Jenis Pupuk untuk Bunga Terbaik

Pupuk untuk Bunga – Menanam tanaman hias atau tanaman bunga dapat Anda lakukan untuk mempercantik halaman rumah. Selain itu, banyak juga yang menjadikannya sebagai ladang bisnis dengan membudidayakan tanaman hias yang memiliki nilai ekonomis. Sebagai tanaman hias, tentu yang kita harapkan adalah bisa menikmati keindahan bunga yang dihasilkannya.

Agar tanaman yang kita tanam berbunga, maka harus dilakukan perawatan yang baik agar kebutuhan haranya terpenuhi. Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengetahui jenis-jenis pupuk terbaik untuk diaplikasikan pada tanaman hias Anda menghasilkan bunga-bunga yang cantik.

Ada banyak jenis pupuk yang dapat Anda gunakan, baik pupuk organik maupun anorganik. Penggunaan pupuk yang tepat sesuai kebutuhan tanaman, akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tanaman, terutama akan lebih cepat berbunga.

Pupuk untuk Bunga
Pupuk untuk Bunga via muhaemin-af.com

Syarat Tumbuh Bunga

Agar tanaman bunga anda bisa tumbuh dengan optimal dan berbunga dengan sempurna, ada beberapa syarat yang sebaiknya terpenuhi. 

Tanaman bunga masuk dalam kelompok florikultura ini sangat disukai oleh kalangan ibu tetapi tidak terkecuali juga kaum pria. Tanaman ini dapat hidup di dataran tinggi dan juga dataran rendah.

Bunga yang memiliki habitat asli di tempat dingin tentu kurang sehat bahkan tidak bisa hidup di tempat yang panas. Sementara untuk pH tanah, bunga relatif bisa tumbuh dengan baik manakala pH tanah mendekati netral.

Selain itu, tanah sebagai media tanam bunga juga sebaiknya gembur serta yang paling penting harus terkandung unsur hara yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangan bunga bisa optimal.

Proses pembungaan juga membutuhkan unsur hara baik itu unsur hara makro dan mikro, terutama unsur hara yang dibutuhkan oleh bunga adalah unsur phosfor (P) yang harus tinggi.

Media Tanam Tanaman Bunga 

Sebagai mana yang sudah disebutkan di atas, bunga atau tanaman hias kita akan tumbuh dengan optimal manakala unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman ini tercukupi.

Pastikan media tanaman bunga sebaiknya gembur, poros, aeratif, dan drainase yang baik, serta memiliki kandungan unsur hara yang melimpah pada fase vegetatif maupun memasuki fase generatif nantinya. 

Anda bisa menggunakan campuran tanah, pupuk organik, pasir, arang sekam, sekam padi, dan serbuk gergaji sebagai media tanam.

Secara umum, praktisi bunga hias menggunakan kombinasi tanah, pupuk organik dan arang sekam sebagai media tanam tanaman hias mereka.

Untuk pupuk organik anda bisa menggunakan pupuk kompos karena secara kualitas pupuk kompos lebih baik. Atau anda juga bisa menggunakan pupuk kandang yang sudah tidak berbau, berbentuk tanah, tidak tampak serat kotoran ternak, dan tidak bergumpal.

Untuk persentase media tanam anda bisa menggunakan komposisi tanah, kompos dan arang sekam, yaitu 2:1:1. Sementara untuk media tanam yang terdiri dari tanah, pupuk kandang dan arang sekam, maka perbandingannya 1:1:1. 

Pupuk untuk Bunga Terbaik untuk Hasilkan Bunga yang Cantik

Nah, dibawah ini akan dijelaskan berbagai jenis pupuk yang dapat diaplikasikan agar tanaman hias Anda dapat berbunga dengan maksimal.

Berikut ini adalah beberapa jenis pupuk untuk bunga terbaik agar tanaman bunga bisa menghasilkan bunga-bunga indah nan cantik:

1. Grow More NPK 10:55:10

Growmore 10 55 10
Growmore 10 55 10

Pupuk ini berbentuk padat dan dapat diaplikasikan dengan cara dilarutkan dalam air terlebih dahulu. Cara aplikasinya adalah dengan menyemprotkan pada tanaman atau disiramkan langsung ke tanah. Kandungan yang terdapat didalamnya adalah Fosfat yang cukup tinggi, sehingga cocok diaplikasikan pada tanaman yang sedang membutuhkan hara Fosfat.

Selain itu, pupuk ini juga dapat membantu pertumbuhan pada awal masa tanam, mampu merangsang pertumbuhan akar, serta cocok untuk tanaman yang akan dipindahkan dari media pembibitan. Dengan demikian, tanaman dapat tumbuh dengan subur, stabil, dan tidak mengalami kematian.

BAca selengkapnya: Pupuk Growmore: Jenis, Manfaat dan Cara Aplikasi

2. Pure Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga
Pupuk Hidroponik AB Mix Bungavia Blibli

Jenis pupuk ini sangat cocok untuk tanaman hias, seperti mawar dan anggrek. Pupuk ini mudah diserap oleh tanaman karena sifatnya yang mudah larut dalam air. Kandungan unsur makro dan mikro yang ada dalam pupuk ini juga cukup lengkap.Maka dari itu, pupuk ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman hias secara optimal.

Selain kandungannya yang lengkap, pupuk ini juga dapat diaplikasikan pada tanaman lain seperti tomat, mentimun, paprika, sayuran daun, semangka, dan lainnya. Pupuk ini juga dapat diaplikasikan pada media tanah dan lainnya, meskipun dalam kemasannya terdapat tulisan hidroponik.

Baca selengkapnya: Pupuk AB Mix

3. Hyponex 20:20:20

Hyponex
Hyponex via Lazada

Pupuk merk Hyponex memiliki unsur yang seimbang untuk semua fase pertumbuhan tanaman Anda.Unsur-unsur tersebut meliputi NPK, unsur mikro, dan vitamin.Anda dapat melarutkannya dengan mudah menggunakan air karena pupuk ini berbentuk halus.

Pupuk diaplikasikan dengan cara disemprotkan atau disiram langsung pada tanaman, terutama daun. Pupuk jenis ini juga sangat cocok digunakan pada berbagai tanaman bunga yang membutuhkan perawatan khusus, seperti anggrek.

Pupuk ini dapat diaplikasikan jika tanaman anggrek Anda memiliki bunga dan daun yang kurang subur.Selain itu, Hyponex juga sangat sesuai diaplikasikan pada berbagai fase pertumbuhan tanaman.Misalnya pada fase vegetatif yang akan bermanfaat untuk menambah volume dan jumlah daun, serta untuk merangsang mekarnya bunga.

4. Hormon Perangsang Bunga

Hormon Perangsang Bunga
Hormon Perangsang Bunga via Shopee

Agar dapat berbunga dengan baik dan terhindar dari kerontokan, Anda dapat mengaplikasikan hormon perangsang bunga pada tanaman hias Anda, termasuk tanaman mawar dan anggrek. Jika Anda mengaplikasikan hormon ini, bunga yang dihasilkan akan lebih banyak dan lebih cerah warnanya karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Hormon ini sangat praktis untuk digunakan, karena produk ini dikemas dalam bentuk spray sehingga sangat mudah disemprotkan ke tanaman.

Selain itu, Anda juga tidak perlu mengkhawatirkan takaran yang harus diberikan seperti yang Anda lakukan ketika menggunakan pupuk jenis lain yang harus dilarutkan dalam air.

5. Golstar 250 SC

Golstar 250 SC
Golstar 250 SC via Shopee

Pupuk ini terbuat dari bahan berkualitas dan tergolong sebagai pupuk organik ZPT atau zat pengatur tumbuh.Dengan menggunakan pupuk ini, Anda dapat mengatur pertumbuhan abnormal pada tanaman bunga Anda.Namun, Anda tetap bisa melihat tanaman Anda tumbuh dengan lebih cepat.

Selain itu, pupuk ini juga mengandung hormon stimulant yang dapat menghambat pertumbuhan vegetatif pada saat fase generative agar nutrisi pada tanaman lebih terfokus pada proses pembungaan. Jika Anda ingin menghasilkan bunga lebih banyak dan indah, maka menggunakan pupuk ini adalah salah satu cara yang tepat.

6. Hydrofarm Flowermix AB

Hydrofarm Flowermix AB
Hydrofarm Flowermix AB via Hydrofarm

Kandungan yang terdapat di dalamnya dapat mendukung pertumbuhan tanaman agar lebih subur dan segar, sehingga kebun Anda akan terlihat lebih indah. Pupuk Hydrofarm mengandung nutrisi hidroponik dimana di dalamnya terdapat unsur hara yang dibutuhkan pada proses pertumbuhan tanaman hias seperti krisan, mawar, anggrek, dan sebagainya.

Jika Anda menggunakan sistem dripper untuk sistem pengairan Anda, pupuk ini tidak akan menyumbat pipa atau selang. Karena, mengandung garam mineral yang mudah larut dalam air.Dalam satu paket produk pupuk ini terdapat dua macam pupuk dengan kandungan berbeda dan Anda dapat menyesuaikan pemakaiannya dengan kebutuhan tanaman bungaAnda.

7. Pupuk NPK Mutiara 16:16:16

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk NPK Mutiara

Pupuk ini berbentuk padat namun mudah larut dalam air, sehingga memudahkan pengaplikasian dan penyerapannya pada tanaman.Dengan kandungan unsur hara yang seimbang pada setiap butirnya, pupuk ini dapat mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal di setiap fase, baik vegetatif maupun generatif.

Adanya kandungan Kalium di dalam pupuk ini dapat membantu tanaman dalam memperkuat akar serta meningkatkan daya tahan tanaman pada berbagai penyakit dan serangan hama. Selain itu, kombinasi nitrat-nitrogen dan ammonium-nitrogen juga dapat mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga tanaman akan berbunga lebih banyak.

Simak selengkapnya: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

8. Green World magicgroGO

Green World magicgroGO
Green World magicgroGO via Lazada

Jika Anda memiliki tanaman hias di dalam ruangan, maka produk ini sangat cocok Anda aplikasikan. Selain itu, jika Anda tinggal di apartemen dan ingin memiliki tanaman hias namun tidak memiliki halaman, Anda dapat mengaplikasikan pupuk ini.

Karena, tanaman Anda akan tetap tumbuh dengan baik meskipun berada di dalam rumah. Pengaplikasian pupuk ini dapat dilakukan dengan memberikannya langsung pada tanaman bunga atau dapat juga dicampur dengan air terlebih dahulu.

Selain berfungsi untuk menyediakan unsur hara bagi tanaman, pupuk ini juga dapat menstabilkan pH media tanaman atau lahan, agar akar tumbuhan tidak membusuk dan tanaman Anda pun jadi lebih sehat. Pupuk ini juga memiliki fungsi lain yaitu dapat menjaga pernafasan daun dengan baik agar tanaman tetap segar menghiasi ruangan Anda.

9. Horti Neoboost Flowers

Horti Neoboost Flowers
Horti Neoboost Flowers via Shopee

Pupuk ini merupakan pupuk organik yang sangat efektif untuk meningkatkan kualitas tanah. Dengan kandungan Asam amino serta berbagai nutrisi dan vitamin yang ada, pupuk ini dapat menyuburkan tanah secara optimal sehingga tanaman hias akan tumbuh dengan baik.

Selain itu, karena mengandung bahan alami pupuk ini juga dapat membantu tanaman agar dapat tahan lebih lama terhadap serangga hama dan penyakit.

Selain itu, pupuk ini juga mampu merangsang dan mempercepat proses pertumbuhan dan dapat mencegah kerontokan pada bunga agar dapat tumbuh dengan subur.

10. GDM Pupuk Organik Cair (Tanaman Hias)

GDM Pupuk Organik Cair
GDM Pupuk Organik Cair via GDMorganic

Pupuk yang khusus diperuntukkan bagi tanaman hias ini memiliki segudang manfaat seperti menjadikan warna bunga lebih cerah sehingga terlihat cantik dan segar,menunjang perkembangan akar, menyuburkan tanah, serta dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

Pupuk ini tidak hanya dapat digunakan pada tanaman hias yang memiliki daun dan bunga seperti anggrek, tulip, mawar, lily, kembang sepatu, dan lainnya.Namun, dapat juga diaplikasikan pada tanaman bonsai dan kaktus.Jika Anda menanam beraneka ragam tanaman hias dan tidak ingin membedakan pemakaian pupuknya, maka pupuk ini adalah solusi yang tepat.

***

Itulah ulasan mengenai jenis-jenis pupuk terbaik untuk tanaman bunga Anda yang cantik.Merawat tanaman hias atau bunga memang menjadi hobi tersendiri yang menyenangkan hati. Terlebih saat tanaman yang kita rawat bisa menampilkan bunga-bunga indah yang saling bermekaran.

Melihat warna-warni bunga yang cantik di halaman rumah, pastinya akan membuat Anda lebih bahagia dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

Baca juga: Jenis Pupuk Tanaman Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *