Kandungan Nutrisi, Keunggulan & Manfaat Pupuk Kascing

Pupuk kascing sangat populer dan telah digunakan oleh petani dari seluruh dunia karena terbukti hasilnya mampu meningkatkan pertumbuhan dan kesuburan tanaman.

Bahkan, kualitas lahan pertanian pun juga semakin bagus dengan penggunaan pupuk kascing ini. Lalu, tahukah Anda apa pupuk kascing itu?

Pupuk organik kascing merupakan jenis pupuk organik yang asalnya dari kotoran cacing ataupun bekas cacing yang telah difermentasi secara langsung oleh cacing itu sendiri.

Pupuk ini mempunyai tekstur halus mirip seperti pasir, homogen, berwarna hitam, ringan, serta tidak berbau. Saat dilihat menggunakan kaca pembesar, maka kotoran cacing dalam pupuk tersebut akan terlihat jelas seperti pelet ikan, tetapi dengan ukuran sangat kecil.

Pupuk Kascing
Pupuk Kascing via Shopee

Kandungan Pupuk Kascing

Pupuk organik kascing mempunyai kandungan unsur hara organik yang sangat tinggi, di antaranya adalah 1.79%nitrogen, 1.79%kalium, 0.85% fosfat, 30.52% kalsium, dan 27.13% karbon.

Kandungan zat organik ini tentu sangat efektif dalam menggemburkan tanah serta memacu tanaman untuk tumbuh lebih subur jika dibandingkan dengan kandungan pupuk kimia. Bahkan, pupuk ini juga dinilai lebih baik dibandingkan pupuk organik jenis lainnya.

Biasanya jenis cacing yang dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kascing adalah cacing tanah dari spesies Lumbricusrubellus.

Namun, jika tidak menggunakan jenis cacing tersebut, bisa juga menggunakan jenis cacing tanah lokal yang biasa ditemukan di kebun atau pekarangan.

Keuntungan Penggunaan 

Penggunaan pupuk ini  menawarkan banyak sekali keuntungan. Salah satunya adalah tidak membutuhkan banyak biaya terlalu banyak.

Hal ini karena jenis bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk sangat murah dan sederhana. Hanya cacing dan  sayur atau daun kering saja.

Selain hanya membutuhkan bahan-bahan yang sederhana, pupuk kascing juga sangat mudah dalam proses pembuatannya. Dalam membuat pupuk kascing, tidak membutuhkan penggunaan alat-alat canggih. Langkah pembuatannya juga sangat sederhana dan mudah dipelajari oleh orang awam sekalipun.

Pupuk ini mempunyai sifat continue. Artinya, penggunaan pupuk kascing tidak akan merusak struktur dan sifat tanah mengingat hanya menggunakan bahan-bahan alami dalam proses pembuatannya.

Hal inilah yang membuat pupuk ini dapat digunakan secara continue atau terus menerus tanpa pernah menimbulkan efek negatif pada tanaman maupun pada tanah.

Manfaat Pupuk Kascing bagi Tanaman

Pupuk organik  telah dikenal lama dan digunakan hampir di seluruh dunia.Tentu saja, penggunaan ini membuahkan hasil yang sangat luar biasa dalam meningkatkan pertumbuhan serta kesuburan tanaman.

Bahkan, banyak petani yang menyebut pupuk kascing sebagai pupuk organik yang terbaik. Berikut ini adalah manfaat dan keunggulan pupuk kascing organik:

1. Organik 100%

Pupuk ini 100% dibuat dari bahan-bahan organik, sehingga sudah pasti sangat aman digunakan dalam jangka waktu panjang.

2. Mengandung Hormon Pertumbuhan dan Mikroba Tanah

Selain mengandung unsur hara N,P,K yang sangat diperlukan oleh tanaman, pupuk dari bekas cacing ini juga mengandung hormon pertumbuhan serta mikroba tanah.

Mikroba tanah berperan untuk membantu memperbaiki sifat fisik dari tanah. Selain itu, mikroba ini juga berfungsi untuk mengurai zat-zat kompleks pada tanah menjadi unsur bernutrisi tinggi yang kemudian dapat diserap oleh tanaman.

Sementara itu, hormon pertumbuhan dalam pupuk kascing ini berupa giberelin, auksin, atau sitokinin, yang berperan penting di dalam pertumbuhan tanaman, terutama pada pertumbuhan  tunas.

3. Peningkatan Kualitas Pertumbuhan Tanaman

Banyak penelitian yang dilakukan terhadap peran dari pupuk bekas cacing ini. Diketahui bahwa pupuk ini dapat meningkatkan jumlah, ukuran, kualitas, serta warna bunga.

Selain itu, pupuk organik ini juga berperan dalam meningkatkan pertumbuhan pada buah dan sayur hingga 15-57%, termasuk soal rasa serta bentuk atau penampilannya.

4. Memperbaiki Kondisi Fisik Tanah

Pengaplikasian kascing pada tanah bisa membantu memperbaiki kondisi dan sifat fisik dari tanah. Selain itu, kascing juga berperan dalam memperbaiki porositas, struktur tanah, permeabilitas, serta meningkatkan kemampuan tanah dalam menahan air.

Bahkan, kascing juga bisa memperbaiki sifat kimia tanah. Baik itu meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap kation yang menjadi sumber hara mikro dan makro, meningkatkan pH tanah asam, serta memperbaiki sifat kimia tanah lainnya.

5. Mengurangi Dosis Pemakaian Pupuk Kimia

Pemakaian kascing secara berkala diharapkan bisa mengurangi ketergantungan para petani dalam penggunaan pupuk kimia. Dengan meningkatkan pemakaian pupuk organik, maka petani bisa turus andil dalam mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan.

6. Menahan Air dan Kelembapan

Kascing dapat menahan keberadaan air dalam tanah dengan kapasitas mencapai 40-60%. Dengan kemampuan ini, maka kelembapan di dalam tanah pun akan terjaga dengan baik.

7. Menjadi Bio-pestisida

Pupuk ini terbukti dapat menstimulasi organisme dalam tanaman yang berperan sebagai pencegah serangga dengan cara meningkatkan kadar enzim chitinase. Selain itu, kascing juga dalam melakukan pencegahan terhadap serangan semut.

8. Tidak Bersifat Racun

Semua bahaya yang dikhawatirkan terjadi ketika penggunaan pupuk kimia tidak akan terjadi saat menggunakan pupuk kascing. Hal ini karena kascing tidak mengandung sedikit pun racun dan murni 100% dibuat dari bahan organik.

9. Tidak Menimbulkan Panas

Karena dibuat dari 100% bahan organik, maka pupuk ini tidak mengandung garam yang bisa menimbulkan panas seperti yang sering ditemukan pada pupuk sintetik. Keuntungan ini dapatmenghilangkan kemungkinan pupuk dalam merusak tanaman.

10. Tidak Berbau

Berbeda dengan jenis pupuk kotoran hewan lainnya yang berbau, pupuk kascing ini justru tidak berbau sama sekali. Aroma kascing adalah seperti tanah yang sehat dan subur.

11. Menghilangkan Bau

Pupuk ini ternyata juga sangat cepat dan efektif untuk membantu menghilangkan bau dalam pembuatan pupuk dari kotoran hewan lainnya. Campuran 20% pupuk kascing dalam kotoran ayam, sapi, atau yang telah dikomposkan selama 8 jam, maka semua aroma dan tidak sedap akan langsung hilang.

12. Mengatasi Jamur Tanaman dan Buah

Pupuk ini dengan cepat dapat mengontrol masalah jamur pada tanaman dan buah. Pada tanaman yang memiliki masalah dan gangguan jamur, maka dalam beberapa minggu saja akan langsung menunjukkan perbaikan permanen. Semua jenis jamur tanah bisa dengan cepat terkontrol.


Efektivitas pupuk kascing pada tanaman sedikit kurang cepat dan membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan pada penggunaan jenis pupuk anorganik. Sangat diperlukan ketelitian dalam pengolahan bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk ini. Jika salah mengolah, tentunya hasil yang diperoleh menjadi kurang memuaskan, bahkan sangat mengecewakan.

Contoh yang paling sederhana adalah dalam memilih bahan organik seperti sisa buah jeruk, maka pastikan bahwa sisa buah jeruk tersebut benar-benar kering. Jika tidak kering, maka bisa menyebabkan cacing mati karena tidak tahan pada lingkungan dengan tingkat keasaman tinggi.

Karena kascing memiliki banyak sekali manfaat dan kelebihan, maka para petani perlu mencoba menggunakan pupuk organik terbaik yang satu ini, terlebih bagi petani yang sudah sejak lama terbiasa memakai pupuk anorganik.

Sebaiknya, segeralah untuk beralih menggunakan jenis pupuk organik seperti kascing. Bukan hanya hasil panen saja yang semakin maksimal, tanah juga tetap terjaga kesehatannya.

Baca juga: Jenis dan Manfaat Pupuk Mikro Lengkap Terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *