burung peliharaan, selain suaranya yang khas dan ngerol abi, burung ini juga bermental juara. Burung ini memang burung yang memasyarakat. Mesti membutuhkan metode khusus dalam merawatnya agar bisa menjadi burung masteran namun tidak terlalu sulit dan membutuhkan perhatian khusus seperti beberapa jenis kicau lainnya.

Perawatan Agar Kenari Gacor via Youtube
Perawatan Agar Kenari Gacor via Youtube

Ciri – ciri Kenari Gacor

Kenari gacor merupakan burung kicau yang sangat populer. Terutama di kalangan kicau mania. Burung dengan suara khas dan ngerolnya ini sangat disukai, selain karena suaranya burung ini juga memiliki mental juara.

Ia bukan termasuk burung yang mudah stress dan sensitif terhadap lingkungan dan orang baru, sehingga dalam merawatnya kita tidak terlalu kesulitan. Lalu bagaimana sebenarnya ciri tubuh burung kenari gacor ini, berikut penjelasannya:

  • Burung kenari gacor relative berukuran kecil hanya memiliki panjang tubuh sekitar 11,5 cm
  • Dengan paruhnya yang runcing berwarna gading kekuningan khas burung pemakan biji – bijian
  • Warna burung kenari gacor didominasi berwarna kuning cerah. Dengan kombinasi warna coklat cerah dan putih di beberapa bagian tubuhnya.
  • Kenari gacor memiliki ekor yang lumayan panjang yang berwarna kuning dengan kombinasi putih.
  • Ia memiliki kaki yang mungil dengan jemarinya yang panjang dan runcing sebagai cengkeram ketika ia bertengger di ranting pohon.
  • Burung kenari gacor memiliki bola mata yang bulat berwarna hitam bening, terlihat sangat cerah
  • Burung kenari memiliki suara yang sangat merdu dengan kicauannya yang khas dan ngerol abis.
  • Kenari gacor merupakan burung yang memiliki mental juara sehingga tidak membutuhkan penanganan khusus. Dan tidak begitu kesulitas ketika beradaptasi dengan suasana baru.

Kenari Gacor Si Burung Masteran dengan Mental Juara

Memiliki sebuah burung masteran memang bukan perkara mudah, meski burung ini tidak terlalu sensitif dan tidak membutuhkan perawatan khusus, namun ketika dalam pemeliharaannya tidak dilakukan dengan benar maka tidak akan menghasilkan burung seperti yang anda harapkan.

Padahal saat anda berhasil melatih burung kenari gacor masteran milik anda bisa menjuarai setiap perlombaan, selain itu akan menjadikan kenari itu harganya mahal.

Memang bukan mustahil menjadikan burung ini sebagai burung masteran, dengan perawatan yang benar dan dilakukan secara rutin, mulai dari memandikan, lalu menjemur, pemberian pakan yang baik, hingga sampai pada pemasteran yang bertujuan untuk melatih kenari ini untuk berkicau atau bersuara juga bertujuan untuk melatih burung menirukan suara burung master.

 Jika cara tersebut telah anda lakukan dengan baik dan dilakukan secara rutin atau terus – menerus maka kenari yang anda miliki akan tampil prima alias sehat serta memiliki mental juara. Setelah kenari gacor tumbuh dengan sehat dan pemberani maka secara otomatis burung ini akan selalu berkicau dengan sangat merdu.

Meski kenari gacor memiliki harga yang sangat terjangkau, namun setelah berhasil menjadi seekor gacor masteran dengan mental juara maka harganya bisa sangat fantastis. Akan banyak penawaran dengan harga yang sangat mahal.

Maka dari itu memelihara burung kenari ini untuk dilatih menjadi burung masteran, karena selain kita memiliki kebanggan tersendiri dengan berlomba yang dimenangkan, kita juga bisa membuka penangkaran dan menjadikannya sebuah bisnis.

Baca juga: Harga Burung Kenari Terbaru Lengkap

Cara Merawat Kenari Agar Gacor “Burung Masteran Mental Juara

Bukan sebuah hal yang mustahil bagi kita memiliki seekor burung kenari masteran yang bermental juara, apa lagi buat anda pecinta kicau mania pastilah sedikit banyak memiliki kemampuan dalam melatih dan merawatnya.

Untuk menyempurnakan perawatan akan kami berikan ulasan mengenai merawat kenari agar menjadi seekor burung masteran, berikut penjelasannya:

  • Perawatan pertama adalah masalah pakan burung ini, sebab makanan yang mereka makan akan sangat berpengaruh pada kemampuan mereka. Pastikan anda memberikan biji – bijian mix. Atau biji – bijian yang sudah diramu. Pemberian pakan yang dicampur ini juga akan menarik selera makan burung ini karena menu yang mereka santap berganti – ganti dengan vitamin yang lebih kompleks pastinya.
  • Untuk mengurangi kebosanan makan anda bisa memberinya selingan makanan seperti sayur – sayuran secara bergantian. Sanda bisa memberinya selang – seling dengan biji – bijian tadi
  • Selain kedua makanan diatas anda juga perlu menambah variasi makanan kenari gacor ini, namun hanya perlu dilakukan seminggu sekali, yaitu pemberian makanan berprotein tinggi sebagai pelengkap vitamin tubuh untuk menjaga kebugaran burung, seperti telur dan kroto
  • Untuk menambah variasi makanan dan gizi lainnya silahkan memberikan asinan dari dari hewan laut seperti kerang dan sotong.
  • Agar kenari tidak stress dan selalu merasa senang serta segar maka setiap pagi anda perlu mengangin – anginkan burung kenari gacor ini.
  • Setelah memandikan burung ini silahkan jemur kenari gacor setiap pagi secara rutin, tidak perlu terlalu lama cukup selama 2 jam saja, mulai dari jam 8 sampai jam 10 pagi.
  • Setelah menjemur kenari ini anda bisa memindahkannya kembali ke tempat asalnya lalu setelah itu anda bisa memulai pemasteran untuk melatih kicauannya dan menirukan suara master lainnya. Lakukan cara ini mulai am 10 hingga jam 3 sore. Coba dengarkan mereka suara kicauan master kenari gacor melalui rekaman suara
  • Di sore hari anda juga bisa memandikan kenai ini , namun amati terlebih dahulu perilaku burung ini, jika ia telah mandi di cepuk maka tidak perlu memandikan burung ini lagi. Selain itu anda juga perlu mengamati cuaca di sekitar, jika cuaca sore ini mendung atau kurang bersahabat sebaiknya kenari gacor tidak perlu dimandikan
  • Pada pukul 6 anda bisa mengulang pemasteran burung ini, agar ia terbiasa mengeluarkan suaranya yang khas an ngerol abis.
  • Hal terakhir yang perlu anda lakukan dalam tahapan perawatan untuk menghasilkan burung masteran anda perlu memberikan vitamin atau suplemen tambahan.

Ciri – ciri Kenari yang gacor Berkualitas Untuk Jadi Masteran

Burung kenari gacor memang burung yang memiliki suara timbre yang khas dan lantang, sehingga burung ini memiliki banyak sekali penggemar terutama para kicau mania. Burung yang banyak dijadikan sebagai hewan peliharaan banyak sekali dibudidayakan dan terus dilatih agar bisa menjadi burung masteran.

Ketertarikan pecinta burung pada hewan yang satu ini bukan hanya melihat dari suaranya yang khas namun burung ini juga memiliki paras yang cantik, namun yang jadi pertanyaan kami apakah anda mengerti mana burung yang memiliki kualitas juara dan mana yang tidak?

Memang tidak semua orang bisa membedakannya. Untuk menjawab rasa penasaran itu kami akan memberikan penjelasan mengenai ciri – ciri kenari gacor yang bagus dan mental juara, berikut penjelasannya:

  • Burung kenari gacor memang terkenal sebagai burung kicau, dengan suaranya yang merdu namun ketika anda akan melatih seekor burung menjadi masteran, pastikan anda memilih kenari jantan. Meski kenari betina juga memiliki suara yang merdu namun tetap pejantanlah yang paling tepat menjadi masteran.
  • Pilihlah kenari gacor yang memiliki bentuk tubuh proporsional serta panjang
  • Sebelum memilih pastikan anda memperhatikan burung secara teliti dan cermat, pilihlah burung yang tidak memiliki riwayat cacat batin alias stress, selain itu hindari juga kenari yang memiliki cacat fisik, mulai dari sayap, kaki, mata, kuku arinya hingga bagian badannya.
  • Ciri kenari masteran lainnya bisa kita lihat dari bentuk matanya. Pilihlah kenari yang memiliki mata besar bulat dan melotot
  • Ciri lainnya isa dilihat dari bentuk kepalanya yang cukup besar
  • Cermati pula gerak – gerik burung ini, pastikan anda memilih burung dengan gerak – gerik yang lincah dan sehat, dan hindari burung yang lebih banyak diam karena itu merupakan pertanda yang kurang baik.
  • Pilihlah burung yang memiliki putaran yang berpangkal lebar, panjang, besar, lurus, serta tebal.
  • Selain ciri tubuh kenari gacor di atas anda juga perlu memperhatikan ciri tubuh lainnya yaitu pastikan anda memilih kenari gacor yang memiliki lubang hidung yang sangat dekat dengan mata.
  • Pilih pula kenari gacor yang memiliki bentuk sayap nge V atau lebih menjepit dan menguncup ke dalam, dan jangan memilih kenari dengan bentuk sayap yang sedikit melebar
  • Pilih burung kenari yang memiliki nafsu makan tinggi, jika burung kenari tersebut malas – malasan ketika makan maka burung itu tidak baik ada kemungkinan mengidap stress atau sakit
  • Ciri utama burung kenari yang memiliki suara maksimal dalam berkicau, dan ngerol abis adalah memiliki leher yang panjang serta sedikit padat. Pastikan burung yang anda pilih memiliki ciri utama ini.
  • Ciri kenari gacor berkualitas selanjutnya adalah memiliki cengkok yang besar.
  • Aniss kenari gacor yang bermental juara juga bisa kita lihat dari bentuk kakinya yang tinggi anti banjir pokoknya.
  • Satu hal penting yang perlu anda pertimbangkan ketika akan membeli kenari ini adalah pilihlah kenari dengan kualitas bagus dengan spesifikasi yang telah kami terangkan di atas namun dengan harga yang cukup murah.

Nah ketika anda memilih seekor kenari gacor yang bagus dan bermental juara pastikan anda melihat segala aspek di atas pada burung itu, baik dari segi proporsional suara dan tubuh, maka usaha anda nantinya dalam melatih burung ini tidak akan sia – sia.

Setelah mendapatkan kenari yang tepat maka anda juga harus merawat dan memelihara burung ini dengan baik setiap harinya, hingga sampai burung ini siap mengikuti berbagai kompetisi.

Rekomendasi Makanan untuk Kenari Biar Gacor

untuk membuat kenari yang anda miliki bermuara emas, bukan hanya memerlukan pelatihan masteran yang dilakukan setiap hari, namun menjaga kondisi tubuh burung ini juga sangat penting dalam melakukan performanya.

Cara utama menjaga kondisi tubuh agar selalu prima adalah memberikan makanan yang bergizi dan bervitamin tinggi, berikut beberapa rekomendasi makanan untuk kenari agar menjadi masteran yang handal, seperti berikut:

1. Biji – bijian seed dan fumayin

Biji – bijian ini sangat disukai oleh kenari, makanan ini memiliki banyak sekali khasiat untuk burung ini, seperti untuk menambah birahi agar cepat berkicau merdu atau meningkat kemampuan kicauan, serta dapat menjaga kehangatan tubuh burung ini. anda bisa memberikan makanan ini secara rutin pagi, siag dan malam hari.

2. Biji – bijian mix

Salah satu makanan favorit kenari gacor adalah biji – bijian mix atau campuran. Makanan jenis ini bukan hanya sangat digemari juga bergizi tinggi, karena memang jenis kacang – kacangan atau biji – bijian memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Beberapa biji yang yang sering dikombinasikan atau dicampurkan seperti biji sawi, biji canary seed, biji milet putih, bii egg food serta masih banyak biji lainnya yang bergizi.

3. Kroto atau telur semut

Sebagai makanan penambah protein untuk kenari gacor silahkan memberikan kroto atau telur semut. Makanan ini selain berprotein tinggi yang sangat baik bagi burung juga termasuk makanan favorit kenari gacor.

Sebab memang kroto ini sangat diukai segala jenis burung. Kroto ini berasal dari telur semut rang – rang. Untuk mendapatkannya juga tidak terlalu sulit sebab banyak sekali toko pakan burung yang menyediakan kroto.

Anda bisa memulai pemberian kroto sejak masih kanak –kanak sebagai pengenalan agar ketika dewasa mereka sudah tidak kaget lagi. Ditakutkan ketika mereka kaget membuat mereka tidak mau makan kroto.

4. Buah apel

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa buah apel adalah salah satu makanan yang disukai burung kenari gacor ini. buah apel juga sangat baik untuk burung jenis ini. salah satunya sangat baik untuk perkembangan burung kenari, serta dapat melegakan tenggorokan sehingga saat berkicau mampu mengeluarkan suara yang bagus.

5. Sayuran segar

Untuk mencegah kebosanan anda bisa menyilang antara biji – bijian mix dengan beberapa jenis sayuran segar. Pasti sudah banyak mengetahui bahwa sayur kaya akan gizi, vitamin, serta mineral yang sangat baik.

Sehingga mampu menunjang pertumbuhan kenari ini, dan membuat kenari menjadi lebih aktif lagi. Beberapa contoh sayur yang bisa anda berikan pada kenari adalah kobis, wortel, sawi, serta masih banyak jenis sayur lainnya.

Anda bisa merebus sayuran itu sebentar agar lebih lunak. Namun jangan merebusnya terlalu lama karena takut zat yang terkandung di dalamnya hilang.

6. Telur puyuh rebus

Ada juga yang berpendapat bahwa telur puyuh rebus akan menjadi sumber protein yang sangat tinggi untuk kenari gacor.  Pemberian protein ini dipercaya bisa membuat kenari lebih sehat lagi, sehingga kemampuan kicauannya pun juga akan semakin baik.  Selain itu telur puyuh akan merangsang birahi burung ini untuk berkicau.

Baca juga: Makanan Burung Kenari Terbaik Agar Gacor

****

Kenari gacor ini adalah jenis burung kicau dengan mental juara, sehingga sangat disukai para pecinta burung. Perawatan burung ini juga tidak terlalu sulit. Demikian ulasan kami kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Artikel terkait: Panduan Budidaya Kenari untuk Pemula

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *