Jenis dan Harga Burung Kakatua Terbaru

Harga Burung Kakatua – Kepopuleran Kakaktua di kalangan penghobi dan pecinta burung memang sudah tak perlu di pertanyakan lagi. Terlebih lagi, burung ini juga memiliki kecerdasan rata-rata yang berada di atas spesies burung peliharaan lainnya dengan berbagai tingkah polahnya yang menggemaskan.

Selain cerdas, bentuk tubuh dan perawakan kakatua memang terlihat cantik sehingga banyak yang menjadikannya sebagai burung hias di rumahnya. Karena beragam kelebihan yang dimilikinya, tak heran harga burung kakatua lumayan mahal lebih dari 1 jutaan.

Burung yang masuk ke dalam keluarga Cacatuidae ini memiliki ciri khas dari bentuk paruhnya yang melengkung, layaknya spesies burung paruh bengkok lain yang memiliki tingkat inteligensi lebih.

Paruh ini juga menunjukkan jika Kakatua memakan biji-bijian sebagai asupan utamanya. Kecerdasan yang dimiliki Kakatua inilah yang menjadikannya acapkali dijadikan sebagai bahan pertunjukan hiburan untuk mengisi beberapa taman satwa.

Kelebihan akan inteligensi yang dimiliki ini tak jarang menjadi bumerang bagi spesies kakatua sendiri, dimana pihak yang tak bertanggung jawab mencoba mengeksploitasi burung jenis ini secara berlebihan.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah Indonesia saat ini memberi larangan keras terhadap berbagai aktivitas yang bisa membuat populasi Kakatua terancam dan untuk pihak yang ingin memeliharanya harus memiliki surat ijin resmi.

Daftar Harga Burung KakatuaTerbaru

Kalau anda tertarik dengan burung satu ini, tak hanya ijin saja yang perlu dipahami namun juga mengenai jenis dan harga burung Kakatua di pasaran juga lumayan penting agar anda dapat memilih Kakatua terbaik dengan harga rasional.

Berikut ini harga selengkapnya:

Kakatua Jambul Kuning

Harga Burung Kakatua Jambul Kuning
Harga Burung Kakatua Jambul Kuning

Burung Kakatua yang berasal dari pulau Sumba ini memiliki ciri khas sebagai pembeda dengan jenis lain yakni berupa jambul berwarna kekuningan di bagian kepala dan bulu di area sekitar telinga yang juga kuning.

Untuk bagian tubuh lain, Kakatua Jambul Kuning tak memiliki perbedaan mencolok yakni dengan warna bulu putih dan sedikit kuning kepucatan pada bagian kedua sayap. Harganya sendiri ditaksir sekitar 2,5 jutaan di pasaran.

Simak juga yuk: Harga Burung Kutilang Terbaru Berbagai Jenis!

Kakatua Maluku

Burung Kakatua Maluku

Beralih ke jenis kedua, burung Kakatua khas Maluku ini memiliki tampilan yang cenderung biasa, tak heran jika bandrol harganya hanya sekitar 1,5 jutaan. Burung jenis ini memiliki bulu putih pada keseluruhan tubuh dan perawakan besar dengan ukuran hingga 53cm.

Kakatua Putih

Selaras dengan namanya, jenis Kakatua ini memiliki bulu indah warna putih cerah bak kapas yang menyelimuti keseluruhan tubuhnya, dengan sedikit sentuhan gradasi kekuningan di bagian pangkal ekor. Jenis Kakatua yang memiliki masa hidup hingga 50-60 tahunan ini dibandrol seharga 3 jutaan.

Kakatua Raja Hitam

Burung Kakatua Raja Hitam
Burung Kakatua Raja Hitam

Dari sekian jenis, Kakatua Raja Hitam bisa dibilang jenis Kakatua dengan penampakan yang elegan dan eksotis. Burung ini memiliki bulu warna hitam yang menyelimuti seluruh tubuh kecuali bagian pipi yang berwarna merah tua.

Tak hanya itu, kegagahannya juga dipertegas dengan rumbai jambul panjang yang berada di bagian kepala bak mahkota. Bukan hal yang mengherankan jika harga burung Kakatua Raja Hitam ini bisa mencapai 4 jutaan karena eksotisme yang dimilikinya.

Kakatua Rawa

Burung Kakatua Rawa
Burung Kakatua Rawa

Jenis Kakatua ini banyak ditemukan di area rawa sekitar Papua. Meski memiliki habitat di daerah rawa, Kakatua jenis ini memiliki tubuh putih bersih dengan bulatan kecoklatan di sekitar mata. Ukurannya sendiri tergolong sedang yakni sekitar 35 hingga 41 cm. Jenis Kakatua ini dapat ditebus dengan harga sekitar 2 jutaan.

Kakatua Tanimbar atau Gofin

Burung Kakatua Tanimbar
Burung Kakatua Tanimbar

Kakatua terakhir berikut merupakan jenis Kakatua bertubuh kecil yang berasal dari pulau Tanimbar, Maluku. Meski terbilang memiliki fisik kecil sekitar 30 cm dan bobot sekitar 250 gram, Kakatua Gofin dibandrol dengan harga lumayan tinggi. Mungkin karena fisik mungil dan bentuknya yang lucu, membuat harga burung Kakatua Gofin melambung hingga 3 jutaan.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Nuri Terbaru Lengkap

Daftar Harga Burung Kakatua Terbaru

Berikut Sentrabudidaya rangkum daftar harga burung kakatua dalam bentuk tabel agar lebih memudahkan anda mebandingkannya:

Jenis Burung

Harga

Burung kakatua maluku Rp. 1.500.000
Burung kakatua sanguinea Rp. 2.500.000
Burung kakatua rawa Rp. 2.000.000
Burung kakatua goffin Rp. 3.000.000
Burung kakatua jambul kuning Rp. 2.500.000
Burung kakatua raja hitam Rp. 4.000.000
Burung kakatua putih Rp. 3.000.000
Burung kakatua mini jambul kuning Rp. 2.000.000
Burung kakatua goffin Sudah jinak Rp. 3,000,000
Burung kakaktua jambulAnakan umur 5 bulan Rp. 1,500,000
Burung kakaktua Indukan sepasang Rp. 4,000,000

***

Demikianlah ulasan mengenai harga burung kakatua terbaru dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semua. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Wambi Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *