Jenis dan Harga Burung Macaw Terbaru 2018

Harga Burung Macaw – Burung hias peliharaan memang sangat beragam jenisnya. Meski spesies burung hias dalam negeri sudah begitu banyak dan beragam, hal tersebut tak akan pernah menyurutkan minat pasar akan burung hias impor, salah satunya burung Macaw.

Burung yang memang telah lama populer di kalangan penghobi burung hias ini memang memiliki corak warna yang cerah mencolok dengan perpaduan warna begitu cantik dipandang. Tak heran jika harga burung Macaw memang terkenal mahal dan berharga tinggi karena banyaknya permintaan pasar akan burung hias cantik satu ini.

Cek juga yuk: Jenis dan Harga Burung Kepodang Terbaru

Karena tingginya bandrol harga yang dimiliki, burung Macaw identik dengan burung peliharaan para penghobi burung yang memiliki kelas ekonomi menengah ke atas.

Buakn tanpa alasan memang stigma ini berkembang di masyarakat, pasalnya harga pasaran burung ini rata-rata berada pada rentang harga 3 jutaan hingga lebih. Hal ini lah yang membuatnya semakin istimewa dan memiliki prestige bagi yang memilikinya di kalangan para pecinta burung.

Burung berbulu cantik ini sebenarnya merupakan fauna asli dari daratan Amerika, lebih tepatnya di bagian Amerika Selatan, dengan hutan Amazon sebagai habitat asli mereka dan tempat ribuan spesies burung Macaw tinggal.

Bahkan saking identiknya burung ini dengan habitat mereka, beberapa suku Indian yang hidup disekitarnya menjadikan burung ini sebagai perlambang atau simbol semenjak dahulu.

Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Murai Terbaru

Seiring dengan berjalannya waktu, kini berbagai spesies burung Macaw mengalami penyusutan dari segi jumlah populasinya. Hal banyak dipengaruhi oleh adanya perdagangan burung Macaw secara bebas oleh oknum-oknum pemburu yang tak bertanggungjawab dengan mengeksploitasinya secara berlebihan.

Lagi-lagi, kelangkaan semacam inilah yang mengakibatkan melonjaknya harga Macaw dipasaran tak dapat dielakan lagi.

Harga Burung Macaw Terbaru
Harga Burung Macaw Terbaru

Harga Burung Macaw Terbaru

Bagi anda yang merasa jatuh hati dengan penampilan burung ini dan berniat untuk menjadikannya peliharaan di rumah anda, berikut Sentrabudidaya ulas secara singkat mengenai jenis dan harga burung Macaw agar jadi bahan pertimbangan sebelum anda membeli nantinya, silahkan disimak.

African Grey Scarlet Macaw

Jenis ini merupakan jenis burung Macaw yang paling populer dipelihara. Daya tarik utamanya berada pada keindahan bulunya yang memiliki waran mencolok, mulai dari merah menyala di bagian kepala, dengan perpaduan kuning dan biru pada bagian sayap. Burung ini kerap dijadikan binatang pertunjukan di kebun binatang ataupun tempat rekreasi karena kepintaran dan mudah dijinakkan.

Untuk harganya, burung ini dipatok berdasarkan umur. Harga burung Macaw jenis African Grey Scarlet yang berumur 5 bulan sekitar 2,5 juta per pasang sedang yang sudah 7 bulan sekitar 2,9 juta per pasang. Untuk yang ingin membeli per ekor, burung ini dihargai sekitar 3,5 juta untuk yang telah berumur 9 bulan, 5 juta untuk umur 11 bulan, dan 1 tahun ke atas dihargai hingga 7 jutaan.

Green Winged Macaw

Jenis Macaw selanjutnya dijuluki Green Winged Macaw karena memiliki pola strip hijau di bagian sayapnya. Sekilas, penampakan burung ini memang terlihat seperti Scarlet Macaw dengan warna-warna cerahnya. Siklus reproduksi yang lambat dan menipisnya populasi burung ini, menjadi faktor kelangkaannya di pasaran. Harga burung ini sendiri dibanrol kisaran 8 jutaan untuk satu ekornya.

Green Winged Macaw via Wikipedia
Green Winged Macaw via Wikipedia

Macaw Blue and Gold

Burung Macaw terakhir ini tak kalah populer dan cantik ketimbang dua jenis di atas. Dengan perpaduan warna biru langit yang mendominasi tubuhnya serta sedikit sentuhan kuning di bagian tubuh bawah, burung ini banyak jadi pengisi di pet shop kota besar ataupun pasar burung. Harga burung Macaw Blue and Gold ini ditaksir sekitar 5 jutaan per ekor.

Harga Burung Macaw Blue & Gold
Harga Burung Macaw Blue & Gold

Noble Macaw

Noble macaw termasuk jenis yang memiliki ukuran tubuh yang mungil, hanya sekitar 30 cm saja. Untuk warna variasinya hanya ada sedikit merah pada bagian sayapnya. Anda bisa membeli burung noble macaw ini dengan harga sekitar 4 juta rupiah. Harga tersebut bisa saja berbeda pada masing-masing daerahnya, sesuai dengan kondisi fisik, kelamin, dan usianya.

Yellow Collared Macaw

Selanjutnya, anda juga bisa memiliki burung yellow collared macaw yang cirinya nampak warna kuning pada bagian belakang burung ini. Untuk warna yang paling mendominasi macaw yellow collared adalah hijau keseluruhan tubuh macaw ini.

Anda akan mudah untuk mengenali burung ini karena pada wajahnya, warna kepala hitam dan depannya punya warna putih.

Untuk jenis burung yellow collared macaw ini sangat cocok untuk anda pelihara karena sangat friendly dengan majikannya, mudah kenal dengan empunya.

Untuk memiliki burung macaw ini anda harus menyiapkan budget sekitar 5 juta rupiah dengan usia sedang.

Millitary Macaw

Jenis burung macaw selanjutnya adalah military macaw. Wah, namanya agak sangat gitu ya, burung macaw militer. Dinamai demikian karena memang wajah burung ini terlihat gagah dan tegas bak komandan yang sedang memimpin pasukannya.

Dari kenampakannya, anda bisa mengenali burung ini dimana kepalanya berukuran lebih panjang dan juga punya bulu merah yang terdapat di pipinya. Harga brung jenis ini yaitu sekitar 4 jutaan, tergantung kondisi burung tersebut.

Severa Macaw

Burung severa macaw ini merip dengan burung macaw millitary, hanya saja burung severa macaw ini memiliki jambul dengan warna hijau, sedangkan macaw millitary punya jambul merah.

Dengan warna yang cerah namun variannya tidak terlalu banyak dan terkesan masih kalah dengan macaw jenis scarlet. Nah, memiliki severa macaw ini anda harus merogoh kocek sebesar 5 juta sampai 10 juta rupiah untuk usia menjelang dewasa.

IIIiger’s Macaw

Jenis burung macaw berikutnya ini berukuran lebih kecil yakni berkisar antara 43 cm saja. Untuk burung macaw yang satu ini memang kurang diminati, sebab warna yang dimilikinya monoton dan tidak punya varian warna yang banyak.

Harga sesuai dengan kualitas dimana wajahnya tidak berwarna cerah, cenderung lebih gelap dan murung. Untuk harganya pun hanya mulai dari harga 1 juta rupiah saja.

Hyancinth Macaw

Jenis burung macaw yang terakhir dari kami adalah hyancinth macaw yang mungkin cukup familiar untuk anda. Untuk macaw jenis ini memang terbilang langka karena sulit mencarinya di alam, dan banyak penernak juga gagal bertelur sehingga semakin langka. Harganya pun sangat mahal, bisa mencapai puluhan juta rupiah.

***

Demikianlah ulasan seputar harga burung macaw terbaru dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semua ya

Artikel terkait: Update! Harga Burung Jalak Putih Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *