Apa Itu Pupuk Phonska dan Apa Manfaatnya Bagi Tanaman?

Pupuk Phonska – Pupuk memang mempunyai peranan yang begitu penting untuk pertumbuhan tanaman. Terlebih kebutuhan unsur hara yang di butuhkan oleh tanaman ini perlu anda penuhi demi perkembangannya.

Memang tumbuhan bisa tumbuh dengan subur bahkan mampu menghasilkan panen yang banyak dengan pemberian pupuk yang di sesuaikan dengan dosisnya. Sekarang ini telah banyak sekali jenis pupuk anorganik yang menjadi pilihan para petani.

Dari banyaknya pilihan pupuk anorganik tadi tentu saja semuanya mempunyai fungsi tersendiri yang mampu membedakannya dengan jenis pupuk yang lainnya. Dari banyaknya pupuk yang telah hadir di pasaran, petani pun menjatuhkan pilihannya pada pupuk Phonska.

Mungkin anda yang belum mengenal pupuk tersebut merasa penasaran apa kelebihan dari pupuk ini. Pupuk Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang telah di subsidi oleh pemerintah dengan harga yang lebih terjangkau untuk para petani. Biasanya pupuk Phonska ini mempunyai sebutan sebagai pupuk majemuk NPK yang mana terdiri dari adanya unsure hara makro.

Kandungan dan Manfaat Pupuk Phonska
Kandungan dan Manfaat Pupuk Phonska

Unsur hara makro ini tentu saja terdiri dari Phosphor, Nitrogen, Kalium bahkan juga Sulfur. Sampai sekarang pupuk ini sudah terkenal luas di pasaran bahkan sudah banyak sekali petani yang menggunakan pupuk tersebut. Hadirnya pupuk ini ternyata mampu membantu para petani.

Tak hanya harganya yang terbilang murah namun juga bisa memberikan peningkata pada hasil produksi pertanian. Biasanya pupuk Phonska ini sering dipergunakan oleh petani padi. Dengan pemberian pupuk ini sesuai dengan takarannya maka hasil panen dari tanaman padi anda semakin berkualitas.

Ternyata tanaman padi yang telah di beri pupuk tersebut mampu menghasilkan sebuah bulir yang terbilang lebih berisi. Pupuk Phonska ini telah di produksi mulai dari awal tahun 2000 bahkan mulai di pasarkan hingga ke seluruh Indonesia dari bulan Agustus di tahun 2000.

Biasanya pupuk Phonska ini hadir dalam dua ukuran kemasan yang mampu menjadi pilihan anda. Ada yang hadir dalam kemasan 20 kg bahkan ada pula yang hadir dalam kemasan 50 kg. Biasanya pupuk tersebut tidak akan di jual secara bebas di pasaran.

Hal ini pastinya karena pupuk tersebut termasuk dalam pupuk yang bersubsidi sehingga penjualannya pun juga dilakukan dengan system yang tertutup. Biasanya pupuk Phonska ini hanya mampu di peroleh petani yang telah tergabung dalam kelompok tani.

Persentase Kandungan Pupuk Phonska

Berikut ini daftar kandungan dari pupuk phonska:

  • Phospat(P) :15%
  • Nitrogen(N) : 15%
  • Kalium(k)  : 15%
  • Kadar air maksimal :2%
  • Sulfur(S) : 10%

Sebaiknya anda juga mengetahui sifat yang dimiliki oleh pupuk tersebut. Adapun untuk sifat-sifat pupuk Phonska yakni sebagai berikut:

  • Mempunyai kandungan unsur hara yang terbilang lengkap
  • Mudah sekali terserap oleh tanaman
  • Memiliki sifat higroskopis sehingga mudah terlarut dalam air
  • Pupuk ini memiliki bentuk butiran dengan warna pink

Fungsi dan Manfaat Pupuk Phonska Bagi Tanaman

Pupuk Phonska merupakan salah satu pupuk majemuk yang berasal dari beragam unsure tanaman bahkan sangat di butuhkan demi pertumbuhan tanaman. Dari masing-masing unsur hara yang ada dalam pupuk ini mempunyai peranan penting sekaligus fungsi yang berbeda.

Untuk itulah, pupuk ini mempunyai manfaat yang beragam sekali untuk tanaman. Jika anda merasa penasaran dengan manfaatnya.

Inilah berbagai manfaat dari pupuk Phonska bagi tanaman yang harus anda ketahui. Di antaranya:

  • Batang tanaman akan semakin kuat sehingga tanaman tidak bakalan mudah roboh
  • Mampu memacu adanya pertumbuhan generatif sekaligus vegetatif
  • Proses pembentukan pati sekaligus gula akan semakin lancar
  • Mampu memicu tumbuhnya akar tanaman
  • Tanaman pun bakalan lebih sehat dan lebih hijau
  • Daya tahan tanaman akan kekeringan pun semakin meningkat
  • Mampu memicu pembentukan buah dan juga bunga
  • Mampu memperbesar umbi, buah dan juga biji
  • Kandungan protein semakin meningkat

Apa Kelebihan Pupuk Phonska?

Setelah kita mengetahui beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari pupuk ini. Kini sudah saatnya bagi kita mengetahui berbagai kelebihan maupun kekurangan dari pupuk ini.

Pastinya petani yang memilih menggunakan pupuk tersebut, mereka mempunyai alasan tersendiri yang biasanya mereka yakin bahwa pupuk tersebut mempunyai kelebihan yang bagus untuk pertumbuhan tanaman.

Kelebihan yang anda peroleh ketika menggunakan pupuk ini untuk tanaman, diantaranya:

  • Sangat cocok untuk beragam jenis tanaman, entah itu tanaman buah, tanaman hias, holtikultura maupun tanaman pangan sekalipun.
  • Memiliki sifat higroskopis dimana pupuk tersebut akan mudah terlarut dalam air seingga mudah sekali di serap oleh tanaman. Sehingga penggunaan dari pupuk ini pun terbilang efisien.
  • Merupakan suatu pupuk majemuk yang mana mempunyai kandungan beragam unsur hara yang sangat di butuhkan oleh tanaman.
  • Mampu mencegah adanya resiko keracunan pada tanaman karena takaran dari kandungan sudah terbilang pas.
  • Mempunyai kandungan unsur hara yang merata di setiap butir dari pupuk Phonska.

Kekurangan Pupuk Phonska

Ternyata dari semua kelebihan yang dimiliki oleh pupuk ini, masih ada beberapa kekurangan yang ada pada pupuk tersebut. Tentunya kekurangan tidak hanya berlaku pada pupuk Phonska saja melainkan juga jenis pupuk yang lainnya.

Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan kekurangan yang ada pada pupuk Phonska. Inilah berbagai macam kekurangannya, yakni:

  • Penggunaan yang berlebih bisa membuat tanah mengalami kerusakan. Penggunaan pupuk anorganik memang sudah seharusnya anda imbangi dengan pupuk organik yakni pupuk kompos maupun pupuk kandang. Adanya bahan tambahan yang berada pada pupuk Phonska ini nyatanya bisa merusak tanah terlebih juga mampu merusak unsur hara organik yang ada pada pupuk tersebut. Jadi sebaiknya anda menggunakan pupuk sesuai takarannya.
  • Sifat asam tanah akan semakin berkurang bahkan tanah bisa menjadi basa jika pengunaan pupuk Phonska ini berlebihan bahkan dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama.
  • Hanya bisa di peroleh oleh mereka petani yang sudah tergabung dalam kelompok tani. Hal ini dikarenakan pupuk tersebut termasuk dalam pupuk yang bersubsidi.
  • Kemampuan tanah dalam menyerap air bisa semakin berkurang jika penggunaan pupuk Phonska di lakukan secara terus-menerus bahkan tidak anda imbangi dengan penggunaan pupuk organik.

***

Itulah tadi berbagai macam pembahasan penting mengenai pupuk Phonska yang kini menjadi pilihan para petani. Kini anda pastinya sudah semakin tahu dengan kandungan pupuk ini, kelebihan maupun kekurangannya.

Dari segi harganya pupuk tersebut sangat terjangkau sekali untuk semua kalangan masyarakat. Jadi anda tak perlu bingung lagi jika ingin membeli pupuk tersebut untuk tanaman anda. Jangan lewatkan juga: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *