Jenis Makanan Burung Tledekan agar Jago Gacor

Makanan Burung Tledekan – Salah satu jenis burung kicau yang memiliki jumlah peminat lumayan banyak yaitu burung Tledekan.

Burung mungil dengan paruh runcing ini memang tergolong salah satu burung pemakan serangga yang memiliki suara khas dengan variasi yang indah dan keras. Meski dikenal sebagai burung jagoan dalam dunia kicau, kemampuan burung ini tentu tak didapat begitu saja.

Sebagai pemilik, anda tentu harus menunjang perawatan yang baik dengan diimbangi pemberian makanan burung Tledekan yang penuh nutrisi serta gizi agar aktif dan semakin gacor. Jika anda penasaran dengan pola makanan dari burung satu ini, berikut kita bahas selengkapnya.

Jangan lewatkan juga: Jenis Makanan Burung Srigunting yang Baik

Makanan Burung Tledekan

Berikut ini daftar makanan burung tledekan yang bisa anda berikan agar burung tetap sehat dan rajin gacor tentunya:

Jangkrik dan Belalang

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Jangkrik dan belalang merupakan pakan ekstra fooding yang banyak diberikan pada jenis burung ini. Untuk jangkrik, pakan ini memiliki fungsi untuk meningkatkan birahi pada burung sehingga jadi lebih aktif jika diberikan dengan takaran yang tepat.

Untuk alternatif jangkrik, anda bisa memberikan pakan belalang karena sama-sama memiliki efek untuk peningkat birahi burung. Pemberian pakan ini bisa diberkan pada pagi dan sore hari, atau juga bisa pada waktu menjelang lomba.

Berbagai Jenis Ulat

Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang
Ulat Kandang via ProfesionalUlatKandang

Selain serangga dengan kaki pelontar di atas, berbagai jenis ulat juga lazim dijadikan makanan burung Tledekan seperti halnya ulat pohon, ulat hongkong, ulat buah, dan juga ulat kandang. Secara garis besar, semua jenis ulat ini memiliki kadar protein tinggi yang bisa memicu over birahi jika diberikan secara berlebih.

Namun untuk porsi yang tepat, burung akan semakin aktif dalam menghasilkan suara-suara bervariasi yang indah.

Untuk jenis ulat hongkong, pemberian yang disarankan hanya sekitar satu ekor saja setiap harinya pada burung ini. Sementara untuk jenis ulat yang lain, pemberian bisa dibatasi hingga beberapa ekor saja karena memiliki ukuran yang lebih kecil. Ulat buah utamanya, meski sulit untuk mencarinya, namun kandungan protein yang bercampur dengan vitamin baik bagi kesehatan si burung.

Buah

Buah-buahan

Selain pemakan serangga, burung Tledekan juga bisa mengonsumsi pangan dari jenis buah-buahan seperti halnya buah apel merah, peer, dan lain sebagainya. Pemberian buah ini dilakukan untuk mengimbangi agar pemenuhan gizi bisa seimbang sehingga burung lebih vit dan memiliki stamina yang kuat.

Pemberian pakan buah ini umumnya diberikan secara berkesinambungan dengan pakan kroto. Siang hari merupakan waktu yang tepat dalam memberikan pakan buah, karena memiliki kandungan air yang segar, kandungan zat baik di dalamnya juga membantu burung agar tak cepat kelelahan.

Cacing dan Kelabang

Cacing Tanah via tipsehatcantikalami
Cacing Tanah via tipsehatcantikalami

Selain dari beberapa jenis ulat, jangkrik, dan belalang, pakan alternatif yang kaya akan protein untuk burung Tledekan ini bisa didapatkan dari cacing dan kelabang. Untuk jenis cacing yang bagus diberikan yakni cacing tanah atau biasa disebut cacing gelang.

Pemberian bisa dilakukan sebanyak 1 kali dalam sehari dengan jadwal cukup beberapa kali saja dalam tiap minggunya.

Sementara itu, kelabang juga bisa jadi makanan burung Tledekan untuk mengatasi drop yang mulai terjadi karena stress, kurang birahi, atau sakit. Sama halnya dengan cacing, kelabang cukup diberikan hanya sekali sehari saja jika dirasa burung lemas dan lesu. Berikan secara berkelanjutan hingga burung pulih dan aktif.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Bagi anda yang tak mau dipusingkan dan direpotkan dengan pemilihan kombinasi pakan burung ini tiap harinya, pemilihan voer sebagai makanan burung Tledekan praktis dan bernutrisi bisa jadi hal yang tepat. Untuk jenis voernya sendiri, disarankan memilih voer dengan kandungan protein tinggi atau berbahan dasar yang didominasi oleh pakan hewani. Voer semacam ini biasanya memiliki kandungan protein sekitar 30%.

*****

Karakter Burung Tledekan

Oh ya sob, biar kita bisa merawat burung tledekan ini dengan benar, ada baiknya juga kalau kita mengetahui karakter dasar burung ini. Berikut ini beberapa karakter dasar burung tledekan yang mesti anda ketahui:

  • Karakter yang pertama adalah gampang beradaptasi, jadi burung ini mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
  • Burung teldekan ini mudah emosi lo. Apalagi kalau burung ini mendengar suara burung Tledekan lain atau melihat burung sejenis, maka semangat tempurnya langsung berkobar. Instingnya, burung tledekan ini mau mengusir siapapun lawan yang ada di sekitarnya.
  • Oh ya, sama kayak kamu nih sob, burung teldekan ini mudah terangsang lo. Dikit-dikit birahi, hehehe. Becanda sob. Beberapa penyebab burung tledekan ini over birahi yaitu setingan EF (Extra Fooding) yang over, penjemuran yang berlebih atau melihat burung Tledekan betina, dapat dengan cepat menaikkan tingkat birahinya.
  • Burung tledekan termasuk burung yang gampang jinak.
  • Karakter burung tledekan yang terakhir adalah memiliki mental baja. Karena memang burung ini adalah burung petarung sejati.

Cara Mengatasi Burung Tledekan Over Birahi

Burung tledekan anda over birahi? Berikut ini tips untuk menetralisirnya:

  • Pertama, batasi makan jangkriknya, menjadi 1 pagi dan 1 sore.
  • Anda juga bisa memberikan 3 tetes CATALYST di air minum, 2x-3x seminggu.
  • Sebaiknya anda juga memberikan Ulat Bambu 1 ekor setiap pagi selama 3 hari berturut-turut.
  • Cobalah untuk mengembunkan (jam 05.30-06.00).
  • Burung tledekan sebaiknya anda kasih cacing 2 ekor 2x seminggu.
  • Lebih sering lagi mandi, misalnya pagi-siang dan sore.
  • Kurangi waktu penjemuran menjadi 30 menit/hari saja.
  • Terakhir, sebaiknya waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama.

Cara Mengatasi Burung Tledekan Drop

Kalau burung tledekan anda drop, sebaiknya anda lakukan beberapa treatment, yaitu:

  • Treatment yang pertama adalah dengan menambah porsi jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore.
  • Selain jangkrik, tambahkan juga porsi kroto, menjadi setiap pagi.
  • Tambahkan juga pakan berupa kelabang 2 ekor seminggu sekali.
  • Mandi 2 kali sehari
  • Segara isolasi burung anda, jangan beriteraksi bahkan mendengar burung Tledekan.
  • Tambah lagi waktu penjemuran menjadi 2-3 jam/hari.
  • Tambahkan vitamin SUPERVIT setiap hari.

Demikianlah ulasan mengenai makanan burung tledekan yang bisa kami rekomendasikan dan tips perawatan yang sebaiknya anda lakukan. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Harga Burung Tledekan Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *