Update! Harga Burung Puyuh Terbaru 2018 di Pasaran

Harga Burung Puyuh – Burung memang terkenal sebagai hewan yang banyak dijadikan peliharaan, terlepas itu untuk dijadikan burung hias, burung kicau, hingga burung yang dimanfaatkan daging serta telurnya.

Untuk jenis burung pada kategori terakhir, burung Puyuh merupakan jenis burung yang tak asing lagi di telinga kebanyakan orang. Burung yang memiliki ukuran kecil ini banyak dimanfaatkan oleh peternak sebagai burung petelur dan juga pedaging.

Mengingat burung ini hanya dimanfaatkan telur dan dagingnya saja, bukan dari segi nilai keindahan bulu ataupun kicauan, tak ayal harga burung Puyuh ini cenderung lumayan murah di pasarannya.

Meski memiliki sebutan burung, unggas berukuran kecil ini tidak memiliki kemampuan untuk terbang dan hanya mengandalkan gerakan berlari gesit jarak pendek untuk menghindari pemangsanya dan berburu makanan. Burung Puyuh sendiri dalam penanganan pemeliharaannya lebih mirip seperti bebek dan ayam daripada burung hias atau kicauan. Dengan menjadikannya dalam satu kandang untuk jumlah yang banyak.

Secara tampilan fisik, burung yang dalam bahasa latin disebut dengan Coturnix ini memiliki ukuran mirip dengan anak ayam yang telah berusia 3 hingga 4 bulan.

Pada jenis Puyuh kebanyakan, tubuhnya dibalut oleh bulu-bulu berwarna kecokelatan. Serta perawakan, tubuh burung Puyuh terlihat gempal dan membulat dengan leher yang terlihat pendek. Karena ukuran kecilnya tersebut, daging burung Puyuh memiliki citarasa khas yang terbilang lebih gurih dibandingkan dengan ayam negeri. Tak heran, daging burung bisa divariasikan menjadi berbagai macam hidangan layaknya telurnya.

Harga Burung Puyuh
Harga Burung Puyuh

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Kakatua Terbaru

Jenis dan Harga Burung Puyuh Terbaru

Nah, bagi anda yang memiliki keinginan dan tertarik untuk menggeluti bisnis ternak burung Puyuh, pengetahuan akan jenis dan harga burung Puyuh di pasarannya saat ini merupakan hal yang penting. Untuk sedikit membantu anda dalam memberikan informasi mengenai burung pedaging dan petelur mungil ini, berikut SentraBudidaya sajikan ulasan singkatnya:

Burung Puyuh Per Ekor

Untuk anda yang masih mencoba-coba beternak burung puyuh, pemeliharaan dalam jumlah kecil bisa jadi sarana untuk uji coba yang bagus. Anda bisa membeli burung Puyuh dengan harga per ekornya sekitar 15 ribu hingga 25 ribu tergantung ukuran dan jenisnya. Pada umunya, pembelian dalam jumlah tertentu atau banyak akan dihargai lebih murah.

Burung Puyuh Petelur

Untuk yang ingin berbisnis telur burung Puyuh, ada dua jenis burung Puyuh petelur yang secara umum dijual. Pertama yakni burung petelur yang usianya masih mudah dan termasuk ke dalam kategori Puyuh bibitan untuk nantinya bisa menghasilkan telur, harganya sendiri sekitar 10 ribu hingga 30 ribuan tergantung ukuran dan usia.

Sementara untuk burung petelur yang memasuki usia siap bertelur dan masih memilki jangka bertelur panjang, harga burung Puyuh ini sekitar 20 hingga 25 ribuan.

Burung Puyuh Dewasa

Burung Puyuh dewasa merupakan jenis yang telah memasuki masa siap panen dimana ukuran tubuhnya cukup besar dan telah siap diambil dagingnya untuk dijual. Jenis Puyuh yang telah berusia dewasa ini biasanya memiliki kisaran harga sekitar 20 hingga 25 ribuan di pasarannya.

Burung Puyuh Jantan

Tak selayaknya jenis burung kicau atau hias yang kebanyakan jantan memiliki harga lebih tinggi karena lebih menarik, burung Puyuh pada umumnya memiliki harga yang cenderung lebih murah untuk jenis jantan. Hal ini lumrah, mengingat burung Puyuh pejantan tak memiliki kemampuan untuk bertelur layaknya betina dan biasanya diambil untuk dagingnya saja. Untuk harga burung Puyuh jantan sendiri dihargai sekitar 15 ribuan saja.

****

Demikianlah ulasan mengenai daftar harga burung puyuh terbaru yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Dara Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *