Jenis Makanan Burung Perkutut

Sebagai salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan masyarakat, burung Perkutut banyak dipelihara karena kicauan suaranya yang khas atau kerap disebut manggung. Burung ini banyak digemari oleh kalangan dewasa hingga orang tua sebagai pengisi suasana rumah agar asri seperti di pedesaan.

Banyaknya penggemar burung Perkutut juga dilatarbelakangi karena perawatannnya tak membutuhkan biaya mahal serat makanan burung Perkutut sendiri relatif mudah didapat dan tak pilih-pilih.

Burung Perkutut Bangkok
Burung Perkutut Bangkok

Makanan Burung Perkutut

Meski burung ini termasuk burung dengan kategori gampang, tapi tetap saja anda perlu memperhatikan asupan pakannya agar burung tetap sehat dan semakin rajin dalam berkicau. Nah, untuk lebih jelas mengenai kombinasi makanan burung Perkutut apa saja yang baik diberikan untuk mendapatkan performa yang prima, simak berikut ini.

Jewawut

Jewawut
Jewawut

Pakan pertama untuk burung Perkutut ini merupakan termasuk biji-bijan dengan warna orange. Pemberian pakan jewawut ini ditujukan agar burung cepat gacor karena kandungan proteinnya lumayan tinggi. Selain itu jewawut juga baik untuk menunjang pertumbuhan burung yang masih berusia muda.

Millet

Milet Putih dan Merah
Milet Putih dan Merah

Tak berbeda jauh dengan jewawut, milet juga tergolong biji-bijian yang disukai hanya saja warnanya sedikit putih agak kekuningan. Walaupun disukai dan cocok untuk burung Perkutut, pemberian millet sebaiknya tetap dibatasi karena pemberian berlebih akan mengakibatkan kegemukan pada burung sehingga membuatnya kurang lincah dan tak begitu rajin berkicau.

Kacang Hijau

Makanan burung Perkutut selanjutnya yang bisa diberikan secara rutin yaitu kacang hijau. Pemberian pakan pokok berupa kacang hijau ini sangat baik untuk pertumbuhannya karena kaya dengan nutrisi. Untuk cara pemberiannya, kacang hijau terlebih dahulu direndam dalam air matang dengan durasi 6 hingga 8 jam.

Perendaman ini dilakukan agar kacang hijau memiliki tekstur lebih lunak dan mengembang sehingga memudahkan burung yang masih anakan sekalipun dapat mengonsumsinya.

Beras Merah

Selanjutnya ada beras merah yang pas untuk membantu pertumbuhan burung perkutut yang masih muda agar lebih produktif. Jenis pakan ini kaya akan kandungan vitamin B dan E yang berguna untuk menjaga kesehatan serta meningkatkan kesuburan burung dalam menghasilkan anakan yang baik.

Gabah

Gabah pada dasarnya hampir mirip dengan beras merah. Bulir biji gabah sebenarnya merupakan bulir beras putih yang masih dilapisi oleh kulit kasar. Makanan burung Perkutut dari jenis gabah ini lumayan disukai sebagai suplai energi harian dan pastinya tak akan membuat berat burung menjadi berlebih karena memberikannya gabah tiap hari.

Ketan Hitam

Makanan burung perkutut selanjutnya adalah ketan hitam. Memang ketan hitam ini memiliki harga yang lumayan tinggi.

Pemberian pakan berupa ketan hitan ini dapat membantu tubuh burung perkutut hangat. Anda bisa memberikan ketan hitam pada waktu musim dingin atau sedang musim hujan supaya kondisi tubuh burung perkutut dapat terjaga, musim hujan dapat mengakibatkan burung perkutut terserang penyakit maka dari itu ketan hitam salah satu solusinya.

Tips Perawatan Burung Perkutut

Selain memberikan pakan, burung ini juga butuh dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa tips perawatan burung perkutut yang sebaiknya anda lakukan:

Berikan Suplemen dan Jamu

Untuk mengimbangi kebutuhan vitamin dan protein bagi burung Perkutut, anda bisa memberikannya pakan tambahan berupa pil suplemen yang diracik khusus dari berbagai bahan seperti kroto, ulat hongkong, jangkrik, dan jenis serangga lain.

Efek dengan pemberian suplemen ini pada burung akan membuatnya lebih cepat gacor dan bisa meningkatkan kicauan jadi lebih sering. Anda bisa membeli suplemen ini di toko pakan burung terdekat dan jika belum tahu produknya, minta rekomendasi pada penjualnya.

Sementara itu, anda juga bisa memberikan asupan lain untuk menunjang energinya namun dengan cara lebih alami yakni dengan menggunakan kencur sebagai jamu. Untuk pemberiannya, potong kecil-kecil kencur agar sesuai dengan ukuran mulut burung dan lolohkan secara langsung menggunakan tangan.

Tujuan pemberian makanan burung Perkutut berupa kencur ini untuk membuat tenggorokan lega dan membuat suara burung lebih jernih. Kencur bisa diberikan sekali dalam 3 hari saat suara bermasalah. Jika keadaan sudah membaik, pemberian bisa setiap seminggu sekali atau dua kali.

Mandikan Secara Teratur

Menjaga kebersihan burung mutlak untuk dilakukan. Selain agar tetap bersih, memandikan burung perkutut ini juga dapat membuat burung tetap fresh dan fit.

Tidak jarang juga burung terkena kutu dan kuman yang dapat membuat burung menjadi rawan terkena berbagai penyakit lho.

Dengan rutin memandikan burung perkutut ini maka bulu burung perkutut juga akan semakin cantik dan mengkilap.

Tidak perlu sering-sering, cukup dengan memandikan burung ini 3 kali sehari kok. Mandikan pada pagi haari, jam 7 pagi dengan cara menyemprotkannya dengan sprayer halus hingga burung basah kuyup.

Agar kutu dan bakteri minggat, menurut para master anda dapat menamabahkan menyemprot burung dengan campuran air beras dan 7 lembar daun sirih. Atau anda juga dapat menggunakan cairan khusus untuk mandi perkutut yang banyak dijual di pasaran.

Rutin Menjemur Perkutut

Tips perawatan burung perkutut selanjutnya adalah dengan rutin menjemur si burung. Anda dapat menjemur burung ini pada pukul 7 hingga jam 9 setelah mandi. Sinar matahari pada jam-jam segini sangat baik untuk kesehatan burung lho.

Beri Kerikil pada Pakan Perkutut

Tips perawatan burung perkutut yang menarik selanjutnya adalah dengan menambahkan batu kerikil pada pakan burung perkutut, khususnya pada beras atau gabah. Pemberian kerikil ini bermanfaat untuk membantu pencernaan perkutut.

Pemberian kerikil ini akan membantu perkutut mencerna makanan dengan baik. Tidak semua perkutut mampu mencerna makanan mereka dengan baik. Nah, dengan mengkonsumsi kerikil, pencernaan perkutut mampu berfungsi dengan baik untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh burung perkutut.

Berikan Minuman yang Cukup

Selain memberikan minum yang cukup, anda juga harus memperhatikan kebersihan tempat minum burung. Usahakan juga untuk memberikan minuman air masak kepada burung perkutut anda.

Tempatkan Perkutut di Tempat yang Nyaman dan Teduh

Oh ya sob, kamu juga mesti menempatkan burung perkutut pada tempat yang teduh dan nyaman ya. Jangan sampai juga burung perkutut anda ada dalam jangkauan anak-anak atau pemangsa seperti kucing.

Pastikan juga anda penempatan kandang burung ini terkena sinar matahari langsung. Jika suasana kandang nyaman dan teduh, maka burung perkutut anda akan merasa rileks dan betah di dalam kandang sehingga kondisi psikis burung tetap baik. Hal ini akan berdampak pada perkembangan suara perkutut sehingga semakin gacor dan rajin berkicau.

Jaga Kebersihan Kandang

Anda sebaiknya juga memperhatikan kebersihan kandang. Bersihkan kandang dari kotoran burung dan sisa pakan yang berjatuhan atau tidak habis. Diharapkan dengan terjaganya kebersihan kandang, maka burung perkutut dapat terhindar dari kuman penyakit serta merasa nyaman sehingga lebih mudah dilatih untuk berkicau.

Tempatkan Kandang di Tempat yang Sering Anda Lalui

Penting juga nih meletakkan kandang burung perkutut di tempat-tempat yang sering anda lalui. Sehingga burug perkutut anda memiliki feel dengan anda. Letakkan kandang burung ini pada ketinggian sekitar 100 cm hingga 120 cm sehingga burung perkutut mampu mengenali siapa pemiliknya.

Rajin Melatih Burung Perkutut dengan Suara Masteran

Untuk anda yang memelihara burung perkutut yang bertujuan untuk diikutkan dalam kontes maka anda harus rajin melatih burung perkutut dengan suara masteran.

Anda bisa memperdengarkan rekaman suara burung perkutut gacor sehingga ia terpancing untuk berkicau pula. Hal ini memicu daya ingat dan pendengaran burung perkutut agar lebih gacor dan sering berkicau.

Berikan Perhatian

Tips perawatan burung perkutut yang terakhir dari kami adalah dengan memberikan perhatian. Sama halnya dengan kita, burung perkutut juga membutuhkan perhatian.

Perhatian sederhana seperti mengusap burung perkutut saat memberi makan sehingga burung semakin jinak dengan anda. Selain itu, ada baiknya jika anda bermain-main dengannya sekitar setengah jam setiap 3 hari sekali atau sesering mungkin sehingga ia semakin dekat dengan anda. Tidak ada salahnya juga jika anda memberikan burung perkutut panggilan dan rajinlah memanggilnya dengan nama tersebut sehingga ia terbiasa.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung perkutut dan tips perawatan yang mesti anda lakukan yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Perkutut Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *