Kandungan dan Manfaat Pupuk Phonska Plus untuk Tanaman

Pupuk Phonska Plus – International Fertilizer Association atau yang sering disebut dengan IFA mengadakan sebuah riset pada sektor dunia pertanian yang hasilnya menyebutkan, jika hampir 50% banyaknya lahan pertanian diseluruh dunia mengalami gejala defisiensi pada unsur hara mikro, yaitu Zinc yang terbilang signifikan.

Indonesia merupakan salah satu negara yang masuk kedalam daftar negara yang mengalami gejala defisiensi zinc yang sangat parah.

Keadaan tersebut tentu berimbas pada masyarakat Indonesia yang juga kekurangan kandungan zinc dalam tubuhnya. Hal tersebut tentu disebabkan karena makanan yang diperoleh dari hasil pertaniannya kekurangan kandungan zinc.

Keadaan tersebut tentu harus segera diatasi dengan sesegera mungkin untuk memberikan kandungan zinc pada setiap lahan pertanian yang ada. Salah satu jenis pupuk yang mampu mengatasi adanya keadaan ini adalah pupuk NPK Plus.

PhonskaPlus merupakan sebuah terobosan baru yang dapat dijadikan solusi dan inovasi atas keadaan lahan pertanian yang kekurangan defisiensi zinc. Hal tersebut dikarenakan pada pupuk NPK Plus ini terdapat kandungan unsur hara tambahan seperti Zinc atau Seng yang cukup tinggi.

Kandungan zinc atau seng tersebutlah yang membuat pupuk ini berbeda dengan jenis pupuk Phonska yang terdapat di pasaran.

Pupuk Phonska Plus
Pupuk Phonska Plus

Kandungan Pupuk Phonska Plus

Pupuk ini umumnya yang dijual di pasaran memiliki berat sekitar 25 kilogram perkemasan. Pupuk ini memiliki bentuk yang tak jauh berbeda dengan jenis pupuk kimia pada umumnya yakni berwarna putih dengan bentuknya yang seperti butiran granul.

Meskipun pupuk  ini merupakan jenis pupuk yang tidak masuk kedalam daftar yang disubsidikan oleh pemerintah, namun untuk harganya tidak terlalu tinggi. Berikut kandungan pupuk Phonska plus:

  • Kandungan Nitrogen sebanyak 15 persen.
  • Kandungan Phosforsebanyak 15 persen.
  • Kandungan Kalium atau Potasium sebanyak 15 persen.
  • Kandungan Sulfur atau belerang sebanyak 15 persen.
  • Kandungan Zinc atau Seng sebanyak 2.000 ppm.

Keunggulan Phosnka Plus

Keunggulan pupuk NPK phonska plus tak hanya ada dikandungan pupuk tersebut, melainkan juga pada manfaat yang terdapat di dalamnya.

Hal ini dibuktikan dengan sebuah uji penggunaan pupuk phonska plus dibeberapa daerah-daerah besar seperti Lombok, Jember, Kediri, Tabanan, dan Boyolali yang diadakan oleh Balai Penelitian Pertanian dengan bekerjasama antar lembaga pendidikan universitas.

Uji penggunaan pupuk NPK phonska plus dilakukan dengan cara membandingkannya dengan jenis pupuk phonska biasa. Pengaplikasian kedua pupuk tersebut dilakukan pada tanaman padi menggunakan formulasi dosis yakni 5: 3: 2 atau yang setara dengan 500 kilogram pupuk Petroganik, 300 kilogram Phosnka Plus dan 200 kilogram pupuk urea untuk setiap hektar sawah.

Hasil dari uji pengaplikasian tersebut menunjukkan hasil jika Phonska Plus terbukti mampu mendongkrak hasil panen hingga 0,57 ton perhektarnya. Selisih perbandingan dari penggunaan phonska plus dan jenis phonska biasa sekitar 9 persen dari jumlah total gabah yang telah kering.

Pengujian lain juga dilakukan pada jenis tanaman lain seperti palawija atau jagung yang hasilnya juga menunjukkan hasil peningkatan maksimal hingga 8 persen banyaknya, atau sekitar angka 0,68 ton perhektarnya.

Manfaat dan Keunggulan Pupuk NPK Phonska Plus

Kira-kira apa saja sih kegunggulan serta manfaat dari pupuk NPK Phonska plus ini? Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Higroskopis

Pupukphonska plus memiliki sifat higroskopis atau yang artinya begitu mudah larut dalam air. Hal tersebut dikarenakan phonska plus mampu mengikat molekul-molekul air yang ada dari udara bebas, sehingga tak heran apabila NPK phonska plus juga begitu mudah terserap oleh tanaman.

2. Mudah Diaplikasikan

Manfaat kedua dari pupuk NPK phonska plus ialah sifatnya yang sangat mudah larut dalam air. Tentunya keuntungan ini akan membuat petani menjadi lebih mudah mengaplikasikan pada tanaman serta hemat waktu.

3. Mengandung Hara Penting

Phosnka plus mengandung banyak kandungan zat unsur hara penting yang amat dibutuhkan oleh tanaman seperti unsur hara primer.

4. Dapat Diaplikasikan Pada Setiap Vase

Umumnya, setiap pupuk kimia memiliki peran yang berbeda dalam setiap vase atau tahap pertumbuhan, namun berbeda kondisinya dengan phonska plus. Phonska plus dapat digunakan baik dalam tahap atau vase vegetatif maupun vase generatif. Artinya, hal tersebut akan membuat Anda lebih hemat pengeluaran pada biaya pemupukan lahan pertanian.

5. Membantu Pertumbuhan Bunga

Phonska plus memiliki kandungan phosfor yang begitu berperan besar dalam proses pembentukan bunga.

6. Membantu Pembentukan Buah

Selain berperan besar dalam proses pembentukan bunga, phonska plus juga memiliki peran besar dalam pembentukan buah agar lebih cepat berkembang dan tak mudah busuk apabila telah masak.

7. Tanaman Lebih Terproteksi

Memiliki kandungan kalium dalam komposisinya, phonska plus mampu membuat tanaman lebih terproteksi dari serangan hama dan penyakit agar lebih kuat.

8. Mengandung Zinc Yang Tinggi

Kandungan zinc selain begitu bermanfaat bagi tanaman dan hasil panen yang akan diperoleh nantinya, zinc juga begitu berpengaruh dalam proses pengaktifan 3 unsur utama yakni Nitrogen, Kalium dan juga phosfor. Selain itu zinc juga akan membantu proses pembentukan akar, daun, batang hingga buah.

Keunggulan Pupuk NPKS Phonska Plus

Selain memiliki banyak manfaat, pupuk ini juga memiliki beberapa keunggulan dibandingkan pupuk lainnya, seperti: 

  • Pupuk majemuk NPK yang diperkaya dengan unsur sulfur & zink.
  • Meningkatkan efisiensi & efektifitas penggunaan pupuk.
  • Meningkatkan jumlah & mutu hasil panen.
  • Hasil racikan bahan baku melalui proses produksi yang tepat sehingga menghasilkan kualitas campuran produk yang homogen.

Informasi Penting Tambahan

Pupuk phonska plus merupakan pupuk yang dibuat dengan kualitas tinggi. Phonska plus merupakan salah satu jenis pupuk yang hampir tidak mempunyai kekurangan di dalamnya, namun Anda perlu memperhatikan kandungan sulfur yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini adalah beberapa informasi tambahan mengenai pupuk phonska plus yang harus diperhatikan ketika menggunakannya.

  1. Pupuk Phonska plus kurang cocok apabila digunakan pada jenis-jenis tanah yang memiliki kandungan pH rendah atau tanah yang asam. Apabila akanmengaplikasikannya pada jenis tanah yang memiliki pH rendah, maka terlebih dahulu Anda harus menetralkannya dengan beberapa jenis pupuk yang mampu menetralkan pH tanah.
  2. Penggunaan phonska plus lebih cocok digunakan pada jenis tanah yang telah lama beroperasi. Jenis phonska plus kurang cocok diaplikasikan pada jenis tanah yang baru saja dibuka.Terlebih pada jenis tanah yang terletak pada daerah tropis yang juga memiliki curah hujan tinggi di dalamnya. Selain tanahnya yang begitu asam,pengaplikasian NPK phonska plus pada jenis tanah tersebut justru akan menyebabkan tanaman teracuni, dan unsur hara mikro yang terdapat di dalam tanah juga akan sangat berlebihan.
  3. Penggunaan NPK phonska plus secara terus menerus dalam kurun waktu yang lama tanpa ada selingan menggunakan pupuk organik, akan membuat lahan pertanian menjadi turun kesuburannya. Struktur tanah akan menjadi sangat keras yang menyebabkan tanah sulit untuk digunakan. Salah satu jenis pupuk organik yang dapat digunakan untuk menyiasati keadaan ini misalnya saja adalah pupuk kandang atau pupuk kompos.

Meski secara umum jenis pupuk phonska plus lebih unggul jika dibandingkan dengan jenis pupuk phonska lainnya, namun jangan lupa untuk selalu menggunakannya dengan dosis yang telah dianjurkan.Bagi Anda yang menginginkan hasil panen melimpah namun juga dengan kualitas panen yang tinggi, penggunaan pupuk phonska perlu dicoba pada lahan pertanian Anda.

Baca juga: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *