Jenis dan Harga Burung Gelatik Terbaru Lengkap!

Harga Burung Gelatik – Dari sekian banyak jenis burung kicau Indonesia yang memiliki suara kicau merdu, burung Gelatik merupakan salah satu yang pantas diperhitungkan. Tak jarang, banyak orang yang jatuh hati pada burung berukuran lumayan kecil yang memiliki suara gacoran variatif yang begitu enak didengarkan ini.

Bukan hal yang mengherankan jika burung jenis ini banyak dijadikan masteran bagi burung lain ataupun sekedar sebagai pengisi suasana agar keheningan rumah berkurang. Oleh karena itu, wajar saja kalau harga burung Gelatik yang cukup tinggi di pasaran ini banyak diserbu oleh peminatnya.

Di pasaran, harga untuk burung Gelatik sendiri sangat ditentukan oleh faktor jenis kelaminnya, dimana jenis pejantan memiliki harga yang terpaut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Gelatik betina. Terdapat alasan mendasar dibalik perbedaan harga ini karena suara kicauan Gelatik jantan dianggap lebih keras, ngerol, menarik dan bervariasi jika dibandingkan dengan betinanya.

Adanya perbedaan kemampuan kicauan ini terjadi karena di alam bebas, burung Gelatik pejantan menarik betinanya dengan menggunakan suara-suara kicauan merdu, utamanya saat musim kawin tiba.

Adanya perbedaan harga yang cukup signifikan antar Gelatik jantan dan betina membuat anda tentunya harus pandai dan jeli dalam melihat perbedaan keduanya. Ada beberapa cara yang dapat anda gunakan dalam mebedakannya dan bisa dibilang lumayan akurat.

Gelatik jantan pada umumnya memiliki bulu hitam tebal di bagian dada. Dilihat dari perawakan, pejantan lebih proporsional dan ramping. Pada bagian kepala terlihat lebih datar atau kebanyakan memiliki bulu agak mengkilap yang menghiasinya. Terakhir, pejantan memiliki garis hitam tegas yang memanjang dari bagian tenggorokan ke bawah.

Simak juga:Jenis dan Harga Burung Cendet Terbaru Lengkap

Jenis dan Harga Burung Gelatik Terbaru

Nah, buat anda yang lumayan tertarik untuk memiliki burung kicau satu ini, ada baiknya untuk sedikit mengetahui tentang jenis dan harga burung Gelatik yang ada di Indonesia ini. Berikut Sentrabudidaya merangkum info harga burung Gelatik berbagai jenis:Burung Gelatik Batu atau Watu

Jenis Gelatik pertama ini memiliki tampilan bulu hitam di bagian sekitar kepala, putih di bagian pipi, dan berpadu dengan warna kelabu di sebagian besar tubuhnya.

Harga Burung Gelatik Batu
Harga Burung Gelatik Batu

Harga Gelatik batu atau yang kerap disebut watu ini lumayan variatif di pasarannya. Untuk yang masih berusia anakan, burung ini dibandrol sekitar 100 – 150 ribuan. Sedang untuk burung Gelatik batu yang telah piawai dalam berkicau dan gacor, harganya bisa jauh melesat sampai 500 ribuan.

Burung Gelatik Jawa atau Belong

Burung Gelatik yang memiliki daerah persebaran di sekitar pulau Jawa dan Bali ini merupakan jenis Gelatik pemakan biji dan buah tak selayaknya Gelatik kebanyakan. Dari segi perawakan, jenis Gelatik ini memiliki paruh dengan ukuran yang lebih besar.

Harga Burung Gelatik Jawa
Harga Burung Gelatik Jawa

Warna tubuhnya cenderung memiliki warna soft dari perpaduan abu-abu kemerahan dan hitam di bagian kepala. Anda bisa menebusnya mulai harga 100 ribuan untuk yang paling murah hingga 300 ribuan untuk yang telah pandai berkicau.

Burung Gelatik Wingko

Sama halnya dengan Gelatik Belong, burung Gelatik Wingko juga dikenal luas sebagai burung yang berasal dari daerah pulau Jawa. Paruhnya cenderung lebih runcing yang menandakan burung ini merupakan burung pemakan serangga.

Harga Burung Gelatik Wingko
Harga Burung Gelatik Wingko

Dengan warna lebih monotone perpaduan abu-abu serta hitam, burung ini tetap nampak eksotis. Harga burung Gelatik ini di pasarannya sekitar 80 ribuan untuk anakan dan 300 ribuan untuk dewasanya.

Burung Gelatik Silver

Secara ciri perawakan, Gelatik Silver sekilas terlihat mirip dengan Gelatik Belong, terutama di bagian paruh. Hanya saja perbedaan terdapat pada bagian warna bulu yang lebih putih keabu-abuan. Harganya lumayan tinggi yakni berkisar di angka 750 ribuan.

Harga Burung Gelatik Silver
Harga Burung Gelatik Silver

Burung Gelatik Putih

Dari sekian jenis burung Gelatik, jenis Gelatik Putih lah yang memiliki bandrol harga tinggi. Hal ini disebabkan karena ciri fisiknya yang unik yakni putih elegan secara keseluruhan tanpa adanya ciri tompel di pipi. Suara kicauan burung ini juga lebih bervariasi dan merdu. Harga burung Gelatik Putih ini jauh melambung hingga 1 jutaan.

Harga Burung Gelatik Putih
Harga Burung Gelatik Putih

****

Bagaimana, kira-kira burung gelatik mana yang sudah memincut anda? Bagus itu memang relatif, tergantung dari minat kita masing-masing, karena bisa jadi yang bagus menurut orang lain belum tentu kita memiliki selera yang sama. Jadi silahkan anda pilih sendiri selera anda.

Demikianlah ulasan tentang harga burung gelatik terbaru dari kami. Semoga bermanfaat untuk anda semau.

Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Cucak Rowo Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *