Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman

Pupuk Hantu – Saat ini dunia pertanian memang menghadirkan berbagai macam pupuk yang begitu penting untuk pertumbuhan tanaman. Seperti halnya untuk pupuk hantu yang satu ini.

Pupuk Hantu ini memang sejenis dengan pupuk cair organik yang mempunyai kandungan hormon pengatur tumbuhnya suatu tanaman bahkan juga di jadikan sebagai nutrisi yang paling bagus supaya mampu memicu pertumbuhan generatif maupun vegetatif yang ada pada tanaman.

Sekarang ini banyak pula dari para petani yang mencari pupuk yang satu ini. Dalam penggunaannya pupuk tersebut bisa memperkaya sekaligus memperbaiki dan juga mengembalikan tersedianya unsur hara bagi tumbuhan maupun tanah. Biasanya jenis pupuk cair organik yang satu ini sering di pergunakan dengan cara di semprotkan pada tanaman.

Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman
Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman via Jimmyhantu

Jenis Pupuk Hantu yang Perlu Anda Ketahui

Setelah kita mengetahui apakah pupuk hantu itu, kini sudah saatnya bagi kita mengetahui berbagai macam pupuk hantu yang telah di hadirkan di pasaran. Sebetulnya pupuk yang satu ini di jual dengan harga yang sangat terjangkau sekali sehingga semua petani bisa membeli jenis pupuk ini.

Pupuk hantu ini biasanya di jual dengan harga sekitar Rp 120.000 rupiah per liternya. Berbicara mengenai pupuk hantu, ternyata jenis pupuk yang satu ini hadir dengan berbagai jenis pilihannya. Supaya anda tidak merasa bingung lagi dengan pupuk yang satu ini, alangkah baiknya anda ketahui jenis sekaligus manfaat dari pupuk hantu. Di antaranya:

POC Hantu Jantan (Menutrisi Tanah)

Produk pupuk yang satu ini memang terbaru dari jimmyu hantu bahan mempunyai manfaat mampu memberikan nutrisi pada tanah.

ZPT Hantu Multiguna Exclusive&ZPT Ratu Biogen SL

Jenis pupuk yang satu ini memang mempunyai fungsi yang sama antara keduanya. Fungsi dari keduanya ini tentunya sebagai hormon yang mampu membantu berkembangnya fisik sebuah tanaman. Semisal saja daun semakin lebar dan juga hijau, batang tanaman menjadi semakin kokoh dan lain sebagainya. Biasanya pupuk ini juga di pergunakan sebagai pupuk saat masa pertumbuhan namun tidak di pergunakan saat masa pembuahan.

NPK Jagotani Ratu Biogen

Jenis pupuk hantu yang satu ini nyatanya mempunyai manfaat mampu membantu perkembangan buah yang ada pada tanaman. Semisal saja buah menjadi lebih manis, besar, banyak bahkan juga berkualitas. Biasanya pupuk yang satu ini sering sekali di pergunakan tanaman yang telah memunculkan bunga atau bisa di bilang ketika memasuki masa pembuahan.

Baca juga yuk: Jenis Pupuk Kompos dan Cara Panduan Membuatnya

Cara Pemakaian Pupuk Hantu pada Cabe

Kini anda pun sudah tahu apa saja jenis dari pupuk hantu ini sekaligus fungsi yang bisa anda peroleh untuk tanaman anda. Kebanyakan dari para petani lebih suka menggunakan pupuk tersebut untuk tanaman cabe yang mereka miliki.

Padahal sebelumnya mereka lebih suka menggunakan pupuk kimia entah itu sebagai pupuk dasar atau bahkan pupuk susulannya. Hal ini pastinya juga bertujuan untuk bisa mencukupi suatu kebutuhan akan nutrisi pada tanaman.

Sebelumnya para petani lebih suka menggunakan pupuk kimia hanya saja hasil panen mereka untuk kualitas maupun kuantitasnya malah menurun akibat dari adanya hama maupun penyakit pada tanaman. Hal ini pastinya menuntut sebuah perubahan supaya masalah tersebut bisa teratasi.

Hingga akhirnya para petani pun memutuskan untuk menggunakan pupuk organik. Pastinya dengan adanya berbagai pilihan pupuk hantu yang sifatnya organic ini bisa menunjang keberhasilan dari tanaman anda. Sekarang ini anda sudah bisa membeli pupuk tersebut pada took pertanian yang terdekat.

Jika anda ingin menggunakan pupuk hantu ini untuk tanaman cabe yang anda miliki. Alangkah baiknya anda perhatikan cara pemakaian pupuk hantu untuk tanaman cabe. Seperti berikut ini:

Mempersiapkan benih sesuai kebutuhan

Sebaiknya anda bisa memilih varietas yang dinilai sesuai dengan agroekosistem yang ada di daerah anda. Dengan begitu tanaman pun bisa tumbuh dengan baik.

Mempersiapkan persemaian

Pastinya anda harus menyediakan media semai terlebih dahulu yang nantinya ada campuran kompos, tanah, maupun arang sekam. Ada baiknya anda hamparkan media di atas sebuah baki maupun polybag.

Baca selengkapnya: Cara Menanam Cabe Di Polybag yang Lengkap

Saat penyemaian maupun pemeliharaan

Saat seperti itu sebaiknya anda bisa merendam benih cabenya terlebih dahulu dnegan menggunakan ZPT Santan 2cc atau ZPT Hantu selama kurang lebih 2 jam lamanya. Kemudian benih pun di taburkan secara merata pada sebuah baki dengan jaraknya sekitar 2 hingga 3 cm saja.

Pemupukan persemaian pun dilakukan selama 10 hari sekali saja dengan ZPT hantu. Siram persemaian tadi dengan menggunakan air secukupnya saja supaya kelembaban masih tetap terjaga.

Mempersiapkan lahan

Pengolahan tanah yang sempurna selama 1 minggu tentu saja bisa anda lakukan. Kemudian pemupukan dasar pun bisa anda lakukan dengan menggunakan pupuk kompos sekitar 1000 kg sekaligus ZPT hantu.

Proses penanaman

Penanaman tanaman pun bisa anda lakukan ketika waktu bibitnya sudah berusia 1 hingga 1,5 bulan. Jangan sampai lupa juga untuk memperhatikan jarak tanamnya.

Pemeliharaan tanaman

Kini anda bisa memelihara tanaman anda tadi dengan proses penyiangan yang sengaja di lakukan supaya gulma yang telah tumbuh bisa mati.

Masa panen

Biasanya waktu panen buah yang pertama akan di lakukan saat tanaman telah berusia lebih dari 2 bulan. Dengan begitu tanaman pun bisa menghasilkan buah sekitar 4 hingga 10 ton per hektar.

Tentunya dengan memberikan pupuk hantu ini pada tanaman cabe anda, maka kualitas maupun kuantitasnya akan tetap terjaga. Cabe anda pun saat masuk dalam masa panen bisa menghasilkan cabe yang banyak dan tentunya juga berkualitas. Memang banyak sekali jenis pupuk hantu yang bisa anda jadikan sebagai pilihannya. Setidaknya dengan beragam fungsi yang dimilikinya, anda pun bisa menentukan sekiranya jenis mana yang sedang anda butuhkan saat ini.

Beragam jenis pupuk organik memang telah hadir di tengah kita. Apalagi dari segi bahannya juga mudah sekali kita temukan di sekitar lingkungan kita. Apabila anda merasa ingin mencoba pupuk organik, tak ada salahnya anda menjatuhkan pilihan pada pupuk hantu ini. Dari segi fungsinya setiap jenis pupuk tersebut memang beragam sekali. Tetapi kebanyakan manfaat yang di berikan sangat bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman anda.

Beragam manfaat yang dimiliki oleh pupuk hantu ini untuk tanaman cabe memang lumayan banyak sekali. Tak hanya bisa membuat batang tanaman semakin kuat ternyata juga bisa menghasilkan panen yang berkualitas.

Selain itu hasil panen yang akan anda dapatkan pun tentunya juga bakalan semakin melimpah saja. Jadi buat anda para petani yang sedang mencari pupuk organik dengan kualitas terbaik tentu saja bisa memilih pupuk hantu ini. Anda tentunya tidak akan merasa kecewa lagi dengan tanaman anda ketika sudah memberikan pupuk tersebut pada tanaman cabe yang anda miliki.

****

Demikianlah ulasan mengenai pupuk hantu yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk anda yang ingin mendapatkan hasil panen berlimpah. Baca juga: Apa Itu Pupuk Phonska dan Apa Manfaatnya Bagi Tanaman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *