Jenis dan Makanan Burung Mantenan

Makanan Burung Mantenan – Bagi para pecinta burung yang telah lumayan lama, burung Sepah atau yang lebih dikenal orang Jawa sebagai Mantenan ini merupakan jenis burung yang tak asing lagi. Karakternya yang unik membuatnya banyak digandrungi oleh para kicau mania di Indonesia.

Selain ahli berkicau, burung ini juga cenderung membutuhkan perlakuan yang sederhana, baik dari segi perawatan ataupun makanan burung Mantenan sendiri sehingga tak sulit dalam memeliharanya.

Selain mudah dalam hal perawatan dan pakan, burung Mantenan juga dikenal memiliki bandol harga yang variatif sehingga bisa menyesuaikan isi kantong, mulai dari 70 ribuan hingga 500 ribuan, tergantung kemampuan kicau yang dimilikinya. Karena keahlian kicau dengan ciri khas variatif, burung ini banyak dijadikan masteran bagi burung jenis yang berbeda lainnya.

Makanan Burung Mantenan
Makanan Burung Mantenan

Jenis Burung Mantenan

Walaupun terkenal bagus, anda harus jeli dalam menentukan burung Mantenan yang akan dipilih karena masing-masing jenis memiliki kemampuan karakter yang berbeda. Secara garis besar, ada 4 jenis burung Mantenan yang ada di pasaran yakni Mantenan kecil, Mantenan gunung, Mantenan hutan, dan Mantenan dagu kelabu.

Jenis burung Mantenan kecil merupakan jenis yang memang memiliki tubuh paling mungil diantara keempatnya. Warna bulunya ditandai dengan warna khas oranye tegas di beberapa bagian dengan kombinasi hitam di wilayah kepala.

Selanjutnya, ada Mantenan gunung yang yang memiliki ukuran lebih panjang dibanding Mantenan kecil. Sesuai namanya, burung ini memiliki habitat di gunung dengan ciri khas suara keras.

Selain memiliki habitat di gunung, burung Mantenan jenis lain juga menghuni wilayah hutan. Burung yang memiliki nama Mantentan hutan sesuai dengan habitatnya tersebut memiliki ciri khas bulu biru dengan kombinasi warna merah untuk jenis pejantan, sedang burung betina memiliki warna kuning berkombinasi hitam.

Terakhir, jenis Mantenan berdagu kelabu memiliki ukuran tubuh sekitar 17 cm dengan warna khas di bagian tenggorokan kelabu untuk pejantan dan kuning untuk yang betina.

Artikel terkait: Kombinasi Makanan Burung Betet yang Baik

Makanan Burung Mantenan

Selain karena jenis dari burung Mantenan sendiri, keindahan kicauan juga ditentukan oleh faktor lain yang tak kalah penting yakni pakannya. Secara keseluruhan, makanan burung Mantenan dari berbagai jenis tersebut memiliki kesamaan. Jadi tidak terlalu sulit memenuhi nutrisinya terlepas dari jenis apapun burung yang sedang anda pelihara.

Kroto

Pakan pertama yang bagus untuk diberikan yaitu kroto segar. Pakan ini mensuplai kebutuhan energi yang cukup agar burung semakin berstamina untuk menghasilkan kicauan dan membantu terjadinya proses mabung pada Mantenan yang sedang tumbuh. Pola pemberian pakannya bisa diberikan setiap hari dengan takaran tak lebih dari 1 sendok teh saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari over birahi akibat kelebihan kroto.

Ulat Hongkong

Pakan alternatif selanjutnya yang bisa diberikan yakni ulat hongkong. Jenis ulat ini menjadi pakan yang digemari oleh burung Mantenan karena merupakan pakan alaminya saat berada di alam. Pemberian ulat hongkong bisa dilakukan sebanyak 5 kali dalam seminggu untuk mencukupi asupan protein yang dibutuhkan. Tak susah mencapi pakan jenis ini karena telah banyak dijual di toko pakan burung sekitar.

Buah Segar

Selain memakan serangga dan ulat, burung Mantenan juga dikenal sebagai pemakan buah. Makanan burung Mantenan berupa buah-buahan ini sebaiknya diberikan sebagai makanan pokok tiap harinya karena kaya akan vitamin dan kandungan bermanfaat lain untuk menjaga kesehatan si burung dari paparan penyakit.

Untuk jenis buahnya sendiri, anda bisa berikan buah-buahan yang memiliki daging lunak seperti pepaya, pisang, dan beberapa jenis buah lain.

Tips Perawatan Burung Mantenan Supaya Gacor

Selain pemberian pakan di atas, sebaiknya anda juga merawat burung ini secara intensif agar tetap sehat dan rajin gacor. Berikut ini beberapa tips perawatan burug mantenan yang sebaiknya anda lakukan:

Memandikan Burung mantenan

Tips perawatan yang pertama adalah dengan memandikan burung. Memandikan burung mantenan ini bermanfaat untuk menjaga agar burung tetap bugar, menghilangkan kutu dan bakteri bibit penyakit yang mungkin timbul.

Sebaiknya anda memandikan burung mantenan ini rutin setiap hari dengan menggunakan penyemprot atau dengan air mengalir sambil dipegang dan lain sebagainya.

Mandikan burung setiap pagi pada pukul 07.00 pagi, maka sebelumnya di angin-anginkan terlebih dahulu untuk menyesuaikan suhu tubuh burung dengan suhu di luar.

Pemberian Pakan

Sebaiknya anda memberikan pakan burung ini dengan gizi seimbang. Anda bisa memberikan pakan jangkrik 5 buah perminggu, satu sendok the kroto setiap hari dan buah-buahan.

Memasteran Burung Mantenan

Perawatan burung matenan yang terakhir adalah dengan memasterkan burung ini. Nah, setelah anda selesai memandikan burung ini sekitar 1 atau 2 jam maka lakukanlah pemasteran dengan cara memperdengarkan suara kicauan yang berkualitas sehingga dapat di tirunya untuk menambah kemampuan kicaunnya dan setelah itu di angin-anginkan kembali hingga malam hari setelah pemasteran.

***

Demikianlah ulasan mengenai jenis dan makanan burung Mantenan yang bisa kami ulas untuk anda. Semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan juga: Jenis Makanan Burung Perkutut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *