Jenis dan Harga Burung Murai Terbaru 2018

Harga Burung Murai – Jika berbicara mengenai burung kicau berkualitas, burung Murai pastinya menjadi salah satu yang tak bisa luput dari penadangan banyak para penggemar dan penghobi burung.

Suara yang merdu dan bermelodi indah tentu akan membuat banyak telinga jatuh cinta dan terpukau akan kemampuan burung satu ini. Terlebih burung ini memiliki ciri khas khusus yakni terlihat seolah-olah sedang teler ketika berkicau.

Kenunikan dan kemampuan kicauan inilah yang membuat harga burung Murai dibandrol lumyan tinggi di pasaran.

Disamping kicauan burung Murai yang mengagumkan, burung ini juga memiliki tampilan tubuh dengan warna yang cukup eksotis. Warna hitam kebiruan berpadu dengan jingga di bagian bawah serta dada membuatnya nampak elegan dengan ekor menjuntai panjang.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Cililin Terbaru

Faktor terakhir yang mendongkrak harga Murai di pasaran yaitu ketersediaanya yang kini sudah mulai sulit ditemui dan tergolong menjadi satwa langka.

Harga Burung Murai
Harga Burung Murai

Jenis dan Harga Burung Murai Terbaru

Untuk anda yang berniat menjadikan burung Murai sebagai burung kicau serta hias peliharaan, berikut Sentrabudidaya akan bahas mengenai jenis dan harga burung Murai agar anda dapat menentukan estimasi harga nantinya saat bertransaksi:

Burung Murai Medan

Murai Medan merupakan salah satu jenis Murai yang laumayan banyak menjadi incaran para pecinta burung. Dari segi tampilan, burung ini memiliki perawakan yang anggun dengan juntaian ekor yang mampu mencapai hingga panjang 30 cm.

Kicauan yang dimiliki Murai jenis ini juga lumayan energik menghasilkan suara melengking nan keras. Bagi yang tertarik, Murai medan dibandrol dengan harga 700 ribuan untuk burung anakan, sedang yang telah dewasa lebih mahal hingga 1,3 jutaan.

Burung Murai Medan via hargaburung
Burung Murai Medan via hargaburung

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Cucak Rowo Terbaru

Burung Murai Lampung

Jenis lain yang mengisi jagat burung kicau dari jenis Murai yaitu Murai Lampung. Jenis ini memiliki perbedaan ukuran fisik yang lumayan signifikan sehingga menjadikannya nampak lebih mungil yakni sekitar 12 sampai 18 cm.

Meski terbilang mungil, kemampuan burung ini tak bisa diremehkan begitu saja. Kemampuan Murai Lampung dalam menirukan suara burung lain menjadikannya burung kicauan yang lumayan memikat hati.

Harga yang dipatok untuk Murai jenis ini bervariasi yakni sekitar 1 jutaan untuk burung calon dan 1,5 – 1,7 jutaan untuk burung yang telah berumur.

Burung Murai Batu Lampung via hargaburung
Burung Murai Batu Lampung via hargaburung

Burung Murai Nias

Tak jauh berbeda dengan Murai Lampung, jenis Murai Nias juga tak kalah dalam hal imitasi suara kicauan. Poin lain yang menjadikannya terlihat lebih memikat yakni tampilan bulunya yang elegan. Untuk bisa membawanya pulang, anda perlu merogoh kocek sekitar 1,2 hingga 1,4 jutaan untuk burung yang telah menginjak usia dewasa.

Burung Murai Batu Nias via masteranburung
Burung Murai Batu Nias via masteranburung

Burung Murai Borneo

Jenis Murai satu ini bisa ditemui di hutan Kalimantan. Burung ini banyak dikenal dengan sifat gesit dan cerdas dalam menirukan berbagai suara kicauan. Harga burung Murai yang memiliki ukuran relatif kecil sekitar 13 cm ini dibandrol sekiar 600 ribuan.

Burung Murai Batu Kalimantan via omicau
Burung Murai Batu Kalimantan via omicau

Burung Murai Aceh

Dari bagian paling barat nusantara, Murai Aceh menjadi salah satu satwa khas dengan produksi kicauan yang sangat tinggi. Identitas lain dari Murai Aceh yakni ekor lengkung panjang yang mampu mencapai 30 cm membuat sosoknya nampak kian anggun. Tak mengherankan jika banrol Murai jenis ini lumayan tinggi yaitu sekitar nominal 1,5 – 2 jutaan.

Burung Murai Batu Aceh via abangkicaumania
Burung Murai Batu Aceh via abangkicaumania

Burung Murai Papua

Beralih ke bagian paling timur Indonesia, Papua memiliki sebuah burung Murai khas dengan warna gelap menyelimuti seluruh tubuhnya. Warna monotone pada burung ini tetap menjadikannya elegan.

Untuk soal kicauan, Murai Papua tergolong burung dengan stamina kuat yang mampu membuat kicauannya enerjik bertahan dengan durasi lebih panjang. Harganya sendiri lumayan tinggi dengan bandrol lebih dari 2 jutaan.

Burung Murai Batu Papua via jalaksuren
Burung Murai Batu Papua via jalaksuren

Burung Murai Air

Jenis terakhir berikut merupakan jenis yang terbilang memiliki bandrol harga paling murah dibanding dengan varian lain. Harga burung Murai air dibandrol mulai rentang 250 ribuan saja. Meski lebih terjangkau, burung dengan warna hitam pucat ini tetap tergolong Murai yang gesit dan memiliki stamina kicauan yang bagus.

Burung Murai Batu Air via burungcantik
Burung Murai Batu Air via burungcantik

Simak juga: Jenis dan Harga Burung Gelatik Terbaru Lengkap!

Daftar Harga Burung Murai Terbaru

Untuk lebih jelasnya berikut kami rangkum daftar harga murai batu terbaru dalam bentuk tabel:

NO. JENIS MURAI HARGA
1. Murai Batu Air 250.000
2. Murai Batu Medan Hutan (Dewasa) 1.400.000
3. Murai Batu Kalimantan (Borneo) 750.000
4. Murai Batu Medan Hutan (Trotolan Jantan) 2.200.000
5. Murai Batu Nias Hutan Ekor Hitam (Dewasa) 1.300.000
6. Murai Batu Aceh Hutan (Trotolan Jantan) 2.350.000
7. Murai Batu Aceh Hutan (Dewasa) 1.600.000
8. Murai Batu Nias Ekor Hitam (Trotolan) 1.550.000
9. Murai Batu Nias (Trotolan) 1.300.000
10. Murai Batu Sudah Jadi 3.000.000

Untuk jenis lain, mungkin anda juga bisa menemuianya di pasaran, untuk kisaran harganya juga dalam kisaran di atas, sesuai dengan gacornya, semakin jos gandos bunyinya, maka harga pasarannya juga pasti akan semakin tinggi.

Nah, kira-kira anda akan membawa pulang burung murai batu jenis apa? Silahkan anda sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Demikianlah ulasan seputar harga burung murai batu terbaru dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda ya soba kicau mania. Artikel terkait: Jenis & Harga Burung Sikatan Londo Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *