Jenis Makanan Burung Beo & Tips Perawatan

Makanan Burung Beo – Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok, burung Beo banyak dikagumi oleh kebanyakan penghobi burung kicau karena memiliki kecerdasan yang lebih dibandingkan jenis burung lain dalam hal peniruan suara.

Selain mahir dalam hal imitasi suara burung lain, Beo juga dikenal handal dalam menirukan suara manusia. Selain perawatan dan latihan yang cukup, pemberian makanan burung beo juga perlu diperhatikan agar kemampuan mereka dalam imitasi suara bisa berkembang dengan maksimal.

Makanan Burung Beo via Gemarburung
Makanan Burung Beo via Gemarburung

Jenis Makanan Burung Beo Biar Sehat dan Cepat ‘Bicara’

Guna mendapatkan performa kicau bagus seperti itu dan memiliki perawakan yang bagus, pemiliknya harus selektif dalam memberi asupan makanan burung Beo sehingga tak bisa sembarangan begitu saja. Nah, untuk lebih jelasnya simak beberapa menu makanan berikut yang memang memiliki banyak manfaat untuk burung peniru satu ini.

1. Pellet

Voer Burung
Voer Burung

Untuk jenis yang pertama, makanan burung Beo ini bisa dianggap sebagai makanan pokok yang bisa diberikan pada burung beo setiap harinya dengan jumlah takaran yang sesuai. Pellet burung sendiri mudah didapatkan dengan membelinya di toko pakan burung atau secara online.

Meski termasuk makanan olahan pabrik yang memiliki protein yang bagus, kombinasi pakan dengan memberikan variasi ekstra fooding tetap dibutuhkan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi maksimal.

2. Telur Kroto

Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Menu makanan selanjutnya yang sangat populer di kalangan pecinta burung dan memang disukai oleh berbagai burung kicau yaitu telur kroto. Anda bisa mendapatkan telur kroto dengan berburu langsung di sarang kroto yang berada di atas pohon atau bisa membelinya di toko pakan burung terdekat.

Anda bisa memilih jenis kroto sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kroto kasar yang mampu bertahan lebih lama ataupun kroto basah yang memiliki kandungan protein paling tinggi. Telur dan larva dari semut kroto ini memiliki khasiat yang bagus untuk menambah stamina burung Beo dalam menghasilkan kicauan dengan intensitas yang lebih sering.

3. Buah

Buah-buahan

Selain asupan protein, burung beo juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk menjaga vitalitas dan kesehatannya dengan cara memberikannya pakan berupa buah-buahan segar. pemberian pakan berupa buah-buahan ini bisa anda berikan pada siang hari dengan jenis buah yang bervariasi untuk tiap harinya. Dua jenis buah yang paling umum dan menjadi favorit burung satu ini yakni buah pisang dan pepaya.

Dua jenis buah di atas memang banyak dijadikan pakan buah favorit karena tak hanya kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya, buah-buah tersebut juga mudah ditemukan disekitar tempat tinggal, baik tanam sendiri ataupun membelinya. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki buah bisa membantu memaksimalkan proses pencernaan burung Beo agar tetap sehat dan segar sepanjang harinya.

4. Sawi

Cara Menanam Sawi
Ilustrasi: Cara Menanam Sawi

Selain dari buah, kebutuhan serat dan vitamin yang dibutuhkan oleh burung Beo dapat disuplai dengan berbagai macam jenis sayuran, salah satunya sawi. Kandungan serat yang dimiliki sayuran hijau satu ini akan membantu burung Beo tetap sehat dan bugar. Selain itu, sayuran juga akan bisa menambah dan mepertahankan stamina jika burung menjalani latihan kicau yang intensif.

5. Serangga

Makanan Tambahan Pleci
Serangga

Jenis makanan burung beo alami yang terakhir yang berguna untuk suplai asupan proteinnya yaitu berbagai jenis serangga kecil seperti jangkrik, belalang, dan ulat Hongkong. Pemberian makanan ekstra jenis ini bisa diberikan seminggu sekali agar menu pakan variatif dengan gizi yang seimbang. Dengan begitu burung Beo tak akan cepat bosan dan memiliki nafsu makan yang baik.

6. Kacang-kacangan

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Makanan burung beo selanjutnya adalah dari jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan memang bukanlah menu makanan utama burung beo.

Pemberian pakan berupa kacang-kacangan pada burung beo sebaiknya sesekali saja, karena burung beo yang di pelihara berbeda dengan yang ada di alam. Dimana burung beo yang dipelihara biasanya lebih kurang aktif sehingga tidak membutuhkan energi yang terlalu besar.

Menu kacang-kacangan yang bisa anda berikan mulai dari kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau. Kandungan protein dan lemak pada kacang-kacangan ini cukup tinggi sehingga mampu mendongkrak energi beo. Namun jika diberikan secara berlebihan, beo bisa mengalami kegemukan sehingga malas untuk berbunyi.

Pastikan juga kacang-kacangan yang anda simpan ini berada di tempat yang kering agar tidak memicu tumbuhnya jamur yang dapat menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan beo.

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Burung Beo

Selain jenis pakan yang dianjurkan di atas, ada beberapa makanan yang tidak direkomendasikan untuk burung beo. Seperti alpukat dan cokelat. 2 jenis makanan ini bisa beracun bagi beo dan harus dihindari. Selain 2 jenis makanan tersebut, sebaiknya burung beo juga tidak mengkonsumsi Alk*hol juga bisa beracun bagi beo, juga kafein.

Selalu Sediakan Air Segar

Selain memnyediakan makanan bernutrisi, anda juga harus memperhatikan ketersediaan air. Pastikan air yang dikonsumsi oleh burung beo adalah air segar yang selalu anda ganti ketika sudah kotor oleh remah-remah makanannya. Kalau bisa, ganti air dua kali dalam sehari, atau kapan mangkuk air tersebut dipenuhi oleh sisa-sisa makanan.

Porsi Makanan Burung Beo

Kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk memberikan pakan pada burung beo? Usahakan untuk memberikan makanan pada burung beo 2 kali sehari.

Jadi, buanglah pakan yang tersisa pada pagi dan malam hari, karena tidak bagus lagi untuk dikonsumsi alias sudah basi atau rusak.

Berikut ini beberapa pertimbangan pemberian pakan burung beo:

  • Pertama, berilah pakan berupa biji-bijian tidak lebih dari 1 sampai 2 sendok teh perhari
  • Berikan juga pelet hanya di pagi hari setelah burung memakan biji-bijian dan makanan segar. Burung beo akan memakan pelet sedikit demi sedikit, anda tidak harus membuang pelet yang tidak dihabiskan di pagi hari.
  • Untuk porsi peletnya, anda bisa memberikan sekitar ¼ cangkir pelet setiap harinya untuk beo kecil.
  • Sementara burung beso besar bisa anda berikan setengah cangkir pelet dalam sehari.
  • Berikan secara perlahan sedikit demi sedikit, tidak mesti langsung semuanya.
  • Untuk beo kecil, membutuhkan paling tidak ½ sampai 1 sendok buah-buahan, ½ sendok makan sayuran, dan ½ sendok makan sumber protein (kacang-kacangan atau daging yang matang) setiap hari. Jika beo berukuran besar, ia akan membutuhkan 1 sendok makan buah-buahan, 1 sendok makan sayuran, dan 1,5 sendok makan sumber protein

Artikel terkait: Tips Perawatan & Makanan Burung Blackthroat Agar Jago Gacor

Rangsang Beo Agar Mencari Makanan

Bagaimana maksudnya?

Para breeder sebaiknya merangsang beo agar lebih berusaha mencari makan, hal ini bertujuan agar burung beo tidak ‘mager’ atau malas gerak.

Kalau pakan beo bisa didapat dengan mudah maka burung beo cenderung akan malas dan cepat paus. Nah, anda bisa menyiasatinya dengan memberikan beberapa pelet dan kerikil pada mangkuk makanannya. Dengan demikian maka burung beo akan memilah pakan terlebih dahulu sebelum memakannya.

Selain dengan menaburkan batu, anda juga bisa memasukkan makanan ke dalam mainan untuk mencari makan yang tersedia di toko hewan peliharaan.

Perhatikan Obesitas Pada Burung Beo

Kelebihan pakan burung beo dapat berakibat pada obesitas. Jika burung beo obesitas, maka bisa berakibat penyakit jantung berlemak yang merupakan kondisi medis yang serius. Pastikan anda memberikan pakan seimbang pada burung beo anda.

Jika anda melihat burung beo sedikit tembem atau gemuk, maka anda sebaiknya memeriksakannya ke dokter hewan. Perlu anda ketahui bahwa, beberapa jenis beo, termasuk bugie, cockatiel, dan beo Amazon, sangat rentan terhadap obesitas dan penyakit jantung berlemak

Perhatikan Burung Beo Kekurangan Vitamin A

Selain masalah kegemukan, kekurangan vitamin A juga bisa menjadi masalah bagi burung beo. Kekurangan vitamin A dapat membuat burung beo mengalami berbagai masalah kesehatan.

Masalah kesehatan yang bisa dialaminya seperti masalah dalam sistem pernapasannya (adanya kotoran hidung, kesulitan bernapas, dan bersin-bersin) jika ia tidak mendapatkan vitamin A yang cukup.

Untuk mencegah dan mengatasi masalah ini bisa anda bawa ke dokter atau dengan memberikan makanan seimbang sehingga burung beo akan mendapatkan asupan nutrisi yang lengkap.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung beo serta cara merawat burung beo yang benar yang bisa kami sajikan untuk anda.

Semoga bermanfaat dan bisa memberikan masukan kepada anda. Artikel terkait: Daftar Harga Burung Beo Terbaru Berdasarkan Jenisnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *