Jenis dan Manfaat Pupuk Mikro Lengkap Terbaik

Pupuk Mikro Lengkap – Selain unsur hara makro, unsur hara mikro juga menjadi bagian yang penting bagi berbagai jenis tanaman. Unsur mikro dibutuhkan tanaman dengan kadar yang sangat sedikit. Meskipun hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun hara mikro tetap mempunyai peran yang sangat vital bagi tanaman.

Sebagian besar unsur hara mikro adalah berupa enzim-enzim atau co-enzym yang berperan pada proses sintesis dalam tubuh tanaman.

Setidaknya, terdapat 14 jenis unsur hara mikro yang kemudian terbagi menjadi 2 kategori, yaitu unsur hara essential element serta beficial element.

Jenis unsur hara essential element di antaranya adalah Boron (Bo), Copper (cu),Chlorine (Cl),  Mangan (Mn), Iron (Fe), Nikel (Ni), Molybdenum (Mo), serta Zinc (Zn).

Sementara jenis unsur hara beneficial element, yaitu  Alumunium (Al), Selenium, Cobalt, Sodium, Silicon (Si), dan Vanadium.

Jika kebutuhan akan unsur-unsur tersebut pada tanaman tidak mampu tercukupi, maka tidak jarang akan dijumpai tanaman yang pertumbuhannya terhambat dan tidak maksimal perkembangannya.

Tanah atau lahan yang terus menerus dieksploitasi untuk penanaman berbagai jenis tanaman tanpa menambahkan unsur-unsur mikro, maka lambat laun akan mengalami kemunduran.

Hal ini karena unsur hara di dalam tanah akan ikut terbawa bersama dengan tanaman ketika dipanen. Maka dari itu, tidak hanya menambahkan unsur makro saja, unsur mikropun perlu ditambahkan ketika persiapan penanaman hingga masa pemeliharaan tanaman.

Mengingat pentingnya peran unsur mikro bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, maka sudah pasti pupuk mikro perlu diberikan pada semua jenis tumbuhan yang ditanam.

Kini, petani tidak perlu bingung lagi untuk memberi asupan nutrisi unsur mikro pada tanamannya karena kini telah banyak produk pupuk mikro yang dijual di pasaran. Lantas, apa saja produk pupuk mikro lengkap yang terbaik?

Fungsi Pupuk Mikro Lengkap
Fungsi Pupuk Mikro Lengkap

Aneka Jenis Pupuk Mikro Dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Berikut ini adalah beberapa jenis pupuk mikro lengkap dengan manfaat dan keunggulannya:

1. Pupuk Mikrosil

Pupuk Mikrosil via Shiopee
Pupuk Mikrosil via Shiopee

Mikrosil adalah jenis pupuk dengan kandungan unsur-unsur mikro yang sangat lengkap dan dibutuhkan oleh tanaman. Kandungan unsur hara mikro yang terkandung di dalam pupuk Mikrosil antara lain Zn, Cu, Mo, Mn, B, Co, serta didukung oleh Fe, S,Ca, dan Mg. Bahkan, pupuk ini juga dilengkapi dengan hara makro berupa N, P, dan K.

Pupuk Mikrosil sangat dibutuhkan oleh tanaman pada masa pertumbuhan ataupun pada fase pembentukan buah dan umbi.

Meskipun dibutuhkan hanya dengan jumlah kecil, unsur mikro memiliki peran yang sangat berpengaruh terhadap proses fisiologis pada tanaman. Oleh karena itu, unsur mikro memiliki peran esensial dalam proses pertumbuhan hingga perkembangan tanaman.

Manfaat pupuk Mikrosil antara lain:

  • Menyehatkan proses pertumbuhan tanaman dengan perannya sebagai katalisator pada pembentukan organ-organ tanaman.
  • Mempercepat terjadinya pembungaan serta pembuahan. Hal ini karena unsur mikro di dalamnya mampu berperan menjadi perangsang pembentukan bunga.
  • Meningkatkan produktivitas tanaman. Unsur mikro berperan menjadi pengendali pada proses pengisian hingga penuaan buah atau biji.
  • Meningkatkan kualitas panen karena pengisian buah atau lebih sempurna. Peningkatan kualitas meliputi rasa, warna, bobot, hingga ketahanan masa simpan.

2. Pupuk Meroke Fitoflex

Pupuk Meroke Fitoflex via Tokopedia
Pupuk Meroke Fitoflex via Tokopedia

Meroke Fitoflex adalah jenis pupuk mikro majemuk yang diproduksi oleh PT. Meroke Tetap Jaya. Pupuk mikro berkualitas tinggi ini mengandung unsur hara sangat lengkap yang dibutuhkan oleh semua jenis tanaman.

Pupuk Meroke Fitoflek diformulasikan khusus menggunakan bahan baku terbaik dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan tanah dan tanaman, sehingga membuat pertumbuhan tanaman lebih optimal.

Pupuk Meroke Fitoflex memiliki bentuk powder atau serbuk yang sangat mudah larut serta mudah diserap oleh tanaman. Pupuk ini cocok diaplikasikan pada tanaman hortikultura, seperti tanaman buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman pangan, hingga tanaman perkebunan.

Kandungan unsur hara di dalamnya antara lain berupa 2% Boron (B), 2,5% Besi (Fe), 7% Mangan (Mn), 0,1% Molybdenum (Mo), 5% Zinc (Zn), serta 2% Tembaga (Cu).

Manfaat Pupuk Meroke Fitoflex antara lain:

  • Meningkatkan pertumbuhan tanaman secara sehat.
  • Merangsang proses pertumbuhan bunga, buah, biji, dan germinasi serbuk sari.
  • Mengatasi masalah kekurangan unsur Cu, B, Fe, Mo, Mn, serta Zn yang merupakan faktor penghambat pada proses peningkatan kualitas serta hasil produksi panen tanaman.
  • Menjadi pupuk daun dengan perannya yang bisa membantu proses fotosintesis.
  • Mengatur transportasi air dan zat hara pada tubuh tanaman.
  • Membantu proses perkembangan akar tanaman.
  • Menjaga proses sintesis lignin yang mengatur kekuatan tunas serta batang.
  • Memaksimalkan produktivitas tanaman dalam jangka panjang.
  • Meningkatkan kualitas buah atau umbi hasil panen, baik warna, rasa, jumlah, ukuran, hingga ketahanan daya simpannya.

Keuntungan Pupuk Meroke Fitoflex antara lain:

  • Mudah larut di dalam air, sehingga mudah diserap tanaman.
  • Mengandung berbagai jenis unsur hara mikro yang sangat lengkap, sehingga bisa mendukung pertumbuhan tanaman agar lebih optimal.
  • Mencukupi unsur hara mikro yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga bisa mendorong peningkatan kualitas produksi hasil panen.
  • Sangat aman diaplikasikan bersamaan dengan penggunaan insektisida, pestisida, fungisida, hingga jenis pupuk lainnya.

3. Pupuk Zinc Sulfate

Pupuk Zinc Sulfate
Pupuk Zinc Sulfate via Sumberplastik

Pupuk Zinc Sulfate adalah pupuk mikro dengan kandungan utama berupa 36% Zn dan 14% S.Zinc sulfate adalah senyawa anorganik yang bersifat mudah larut dalam air dengan bentuk granular atau butiran.

Zinc Sulfate dapat diaplikasikan pada tanah rendah Zinc guna memenuhi kebutuhan tanaman akan kebutuhan unsur mikro Zinc.

Unsur hara mikro Zinc (Zn)berperan dalam proses metabolisme serta pembentukan enzim pada tanaman. Apabila mengalami kekurangan hara Zn, maka daun tua pada tanaman akan tampak dipenuhi bintik-bintik berwarna cokelat atau kuning.

Akibatnya, tanaman menjadi sangat sulit untuk mencapai potensi secara maksimal karena vegetatif dan generatif pertumbuhannya terganggu.

Zinc juga menjadi elemen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman kelapa sawit. Meskipun dibutuhkan dengan jumlah yang tidak banyak, namun Zinc  dapat menjadi pembatas pada pertumbuhan tanaman kelapa sawit. Dengan beragam manfaat dari elemen zinc, maka menjadikan pupuk Zinc Sulfate sebagai pupuk kelapa sawit terbaik saat ini.

Kekurangan unsur Zinc dapat membatasi proses pertumbuhan tanaman. Hal ini bisa terjadi saat kandungan unsur Zinc dalam tanah rendah  dan kondisi tanah miskin unsur hara mikro. Contohnya ketika tanaman terendam secara terus menerus, sehingga akan mencegah unsur Zinc tersedia bagi tanaman.

Pada kasus demikian, maka unsur Zinc sangat perlu ditambahkan ke dalam tanah. Selain itu, jenis unsur hara lain juga perlu untuk ditambahkan ke tanah dengan jumlah yang seimbang.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa respons tanaman bagus terhadap aplikasi pupuk dari pupuk Zinc. Selain itu, cara ini juga akan semakin meningkatkan kesehatan serta produktivitas tanaman.

***

Pupuk makro dapat diibaratkan menjadi nasi yang merupakan sumber karbohidrat utama bagi manusia. Oleh karena itu, pupuk makro wajib tersedia dengan jumlah besar karena dikonsumsi menjadi makanan utama.

Sementara itu, pupuk mikro diibaratkan sebagai vitamin, yaitu meski dibutuhkan hanya dalam jumlah kecil, namun memiliki peran sangat penting untuk menjaga keseimbangan proses metabolisme pada tanaman. Bahkan, pupuk mikro juga telah terbukti kemampuannya dalam meningkatkan produktivitas tanaman.

Simak juga: Dosis dan Cara Aplikasi Pupuk Ultradap yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *