Jenis-Jenis Pupuk NPK untuk Buah

Pupuk NPK untuk Buah – Pupuk merupakan sebuah material yang di dalamnya terkandung berbagai macam jenis unsur hara, memiliki fungsi sebagai sebuah sumber nutrisi atau kebutuhan pangan bagi tanaman. Pupuk memiliki perbedaan berdasarkan kandungan di dalamnya, yakni dibedakan menjadi pupuk tunggal dan pupuk majemuk.

Pupuk tunggal yaitu jenis pupuk yang hanya memiliki satu jenis kandungan unsur hara di dalamnya, sedangkan pupuk majemuk memiliki lebih dari satu unsur hara atau paling tidak memiliki tiga kandungan unsur hara di dalamnya. Pada pupuk majemuk, dapat dijumpai jenis kandungan unsur hara mikro dan juga makro yang begitu dibutuhkan oleh tanaman.

Salah satu jenis pupuk majemuk yang memiliki paling tidak tiga kandungan di dalamnya adalah pupuk NPK. NPK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang begitu populer keberadaannya. Pupuk NPK hadir dengan dibekali kandungan seperti Nitrogen, Phospor dan Kalium sebagai kandungan utama yang begitu dibutuhkan tanaman.

Pupuk NPK menjadi salah satu jenis pupuk yang kehadirannya mendapat sambutan hangat dari kalangan petani hingga saat ini. Hal tersebut dikarenakan manfaatnya yang begitu sempurna bagi tanaman.

Terlebih bagi Anda para petani buah yang menginginkan hasil panen buah melimpah dengan kualitasnya yang maksimal. Lantas, apa saja ya sebenarnya manfaat dari pupuk NPK? Simak terus ulasan berikut ini!

Sejuta Manfaat Pupuk NPK

Pupuk NPK yang sangat familiar di telinga para petani, tentu sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya para petani yang memberikan testimoni hasil panen mereka setelah menggunakan pupuk NPK ini.

Selain dapat membuat tanaman menjadi lebih kuat, pupuk NPK juga memberikan bukti hasil panen yang melimpah dengan kualitas buahnya yang sudah terbukti.

Pada tanaman buah dan juga sayur-sayuran hijau yang Anda berikan pupuk NPK, nantinya akan memberikan efek pada tanaman yang terlihat lebih segar dan sehat dibandingkan dengan sebelum diaplikasikan pupuk NPK.

Jika menginginkan hasil panen melimpah dengan kualitas yang tinggi, pupuk NPK tentu dapat dijadikan pupuk utama pada masa-masa pemupukan.

Hal ini karena tanaman yang diaplikasikan pupuk NPK akan lebih kuat jika dibandingkan dengan tanaman yang tidak diaplikasikan pupuk NPK. Tanaman tersebut nantinya akan memiliki daya tahan yang lebih kuat,mulai dari serangan hama hingga serangan beragam penyakit.

Selain itu, tanaman juga akan memiliki pertumbuhan akar yang cepat dan kuat. Hal ini berarti tanaman akan dapat menghasilkan bunga yang tidak mudah rontok.

Pada tanaman yang bunganya tidak mudah rontok, tentu akan menghasilkan buah yang banyak. Nah, manfaat pupuk NPK sangat banyak bukan?Anda dan petani lainnya tentu akan menghasilkan panen yang melimpah dengan kualitas yang tak kalah bagusnya. Lalu, apa saja jenis-jenis pupuk NPK itu?

Kenali Jenis-Jenis Pupuk NPK

Setiap jenis pupuk NPK memiliki perbedaan meski masih termasuk dalam jenis kategori pupuk NPK. Perbedaan dari pupuk NPK ini terletak pada komposisi atau persentase disetiap kandungan perkemasaanya. Anda akan menemukan jenis pupuk NPK12 12 12, pupuk NPK15 15 15 dan juga pupuk NPK16 16 16.

Pada setiap angka-angka tersebut memiliki arti yang berarti persentase atau komposisi dari setiap unsur hara makro di dalamnya. Untuk kandungan unsur hara mikro, biasanya akan tercatat pada label kemasan. Berikut adalah jenis-jenis pupuk NPKyang baik bagi tumbuhan buah Anda:

1. Pupuk NPK 16 16 16

Pada jenis pupuk NPK16 16 16 ini terdapat banyak sekali merek yang dapat Anda temukan di pasaran. Berikut beberApa daftarnya:

  • NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16

NPK Mutiara YaraMila 16 16 16
NPK Mutiara YaraMila 16 16 16

Jenis pupuk ini tentunya masuk kedalam pupuk majemuk yang paling tidak mempunyai 5 kandungan unsure hara di dalamnya. Anda dapat mengetahui jenis pupuk Yara Mila ini melalui kemasannya dan juga bentuk fisik yang menyerupai sebuah granul.

Umumnya, Pupuk Yara Mila ini memiliki warna biru namun tidak terlalu terang. Jenis pupuk ini didatangkan langsung dari Norwegia, sehingga harga jual yang terdapat dipasaran pun terbilang cukup mahal.

Pupuk Yara Mila dibekali kandungan 16% untuk setiap unsur hara Nitrogen, Phosfor, dan Kalium serta tambahan unsur hara lain seperti magnesium sebanyak 0.5% dan kalsium sebanyak 6%.

Pupuk ini cocok untuk diaplikasikan pada tanaman buah karena memiliki kandungan yang tinggi, serta tambahan kandungan kalsium yang dapat membantu tanaman lebih kuat dan bunga menjadi yang tak mudah rontok.

Artinya, ketika pupuk ini diaplikasikan pada tanaman, maka hasil panen yang melimpah dengan kualitas yang tinggi bukan lagi sebuah mimpi.

Simak selengkapnya: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

  • NPK Pak Tani 16 16 16

NPK Pak Tani 16 16 16
NPK Pak Tani 16 16 16

Pupuk NPKpak tani merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang begitu mudah larut dalam air. Ia dibekali dengan kandungan Nitrogen, Phosfor dan Kalium sebanyak 16 persen, selain kandungan tersebut pupuk ini juga memiliki kandungan lain seperti Nitrat sebanyak 7 persen.

Nitrat merupakan sebuah zat yang dapat membantu tanaman untuk mempercepat proses pertumbuhannya.

Jenis pupuk ini amat cocok diaplikasikan pada tanaman buah, namun bagi petani sayur atau petani tanaman hias pun tidak perlu khawatir.

Meski pupuk ini begitu cocok untuk buah-buahan, pupuk ini juga tak kalah mengesankan apabila diaplikasikan pada jenis tanaman lain, seperti sayuran hijau atau tanaman holtikultura seperti mawar.

2. Pupuk NPK 15 15 15

Berikut beberapa merk pupuk NPK15 15 15 yang ada di pasaran:

  • NPK Ria Plus 15 15 15

NPK Ria Plus 15 15 15
NPK Ria Plus 15 15 15

Jenis pupuk ini merupakan sebuah pupuk yang tak jauh berbeda dengan pupuk NPK16. Perbedaan pupuk NPK15 ini hanya saja terletak pada 3 kandungan utamanya yaitu Nitrogen, Phospor dan Kalium yang selisih 1 persen saja yakni dengan total 15 persen. Jenis pupuk NPK ini sangat cocok untuk Anda para petani buah-buahan, pangan, dan holtikultura.

  • NPK Phonska 15 15 15

NPK Phonska 15 15 15
NPK Phonska 15 15 15 via Shopee

Pupuk NPK Phonska merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang diproduksi oleh Indonesia, lebih tepatnya ia diproduksi oleh sebuah BUMN bernama PT. Petrokimia Gresik. Pupuk ini merupakan jenis pupuk yang telah disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya pun begitu ramah.

Seperti jenis pupuk NPK15 pada umumnya, jenis pupuk ini juga dibekali kandungan Nitrogen, Phosfor, Kalium sebnayak 15%, serta tambahan kandungan lain seperti sulfur sebanyak 10%. Umumnya, pupuk ini memiliki bentukan seperti sebuah granul, namun berwarna merah muda.

3. Pupuk NPK 12 12 17

Pupuk NPK Mahkota 12 12 17
Pupuk NPK Mahkota 12 12 17

Apabila Anda mencari salah satu jenis pupuk NPK 12 yang terdapat di pasaran, Anda dapat memilih merek Pupuk NPK Mahkota 12 12 17. Jenis pupuk ini adalah sebuah pupuk yang dibuat khusus untuk buah sawit.

Pupuk ini mendapat rekomendasi besar dari para petani buah sawit, karena dipercaya dapat meningkatkan produktivitas buah sawit yang mereka tanaman. Pupuk ini dibekali dengan kandungan Nitrogen, Phospor dan Kalium serta tambahan zat unsur hara lainnya seperti Magnesium dan juga borat.

4. Pupuk NPK Buah TOP STAR – B 10-20-50

Pupuk NPK Buah TOP STAR - B 10-20-50
Pupuk NPK Buah TOP STAR – B 10-20-50

Ada juga pupuk NPK Buah TOP STAR – B 10-20-50 yang bisa anda jadikan sebagai nutrisi untuk tanaman buah anda. 

Pupuk ini bermafnaat untuk memacu tumbuhnya bunga dan buah. Bahkan pupuk ini juga dilengkapi dengan anti rontok. Sehingga bunga dan buah akan jadi optimal.

Pupuk ini memiliki kandungan NITROGEN (N):10% TOTAL PHOSPAT (P) : 20% TOTAL KALIUM (K2 O2) :50% Mg, B,Co,Zn,Mn,Cu, DLL HINGGA 100%

Pupuk ini juga digadang-gadang mudah diserap oleh tanaman karena 100% larut. Cara aplikasinya sangat mudah, anda cukup mencampurkan 1 gr TOP STAR plus 1 liter air kemudian semprotkan rata pada bagian daun pada pagi atau sore hari. 

4. Growmore 6-30-30 Pupuk NPK Bunga dan Buah 

Growmore 6-30-30 Pupuk NPK
Growmore 6-30-30 Pupuk NPK via Shopee

Selanjutnya, anda juga bisa mengaplikasi Growmore 6-30-30 Pupuk NPK Bunga dan Buah yang mudah diserap oleh tanaman.

Aplikasi pupuk ini juga mudah, setelah dilarutkan anda bisa langsung menyemprotkan ke tanaman atau dengan menyiramnya ke tanaman. Anda cukup melarutkan sekitar 1-2 gram dalam 1 Liter air.

Direkomendasikan untuk menyemprotkan pupuk ini ke seluruh bagian tanaman terutama bagian daunnya. Semprotlah pada pagi hari atau sore hari, lakukan secara teratur dengan selang 5 – 10 hari menurut kebutuhannya. Dosis dapat ditingkatkan jika tampak gejala difisiensi atau kemarau panjang.

5. Jimmy Hantu NPK Jago Tani

Pupuk Organik Jimmy Hantu NPK Jago Tani
Pupuk Organik Jimmy Hantu NPK Jago Tani

Pupuk NPK untuk buah dalam bentuk cair yang pertama adalah Jimmy hantu NPK jago tani yang diformulasikan dari madu, susu, sari tumbuhan alami dan organik alami yang berbentuk cream cair pekat berwarna putih susu (seperti jelly).

Pupuk ini disebut-sebut tidak memiliki kandungan zat kimia. Kandungan utama Nitrogen Phosphat Kalium (NPK) dan vitamin lengkap ini sangat cocok untuk diaplikasikan untuk semua jenis tanaman pada masa oembuahan.

Pupuk yang memiliki nama lain NPK RATU BIOGEN ini dapat merangsang tumbuhan untuk berbuah lebih baik dan lebih cepat dengan tidak merubah genetika aslinya.

Selain itu, pupuk ini juga memiliki kandungan sitokinin kinetin zeatin dan auksin, maka unsur yang menghambat pada tubuh tumbuhan akan terurai sesuai aslinya. Pupuk ini juga disebut-sebut terbebas dari bakteri patogen, salmonella, dan e-coli.

  • Pupuk organik cair
  • Pupuk hantu Jago Tani
  • Terbuat dari susu, madu, sari tumbuhan alami dan bahan organik lain
  • Berbentuk cream cair pekat berwarna putih susu, khas bau susu
  • Tidak mengandung amoniak/alkohol dan sejenisnya
  • Sangat efektif untuk segala jenis tanaman dengan hasil maksimal
  • Buah lebih banyak dan besar dengan rasa sesuai genetika aslinya

6. Pupuk NPK Cair Dewo 1 Liter Plus ZPT dan Asam Amino

Pupuk NPK Cair Dewo 1 Liter Plus ZPT dan Asam Amino
Pupuk NPK Cair Dewo 1 Liter Plus ZPT dan Asam Amino

Berikutnya, anda juga bisa menggunakan pupuk NPK cair dewo plus ZPT. Jadi dalam satu produk anda mendapatkan dua keuntungan sekaligus.

Adapun kandungan pupuk NPK cair ini berupa unsur hara Macro N:18%, P: 15,5% K: 26,5% Micro : MgO, No, Ca, Fe, S, Mn, Cu, Zn dan Boron.

Pupuk ini dirancang untuk merangsang pertumbuhan akar,daun bunga dan buah. Anda bisa mengaplikasikan pupuk ini untuk semua jenis tanaman dan penggunaannya dapat diformulasikan dengan insektisida atau fungisida.

***

Nah, itulah beberapa jenis pupuk NPK untuk buah yang dapat meningkatkan hasil panen buah-buahan. Jenis pupuk NPK untuk buah memang cukup banyak. Daftar jenis pupuk di atas kini dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk menghasilkan buah-buahan yang melimpah dan kualitasnya yang tinggi.

Baca juga: Pupuk NASA untuk Buah, Rahasia Panen Melimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *