Jenis Makanan Burung Srigunting yang Baik

Makanan Burung Srigunting – Nama burung Srigunting tentu tak bisa dilewatkan begitu saja dalam daftar burung kicau dengan kemampuan yang kicau yang berkarakter dan variatif.

Selain itu, vocal burung ini memiliki kelebihan untuk melakukan intimidasi terhadap burung lainnya saat hidup di alam bebas.

Selain suara, keunikan lain juga hadir dari penampakan tubuh burung ini yang memiliki bentuk ekor memanjang menyerupai gunting.

Selain karena daya tarik suara dan keindahan, banyak orang yang tertarik karena perawatan dan makanan burung Srigunting tidaklah terlalu menuntut pemiliknya.

Lebih jauh lagi, secara kualitas suara yang dihasilkan, burung Srigunting ini merupakan pengicau yang cukup pandai dalam mengolah vocalnya sehingga menirukan berbagai jenis suara burung jenis lain seperti lovebird, beberapa jenis kenari, hingga burung elang.

Suara burung Elang yang ditirukan mungkin berguna untuk kemampuan mereka bertahan hidup di alam dari predatornya.

Selain mengetahui karakter kicau si burung dengan warna dominan hitam legam ini, pemilik juga perlu memahami berbagai kombinasi makanan burung Srigunting agar kebutuhan energi harian burung tercukupi serta bisa makan dengan banyak.

Jenis Makanan Burung Srigunting
Jenis Makanan Burung Srigunting

Jenis Makanan Burung Srigunting

Nah, untuk tahu kombinasi dari jenis pakan yang tepat untuk burung dengan ekor unik ini, simak selengkapnya berikut:

Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Jika dilihat dari penampakan fisik paruh yang dimiliki oleh burung ini yang terlihat lancip dan tajam, kita bisa memastikan jika makanan utama burung ini adalah berbagai jenis serangga. Jenis serangga pertama yang bisa dijadikan pakan penuh protein dan beberapa kandungan bermanfaat lain adalah jangkrik.

Selain sudah lumrah menjadi pakan burung kicau, jangkrik juga tergolong makanan burung Srigunting yang cukup mudah di dapat, bisa dengan mencarinya di areal persawahan atau bagi yang tak ingin repot mencari, anda bisa membelinya langsung di peternak jangkrinya ataupun di toko pakan burung yang banyak tersebar.

Untuk pemberiannya, anda bisa mencopot bagian kaki yang dianggap tajam yang memiliki kemungkinan bisa mencederai tenggorokan atau mulut burung jika ikut diberikan.

Belalang

Belalang via fahyuatar
Belalang via fahyuatar

Selain jangkrik belalang juga jadi alternatif pakan yang disukai oleh burung ini. Jenis belalang yang paling disukai oleh burung ini biasanya jenis belalang yang masih kecil atau belum memiliki sayap panjang.

Seperti halnya jangkrik, belalang juga memiliki kaki pelontar yang kasar dan tajam yang kemungkinan bisa melukai tenggorokan. Jadi sebaiknya potong terlebih dahulu sebelum diberikan.

Pakan belalang ini juga memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga bisa membuat burung lebih aktif dan rajin dalam mengeluarkan bunyi-bunyian.

Capung

Capung via Kaskus
Capung via Kaskus

Layaknya dua jenis serangga sebelumnya, capung juga merupakan sumber protein hewani yang bagus bagi burung jenis ini. ukuran capung yang tak terlalu besar juga bisa memudahkan burung ini dalam mengonsumsinya.

Sama halnya seperti belalang, banyak pecinta burung yang merekomendasikan untuk memberikan capung yang berukuran masih kecil atau capung muda agar pas dengan ukuran paruh Srigunting yang juga relatif kecil.

Voer

Voer Burung
Voer Burung

Anda sebaiknya memberikan voer yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Hal ini tentu saja bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian burung srigunting.

Ulat Tembakau Juga Bisa Ulat Jerman

Ulat Tembakau
Ulat Tembakau

Terakhir, burung Srigunting juga termasuk ke dalam burung yang menyukai beberapa jenis ulat. Meski memiliki menu ulat sebagai asupan favoritnya, tak lantas membuat burung ini suka dengan semua jenis.

Untuk jenis ulat yang disukai burung berekor unik ini umumnya ulat yang tak memiliki bulu, contohnya saja seperti ulat temabakau, ulat kandang dan beberapa jenis ulat tanpa bulu lain yang berukuran kecil. Makanan burung Srigunting dari jenis ulat ini juga mensuplai energi dan kebutuhan protein yang cukup untuk kebutuhan hariannya.

Baca juga yuk: Makanan Burung Prenjak Biar Rajin Gacor

Tips Perawatan Burung Srigunting

Selain memperhatikan makanannya, kita sebaiknya juga mengetahui beberapa tips perawatan burung srigunting agar burung ini tetap sehat dan rajin berbunyi. Berikut ini beberapa tips perawatan burung srigunting ala om kicau yang sebaiknya anda lakukan:

  • Peratawan burung srigunting yang pertama adalah dengan menggantung sangkarnya di teras/halaman rumah pada pagi hari. Lebih baik lagi kalau rutin diembunkan.
  • Selanjutnya, setelah burung diangin-anginkan selama beberapa menit, anda bisa memberi kroto sebanyak 1 cepuk dan 2-3 ekor ulat jerman/ulat tembakau dll.
  • Jangan lupa juga untuk memandikan burung ini. Waktu terbaik untuk memandikan burung srigunting adalah ketika matahari mulai terbit. Anda bisa memandikan burung ini dengan hand sprater / semprotan. Bisa juga dilatih mandi dalam karamba. Saat burung dimandikan, sebaiaknya anda membersihkan sangkar dan perlengkapannya.
  • Begitu selesai memandikan burung, silahkan diangin-anginkan sebentar di tempat sejuk. Selanjutnya anda bisa memberikan makanan tambahan 3-5 ekor jangkrik.
  • Berikutnya silahkan sobat jemur burung sekitar 2 jam di bawah sinar matahari, pada pagi hari dan tidak lewat dari pukul 10.00.
  • Siang harinya, kamu harus menggantungkan sangkar burung di tempat yang teduh, bisa di teras rumah atau batang pohon rindang.
  • Oh ya sob, waktu istirahat ini bisa anda manfaatkan untuk memasterkan burung srigunting lho. Kamu bisa mendekatkan sangkarnya dengan beberapa burung masteran, atau menggunakan suara masteran dari perangkat mp3.
  • Begitu sudah masuk jam 16.00, anda bisa memberikan pakan berupa ulat jerman dan jangkrik sebanyak 2-3 ekor.
  • Oh ya sob, supaya burung srigunting ini stabil birahinya sebaiknya kamu memberikan pakan ulat bambu setiap beberapa hari sekali.
  • Di luar pakan tambahan, anda sebaiknya memperhatikan jenis voer yang anda berikan. Voer yang anda berikan harus mengandung nutrisi yang lengkap sehingga burung makin aktif dan rajin berkicau.
  • Kamu juga bisa memberikan multivitamin agar burung tetap fit dan staminanya prima terus.

***

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung srigunting yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan burung srigunting anda bisa tetap sehat dan rajin gacor ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya ya.

Artikel terkait: Update! Harga Burung Srigunting Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *