10 Jenis Pupuk Bunga Terbaik dan Tips Memilihnya

Pupuk Bunga – Berkebun dengan memelihara aneka jenis bunga, tentu menjadi sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan bagi banyak orang.

Diantara orang-orang tersebut, tentu Anda adalah salah satunya.Entah menjadi sebuah hobi atau hanya sebagai pengisi waktu kosong saja, merawat tanaman bunga seakan sudah menjadi aktivitas yang sulit ditinggalkan karena begitu asyik dan menyenangkan.

Dalam merawat tanaman bunga, sangat penting untuk memilih pupuk yang cocok dan sesuai dengan jenis tanaman Anda.Maraknya pupuk yang telah beredar luas di pasaran, tentunya membuat Anda menjadi dilema akan menggunakan jenis pupuk yang mana.

Berikut adalah informasi mengenai bagaimana cara memberikan pupuk yang cocok untuk setiap jenis tanaman bunga.

Pupuk Bunga Terbaik
10 Pupuk Bunga Terbaik

Mengenal Komponen Utama Pupuk Bunga

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah komponen-komponen utama dalam pupuk bunga. Tiga komponen utama dalam pupuk adalah Nitrogen, Fosfor, dan Kalium. Ketiganya sering juga sering disebut dengan istilah N, P, K.

Komponen Nitrogen atau N, sangat dibutuhkan oleh tanaman bunga untuk membantu pertumbuhan pada daun dan juga batang.

Komponen Fosfor atau P, dibutuhkan oleh tanaman bunga untuk menunjang pertumbuhan bunga dan buah. Sementara itu, Kalium atau K diperlukan tanaman bunga untuk membantu proses pertumbuhan pada akar tanaman.

Kandungan dari ketiga komponen tersebut dengan tambahan beberapa zat lainnya,akan memberikan efek positif apabila diaplikasikan pada tanaman. Beberapa pupuk memang mengandung zat lain, seperti besi atau magnesium.

Namun, sebetulnya ketiga komponen N, P, dan K saja sudah cukup membantu pertumbuhan tanaman dengan didukung oleh adanya sinar matahari dan air untuk fotosintesis.

Cara Memilih Pupuk Untuk Tanaman Bunga

Memilih sebuah pupuk untuk tanaman bunga tentu menjadi hal yang cukup penting guna menunjang pertumbuhannya. Namun, Anda perlu memperhatikan jenis pupuk apa yang nantinya Anda gunakan.

Jangan hanya karena iming-iming dari orang luar yang kurang jelas, malah justru membuat tanaman Anda rusak. Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan sebelum menentukan satu jenis pupuk untuk tanaman bunga Anda:

1. Pilih Rasio NPK yang Cocok

Sebelum memberikan sebuah pupuk, hal yang sangat penting dan utama untuk Anda ketahui adalah mengecek kondisi tanaman bunga Anda.Lihatlah dengan saksama kondisi dari daun hingga akarnya.

Apabila tanaman Anda terlihat lemah secara keseluruhan, atau mungkin daunnya rapuh. Maka pupuk yang Anda butuhkan adalah yang memiliki kandungan N, P dan K tinggi.Apabila masalah yang ditimbulkan terdapat pada bunga yang sukar mekar atau terlihat tidak sehat, maka ambil pupuk yang banyak mengandung kandungan fosfat di dalamnya.

Kandungan N,P, dan K menjadi sebuah acuan utama untuk memilih pupuk yang cocok dan sesuai kebutuhan tanaman Anda. Perhatikan rasio kandungan dari zat-zat yang tercantum pada kemasan produk, kemudian pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan tanaman Anda.

2. Bedakan Kebutuhan Pupuk

Pada penjelasan berikut kebutuhan pupuk yang dimaksud adalah pupuk organik dan pupuk anorganik. Gunakanlah kedua pupuk, baik organik maupun anorganik secara bersamaan agar dapat mengimbangi satu sama lain.

Pada pupuk organik akan sangat efektif untuk meningkatkan kondisi dari tanah agar lebih gembur, selain itu pada pupuk anorganik dapat memberikan tambahan nutrisi yang dapat Anda lakukan dengan menyeprotkan salah satu jenis pupuk yang dibutuhkan pada bagian daun.

3. Sesuaikan Pupuk dengan Tingkat Pertumbuhan Bunga

Menurut hasil dari efek yang terlihat, pupuk terbagi menjadi tiga jenis.  Pupuk Quick realese fertilizer, pupuk slow realese fertilize dan juga pupuk delaye realese fertilizer.

Quick Realese Fertilizer

Jenis pupuk quick realese fertilizer memiliki bentuk cair yang begitu mudah larut di dalam air. Jenis pupuk quick umumnya diberikan untuk menambahkan nutrisi tanaman, terutama ketikan tanaman sedang dalam proses mekarnya bunga. Hanya saja efek yang diberikan dari pupuk ini memiliki durasi yang pendek.

Gunakanlah jenis pupuk ini secara berkala dengan disesuaikan menurut kebutuhan.Umumnya jenis pupuk quick sangat direkomendasikan untuk tanaman bunga pada pot yang kondisinya tidak terlalu baik atau kurang sehat.

Slow Realese Fertilizer

Jenis kedua adalah pupuk slow realese fertilizer. Pupuk slow ini memiliki jangka waktu beberapa bulan untuk menunjukkan kemampuan bekerjanya.

Banyak dari kalangan petani menggunakan jenis pupuk slow sebagai pupuk dasar, misalnya saat penyemaian tanaman padi atau saat tanaman bunga akan dipindahkan ke media tanah yang baru.

Jenis pupuk organik seperti tepung minyak atau kulit padi masuk kedalam jenis pupuk slow realese yang sangat cocok untuk digunakan pada tanaman bunga agar memiliki efek yang lebih lama.

Delaye Realese Fetilizer

Jenis terakhir dari pupuk bunga adalah delaye realese fetilizer. Belakangan jenis pupuk ini cukup marak digunakan untuk memenuhi kebutuhan kebun para pecinta tanaman bunga.

Meski memiliki kemampuan bekerja yang cukup lama, namun jenis pupuk ini begitu banyak mendapat sambutan dari pecinta tanaman hias, hingga banyak yang menyarankan menggunakan jenis pupuk ini untuk tanaman hijau yang ditanam di dalam pot.

Selain dapat digunakan sebagai jenis pupuk utama atau pupuk tambahan, Anda juga dapat menggunakan pupuk ini dengan menaburkannya pada permukaan tanah di dalam pot. Hal tersebut bertujuan agar nutrisi dari  pupuk akan sampai pada tanaman apabila Anda melakukan penyiraman.

4. Pilih Jenis Pupuk Sesuai Dengan Kondisi Bunga

Bentuk fisik dari pupuk terbagi menjadi dua yakni padat dan cair. Pada jenis pupuk cair akan sangat cocok apabila Anda mengaplikasikan pada tanaman pot yang sedang kurang sehat. Gunakanlah pupuk cair ini untuk membantu proses pemulihan dari tanaman agar lebih sehat dan segar.

Untuk jenis pupuk padat yang dapat digunakan disini berfungsi untuk membantu adanya proses penyemaian dan membantu penanaman kembali bibit-bibit tanaman. meski memiliki efek yang cukup lambat, namun apabila Anda menabur pupuk ini di atas tanah dalam pot, maka akan membantu terpenuhinya nutrisi ketika Anda melakukan proses penyiraman.

Jenis pupuk padat sangat cocok digunakan pada jenis tanaman yang ditanam langsung pada tanah tanpa adanya media pot.

Jenis Pupuk Bunga, Terbaik!

Berikut ini adalah beberapa jenis pupuk terbaik untuk tanaman bunga Anda:

1. Pupuk Growmore yang Tinggi Fosfat

Growmore 10 55 10
Growmore 10 55 10

Memiliki bentuk fisik yang cukup padat, pupuk Growmore cocok digunakan untuk tanaman yang membutuhkan kandungan fosfat dengan takaran yang tinggi supaya tanaman bunganya dapat tumbuh dengan baik.

Pupuk Growmore ini memiliki kandungan nutrisi berupa natrium 10, fosfat 55 dan kalium 10. Dari komposisinya menunjukan bahwa kandungan zat fosfat pada pupuk ini sangat tinggi sehingga dapat menunjang pertumbuhan bunga lebih cepat dan sehat.

2. Pupuk Hyponex

Hyponex
Hyponex via Lazada

Memiliki kandungan N, P, dan K yang cukup lengkap disertai dengan unsur mikro dan vitamin tambahan membuat jenis pupuk ini cocok untuk setiap fase pertumbuhan pada tanaman. Baik pada fase vegetatif maupun fase generatif.

Adapun komposisi kandungan nutrisi pupuk Hyponex ini adalah NPK 20: 20: 20, unsur mikro, serta vitamin yang seimbang.

Cara aplikasi pupuk hyponex ini bisa dengan cara dilarutkan terlebih dahulu kemudian disemprotkan pada daun atau dengan cara menyiram pada tanaman.

Pengaplikasian pupuk ini juga bermanfaat untuk pertambahan volume dan jumlah daun, serta untuk membantu merangsang mekarnya bunga. Jadi, buat aflorist yang sedang mencari komposisi NPK yang seimbang, Hyponex bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. NPK Mutiara

Pupuk NPK Mutiara
Pupuk NPK Mutiara

Mampu membantu tanaman baik pada fase vegetatif maupun generatif, pupuk mutiara ini dilengkapi dengan kombinasi nitrat-nitrogen dengan amonium-nitrogen.Hal tersebut dapat memacu pertumbuhan tanaman sehingga lebih cepat menghasilkan bunga dengan jumlah yang lebih banyak.

Pupuk NPK Mutiara ini sangat bermanfaat untuk menjadikan akar bunga lebih kuat serta dapat meningkatkan daya tahan tanaman dari serangan hama dan penyakit. Hal ini dikarenakan dalam pupuk NPK Mutiara ini terdapat kandungan kalium.

Selain manfaat tersebut, pengaplikasian pupuk NPK Mutiara ini juga bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga akan berbunga lebih banyak, karena di dalamnya juga terdapat kandungan nutrisi -nitrogen dan ammonium-nitrogen.

Jadi tidak salah memang kenapa para floorist memilih pupuk NPK Mutiara sebagai penyubur tanaman bunga mereka.

4. Pure Garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga

Pupuk bunga berikutnya yang bisa anda aplikasikan adalah merk pure garden Pupuk Hidroponik AB Mix Bunga. Pupuk ini digadang-gadang dapat diserap lebih cepat oleh bunga karena memiliki sifat yang mudah larut dalam air.

Pupuk ini terbilang memiliki kandungan nutrisi baik makro maupun mikro yang lengkap sehingga cocok untuk anda jadikan pilihan menyuburkan bunga anda.

Selain dapat diaplikasikan untuk bunga, pupuk yang satu ini ternyata juga bisa anda gunakan untuk menyuburkan tomat, mentimun, paprika, sayuran daun, semangka, dan lainnya. Pupuk ini juga dapat diaplikasikan pada media tanah dan lainnya, meskipun dalam kemasannya terdapat tulisan hidroponik.

5. Hormon Perangsang Bunga

Hormon Perangsang Bunga
Hormon Perangsang Bunga via Shopee

Hormon perangsang bunga bisa menjadi pilihan pupuk anda berikutnya. Pupuk ini bermanfaat untuk mencegah kerontokan pada tanaman bunga anda.

Anda bisa menggunakan hormon perangsang bunga ini pada semua tanaman hias anda, termasuk tanaman hias favorit yakni bunga mawar dan angrrek.

Kelebihan ketika anda mengaplikasikan hormon perangsang bunga ini adalah akan membuat tanaman bunga menghasilkan bunga yang lebih banyak serta lebih cerah warnanya, karena kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Hormon perangsang bunga ini sangat easy to use, karena kamu tidak perlu repot-repot untuk melarutkannya lagi. Kemasannya sudah mendukung anda untuk langsung mengaplikasikannya pada tanaman.

Aplikasi hormon perangsang bunga secara langsung dengan menyemprotkannya pada tanaman untuk mendapatkan segudang manfaatnya yang luar biasa.

Oh ya, kamu tidak perlu khawatir dengan takaran yang harus diberikan seperti yang Anda lakukan ketika menggunakan pupuk jenis lain yang harus dilarutkan dalam air.

6. Golstar 250 SC

Golstar 250 SC
Golstar 250 SC via Shopee

Pupuk bunga terbaik selanjutnya adalah merk golstar 250 cc yang disebut-sebut terbuat dari bahan berkualitas dan tergolong ke dalam pupuk organik ZPT atau zat pengatur tumbuh.

Pengaplikasian zat pengatur tumbuh untuk tanaman bunga anda akan membantu mengatur pertumbuhan abnormal pada tanaman bunga Anda. Namun, Anda tetap bisa melihat tanaman Anda tumbuh dengan lebih cepat.

Manfaat lain dari golstar 250 cc ini yaitu memiliki kandungan hormon stimulant yang dapat menghambat pertumbuhan vegetatif pada saat fase generative agar nutrisi pada tanaman lebih terfokus pada proses pembungaan. Jika Anda ingin menghasilkan bunga lebih banyak dan indah, maka menggunakan pupuk ini adalah salah satu cara yang tepat.

7. Hydrofarm Flowermix AB

Hydrofarm Flowermix AB
Hydrofarm Flowermix AB via Hydrofarm

Pupuk untuk bunga yang terbaik yang ketujuh adalah merk Hydrofarm Flowermix AB via Hydrofarm. Pupuk ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tanaman agar lebih subur dan segar, sehingga kebun Anda akan terlihat lebih indah.

Pupuk ini memiliki kandungan nutrisi hidroponik dimana di dalamnya terdapat unsur hara yang dibutuhkan pada proses pertumbuhan tanaman hias seperti krisan, mawar, anggrek, dan sebagainya.

Meskipun berbentuk butiran, jika anda menggunakan sistem dripper untuk sistem pengairan Anda, pupuk ini tidak akan menyumbat pipa atau selang. Karena, mengandung garam mineral yang mudah larut dalam air.

Dalam satu paket produk pupuk ini terdapat dua macam pupuk dengan kandungan berbeda dan Anda dapat menyesuaikan pemakaiannya dengan kebutuhan tanaman bunga Anda.

8. Green World magicgroGO

Green World magicgroGO
Green World magicgroGO via Lazada

Pupuk untuk bunga terbaik selanjutnya dikhususkan atau direkomendasikan untuk diaplikasikan pada tanaman bunga yang diletakkan di dalam rumah. Meskipun tidak harus untuk tanaman bunga yang ada di dalam ruangan.

Biasanya buat mereka yang ingin mempercantik tampilan di dalam rumahnya, dapat menambahkan bunga di sudut ruangan atau di atas meja mereka.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman bunga tersebut pupuk Green World magicgroGO ini sangat cocok untuk diaplikasikan. 

Meskipun berada di dalam ruangan, karena anda sudah mengaplikasikan pupuk Green World magicgroGO, maka tanaman bunga anda akan tetap tumbuh dengan baik.

Anda bisa memberikan pupuk ini secara langsung ke tanaman bunga anda dengan cara mengguyur atau dengan menambahkan dengan air terlebih dahulu.

Manfaat lain selain untuk menyuburkan tanaman, pupuk ini juga bermanfaat untuk menstabilkan pH media tanaman atau lahan, agar akar tumbuhan tidak membusuk dan tanaman Anda pun jadi lebih sehat. Pupuk Green World magicgroGO disebut-sebut juga bermanfaat untuk dapat menjaga pernafasan daun dengan baik agar tanaman tetap segar menghiasi ruangan Anda.

9. Horti Neoboost Flowers

Horti Neoboost Flowers
Horti Neoboost Flowers via Shopee

Pupuk untuk bunga yang kesembilan yang kami rekomendasikan adalah merk Horti Neoboost Flowers. Pupuk organik ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas tanah,

Kandungan asam amino di dalam pupuk ini serta kandungan nutrisi dan vitamin lainnya sangat bermanfaat untuk menyuburkan tanah secara optimal sehingga tanaman hias akan tumbuh dengan baik.

Kandungan alami dari pupuk Horti Neoboost Flowers ini juga bermanfaat untuk membantu tanaman agar dapat tahan lebih lama terhadap serangga hama dan penyakit.

Manfaat lain dari pupuk Horti Neoboost Flowers ini yakni dapat membantu merangsang dan mempercepat proses pertumbuhan dan dapat mencegah kerontokan pada bunga agar dapat tumbuh dengan subur.

10. GDM Pupuk Organik Cair (Tanaman Hias)

GDM Pupuk Organik Cair
GDM Pupuk Organik Cair via GDMorganic

Pupuk bunga yang terakhir yang kami rekomendasikan adalah GDM Pupuk Organik yang memiliki banyak manfaat seperti menjadikan warna bunga lebih cerah sehingga terlihat cantik dan segar,menunjang perkembangan akar, menyuburkan tanah, serta dapat meningkatkan penyerapan nutrisi.

Pupuk ini bisa anda aplikasikan untuk semua jenis tanaman hias baik itu yang memiliki bunga  seperti anggrek, tulip, mawar, lily, kembang sepatu, dan lainnya atau yang hanya memiliki daun saja seperti kaktus.

***

Demikianlah ulasan mengenai tips atau cara untuk memilih jenis pupuk yang Anda butuhkan oleh tanaman bunga anda. Semoga informasi tersebut dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi Anda ya. Selamat berburu pupuk bunga yang berkualitas!

Jangan lewatkan juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *