Jenis Pupuk Padi Terbaik Agar Panen Berlimpah

Pupuk Padi Terbaik – Padi ialah salah satu jenis komoditas pertanian yang mempunyai peran penting di Indonesia. Pasalnya, padi merupakan jenis tanaman yang menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, kepadatan penduduk di Indonesia juga mengalami peningkatan yang cukup tinggi.Tentunya hal tersebut berpengaruh pada kebutuhan bahan makanan pokok.

Hal tersebut dibuktikan dengan data pemerintah yang menyebutkan kebutuhan padi tahun 2014 hingga tahun 2019 selalu mengalami peningkatan.

Keadaan tersebut tentu membuat pemerintah harus mempersiapkan kebutuhan warganya, terutama kebutuhan pokok yang artinya harus selalu ada. Namun, sayangnya tidak setiap panen yang dilakukan oleh para petani ketika menanam padi selalu menghasilkan hasil yang memuaskan.

Gagal panen yang terjadi biasnya diakibatkan oleh serangan hama dan penyakit hingga kini masih menjadi sebuah ancaman besar bagi para petani di Indonesia.

Imbas dari keadaan tersebut akhirnya membuat pemerintah harus mengimpor beras dari negara tetangga, seperti Thailand yang merupakan salah satu produsen padi terbesar.

Keadaan tersebut sebetulnya masih dapat ditanggulangi dengan menggunakan jenis pupuk terbaik yang dapat meminimalisir kejadian gagal panen.

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para petani ialah dengan menggunakan jenis pupuk yang cocok agar tanaman padinya memiliki ketahanan tumbuh yang kuat sehingga mampu menghasilkan panen yang melimpah. 

Buah Padi Lebat
Buah Padi Lebat via Bulelengkab.go.id

Rekomendasi Pupuk Padi Terbaik

Lantas apa saja jenis pupuk padi terbaik yang dapat digunakan oleh para petani? Berikut daftarnya!

1. Pupuk NPK 30 6 8

Pupuk NPK 30 6 8
Pupuk NPK 30 6 8 via Blanja

Jenis pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk yang memiliki fungsi utama sebagai bahan penggembur tanah. Kandungan NPK di dalamnya mampu mencegah proses hilangnya unsur hara sebelum terserap oleh tanaman padi.

Pupuk ini nantinya juga akan membantu mikroorganisme tanah agar lebih aktif dalam membantu menyuburkan tanah sekitar. Ciri-ciri dari pupuk NPK 30 6 8 adalah bentuknya yang telah diblending dengan warna cokelatnya.

Baca juga: Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman

2. Pupuk Organik NasaGlio

Pupuk Organik NasaGlio
Pupuk Organik NasaGlio via Bukalapak

Untuk jenis produksi padi yang optimum, jenis pupuk yang dapat diaplikasikan salah satunya adalah pupuk organik NasaGlio.

Pupuk ini memiliki peran yang besar dalam membantu tanah agar tidak keras, selain itu penggunaan pupuk ini akan membantu melarutkan sisa-sisa residu yang tertinggal di dalam tanah sehingga tanah akan lebih sehat.

Pupuk organik NasaGlio memiliki bentuk fisik seperti sebuah cairan pupuk pada umumnya. Setiap disetiap 1 liternya, pupuk ini setara dengan 1 ton pupuk organik jenis kandang.

Apabila menginginkan hasil panen tanaman padi yang melimpah dengan daya tahan tubuh tanaman yang kuat, maka pupuk organik NasaGlio dapat dijadikan alternatif bagi Anda.

Simak selengkapnya: Rekomendasi Pupuk NASA untuk Padi

3. Pupuk Nitrea Urea

Pupuk Nitrea Urea
Pupuk Nitrea Urea via Tokopedia

Pupuk urea merupakan salah satu jenis pupuk yang amat dibutuhkan ketika proses penanaman tanaman padi. Pasalnya, salah satu kandungan nitrogennya sangat dibutuhkan oleh tanaman dan tanah.

Kandungan nitrogen nantinya akan memberikan efek bagi tanaman yang terlihat lebih sehat, segar dan hijau karena kadar proteinnya yang meningkat.

Pupuk Nitrea Urea memiliki ciri-ciri yang berbentuk seperti sebuah prill curah dengan warna putihnya yang sangat mudah larut dalam air.

Baca juga: Takaran, Kandungan dan Manfaat Pupuk Urea untuk Tanaman

4. Pupuk Multitonik Cair

Pupuk Multitonik Cair
Pupuk Multitonik Cair via Tokopedia

Pupuk Multitonik Cair merupakan salah satu jenis pupuk organik yang dapat diaplikasikan untuk memberikan keseimbangan bagi penggunaan pupuk kimia.Pupuk ini memiliki manfaat yang cukup penting seperti meningkatkan hasil dan juga kualitas tanaman.

Pupuk Multitonik Cair mampu membuat tanaman terangsang pertumbuhannya, sehingga tak mustahil bila tanaman akan mampu menghasilkan panen yang banyak dan kuat dari serangan hama penyakit.

5. Pupuk Majemuk Multi Padi

Pupuk Majemuk Multi Padi
Pupuk Majemuk Multi Padi

Pupuk Multi Padi merupakan salah satu jenis pupuk majemuk karena memiliki kandungan unsur makro seperti NPK dan mikro yang lengkap.Jenis pupuk ini diproduksi dengan takaran khusus yang telah disesuaikan untuk tanaman padi.

Penggunaan pupuk Multi Padi nantinya akan membuat tanaman memiliki daya tahan tubuh tanaman yang kuat, sehingga tanaman padi tidak akan mudah roboh dan terserang penyakit.

6. POC Simba Agri

POC Simba Agri
POC Simba Agri via Bukalapak

Jenis pupuk terbaik untuk padi selanjutnya adalah pupuk organik cair dengan merek Simba Agri. Pupuk ini merupakan salah satu jenis pupuk yang dibuat dari hasil formulasi bakteri dan ragi probiotik yang sangat bermanfaat bagi dunia pertanian.

Penggunaan pupuk Simba Agri akan memberikan efek yang baik bagi tanaman seperti memperbaiki struktur tanah dan memberikan unsur hara yang berlimpah. Selain itu proses penyerapan dari penyerapan unsur hara akan lebih mudah dan cepat sehingga tanaman akan memiliki daya tahan tubuh yang juga kuat.

7. POC Kilat

POC Kilat
POC Kilat via Bukalapak

Pupuk kilat juga merupakan salah satu jenis pupuk organik cair yang cocok untuk digunakan bagi tanaman padi. Pupuk ini sangat efektif untuk membantu mempercepat masa-masa perkecambahan pada benih. Pupuk ini nantinya akan membantu pengisian bulir-bulir biji agar lebih penuh dan cepat masak.

Keuntungan lain yang dapat ditemukan pada pupuk kilat cair ini nantinya akan membantu tanah pada lahan pertanian menjadi lebih subur dan tumbuhan akan menjadi kuat baik akar tanaman, maupun batang dan buahnya.

Apabila menggunakan pupuk cair kilat, maka artinya Anda akan lebih menghemat biaya konsumsi dari pupuk organik yang biasanya digunakan hingga mencapai 50% banyaknya.

8. Pupuk Organik K Bioboost Padi

Pupuk Organik K Bioboost Padi
Pupuk Organik K Bioboost Padi via K-Link

Pupuk organik merupakan salah satu jenis pupuk yang begitu diperlukan karena mampu membantu menjaga tanah agar tetap sehat.

Salah satu jenis pupuk organik yang dapat Anda pilih misalnya saja adalah pupuk organik K Bioboost yang juga telah diproduksi khusus untuk tanaman padi.

Pupuk organik K Bioboost padi ialah salah satu jenis pupuk cair yang banyak mengandung mikrooganisme yang bagi tanah dan memiliki kualitas tinggi.


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Pemupukan Padi

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan pupuk kimia dalam proses pemupukannya, pupuk ini dapat dijadikan sebagai alternatif untuk menggantikan konsumsi pupuk kimia hingga 50 persen banyaknya.

Bagi Anda yang menginginkan hasil panen melimpah dan kualitas yang tinggi, serta tahan dari berbagai macam serangan baik hama maupun penyakit, pupuk ini dapat dijadikan sebagai referensi tambahan untuk Anda.

Berbagai macam jenis pupuk yang terjual bebas di pasaran tentu sering membuat para petani bingung dalam menentukan pilihannya. Nah setelah mengetahui daftar yang telah disebutkan di atas kedepannya para petani padi tak lagi bingung dalam menentukan penggunaan pupuk agar mampu menghasilkan panen yang  melimpah.

Perhatikan Waktu Pemupukan

Selain proses pemupukan yang cukup penting, hal lain yang perli diperhatikan oleh para petani ketika memberikan pupuk pada tanaman padi adalah waktu dan cara memberikan pupuk. Banyak dari kalangan para petani yang lalai dan bahkan tidak tahu bagai mana cara memberikan pupuk yang baik bagi tanaman padi dan kapan waktu yang pas.

Cara mengaplikasikan pupuk umumnya telah tersedia disetiap kemasan luar pupuk. Anda dapat mengikuti instruksi tersebut agar pengaplikasiannya lebih efektif.

Lalu untuk waktu pemupukan yang tepat umumnya adalah pagi hari sekitar pukul 9 pagi dan juga sore ketika pukul 3 atau 4 sore. Selain itu penggunaan pupuk juga harus sesuai dengan dosis yang telah dianjurkan dan dilakukan sesuai tahapnya masing-masing.Nah, begitulah informasi mengenai jenis-jenis pupuk terbaik untuk tanaman padi.

Fase Pertumbuhan

Pemberian pupuk padi tidak bisa dipukul rata saja, karena setiap fase pertumbuhan padi membutuhkan nutrisi yang berbeda-beda. Tanaman padi pada vegetatif hingga masa generatif membutuhkan nutrisi yang tidak sama.

Jadi jangan sembarangan memberikan pupuk, sesuaikan dengan kebutuhan fase tanaman padi anda. Misal saja tanaman padi anda sudah memasuki fase berbuah, maka pupuk yang mengandung fosfor mestinya diberikan. Karena bisa merangsang terjadinya buah.

Sebaliknya Anda tidak bisa terus memberikan pupuk berbasis nitrogen pada saat tanaman melalui proses vegetatif, karena pertumbuhannya akan terhambat.

Berikanlah pupuk dengan kadar nitrogen tinggi ketika usia tanaman padi sudah menginjak 14 HST. Pemberian pupuk nitrogen ini bermanfaat untuk menguatkan akar dan tentunya memperbanyak produksi anakan padi. Anda bisa memberikan pupuk yang sudah kami rekomendasikan di atas. 

Perhatikan Dosis Pemupukan

Meskipun nutrisi di dalam pupuk sangat dibutuhkan oleh tanaman padi, namun jangan sampai anda memberikan pupuk dalam jumlah berlebihan, karena justru berakibat kurang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman padi. 

Perhatikan dosis pemberian pupuk pada tanaman padi anda. Mengenai dosis tentu berbeda-beda, baca baik-baik aturan pakai dari masing-masing pupuk yang akan anda gunakan.

***

Demikianlah ulasan mengenai rekomendasi pupuk padi terbaik yang bisa kami ulas untuk anda Semoga anda bisa memperoleh hasil yang maksimal. 

Untuk lebih lengkapnya, silahkan simak pada artikel: Panduan Cara Menanam Padi Step by Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *