Jenis dan Harga Burung Elang Terbaru

Harga Burung Elang – Sebagai salah satu predator angkasa, burung Elang cukup banyak dikenal oleh kalangan luas karena memiliki eksotisme dan kegagahan tersendiri. Sorot mata elang yang tajam dengan kemampuan penglihatannya yang luar biasa membuat banyak orang mengagumi burung predator ini.

Hal tersebutlah yang menjadikan Elang sebagai salah satu burung eksotis peliharaan yang layak untuk dimiliki bagi yang menginginkan sensasi memelihara burung pemangsa. Meski bukan kategori burung berkicau indah, harga burung Elang masihlah terbilang tinggi karena keeksotisan yang menjadikannya cocok sebagai burung hiasan.

Burung predator yang biasa berburu hewan kecil seperti tikus, ular, dan katak ini memang saat ini memiliki populasi yang kian menyusut. Selain berpengaruh pada kenaikan bandrol harganya di pasaran, kepemilikan akan burung Elang juga tak bisa sembarangan lagi.

Untuk dapat memelihara, mengembangbiakkan, dan meperjual belikannya burung ini, anda memerlukan izin sebagaimana regulasi pemerintah. Semakin ketatnya regulasi ini memang sebagai sebuah respon atas berkurangnya jumlah Elang di alam liar karena ulah para pihak tak bertanggung jawab yang melakukan eksploitasi pada burung ini secara berlebihan.

Jenis Elang di pasaran Indonesia sendiri memiliki beragam variasi dengan karakter yang berbeda-beda tentunya. Beberapa jenis yang lumayan populer diantara kalangan pecinta burung hias yakni Elang Bondol, Elang Hitam, Elang Jawa, dan tak ketinggalan Elang Putih. Semua jenis Elang tersebut memiliki karakteristik tersendiri baik dari segi ukuran maupun corak warna yang dimiliki.

Jenis dan Harga Burung Elang Terbaru

Nah, bagi yang tertarik untuk menjadikan predator udara ini sebagai hewan peliharaan, berikut Sentrabudidaya.com berikan info singkat mengenai jenis dan harga burung Elang di pasaran guna memudahkan anda nantinya dalam berburu burung pemangsa satu ini.

Burung Elang Jawa

Harga Burung Elang Jawa
Harga Burung Elang Jawa

Elang Jawa bisa dibilang merupakan Elang yang populer hingga di kalangan masyarakat awam sekalipun. Elang ini merupakan sosok yang menginspirasi lambang negara, burung Garuda. Dengan jambul yang khas dan warna keemasan Elang Jawa saat berusia muda, Elang ini memang terlihat gagah. Dari segi harga pasaran, Elang jenis ini diabandrol sekitar 500 ribu hingga 750 ribuan.

Burung Elang Bondol

Harga Burung Elang Bondol
Harga Burung Elang Bondol

Elang Bondol termasuk dalam jenis Elang bertubuh sedang. Jenis ini identik dengan bulu putih yang menyelimuti tubuh bagian atas mulai dari kepala hingga dada, sementara di bagian sayap dan tubuhnya lainnya dibalut dengan warna merah bata berkombinasi coklat kekuningan. Harga burung Elang Bondol dibandrol berkisar antara 500 ribu hingga 900 ribuan.

Untuk bisa memelihara burung ini, anda sebaiknya mengetahui prilaku dari jenis elang bondol ini. Di alam liar, burung elang bondol ini kerap beratraksi dengan terbang di angkasa, seperti terbang naik dengan cepat diselingi gerakan menggantung di udara, kemudian menukik tajam dengan sayap terlipat dan dilakukan secara berulang-ulang.

Perlu anda ketahui juga bahwa burung ini biasanya akan berkembang biak pada bulan Januari – Agustus, dan Mei – Juli. Telur yang sudah dibuahi akan dierami selama 28 – 35 hari. Anakan mulai belajar terbang dan meninggalkan sarang setelah berumur 40 – 56 hari, dan menjadi dewasa mandiri setelah 2 bulan kemudian.

Untuk masakanan elang bondol ini juga sama dengan elang jenis lain, yaitu mulai dari ikan, kepiting, udang, mamalia kecil, kodok, dan beberapa hewan kecil lainnya. Selain itu, burung ini juga memakan bangkai, sampah, dan ikan sisa tangkapan nelayan.

Cek juga yuk: 5 Jenis dan Kisaran Harga Burung Alap Alap di Pasaran Terbaru

Burung Elang Bido

Harga Elang Bido
Harga Elang Bido

Jenis Elang selanjutnya ini tergolong ke dalam satwa langka yang sangat dilindungi dan memerlukan izin dalam memeliharanya sebagaimana yang telah disinggung di atas. Elang yang dalam bahasa latin memiliki julukan Spilornis Cheela Bido ini memiliki harga yang lumayan mahal karena faktor kelangkaanya. Biasanya, elang jenis ini dibandrol pada kisaran 700 ribuan lebih. Sedangkan untuk Elang yang telah jinak, harga bisa melonjak hingga jutaan rupiah.

Burung Elang Putih

Sesuai dengan namanya, Elang putih memiliki bulu putih namoak cantik yang menyelimuti hampir sebagian tubuhnya dengan menyisakan bagian sayap dan ekor berwarna abu-abu hingga hitam. Burung eksotis ini dibandrol lumayan tinggi sekitar 1 jutaan lebih.

Burung Elang Hitam

Jenis Elang satu ini memiliki tampilan warna bulu hitam yang menutupi keseluruhan tubuhnya. Tampilannya yang begitu hitam elegan membuatnya jadi salah satu elang yang banyak diminati. Harga burung pemangsa ini dibandrol pada kisaran 500 ribu hingga mencapai 750 ribu.

Burung Elang Laut

Elang ini merupakan jenis yang memiliki habitat di daerah sekitar pesisir pantai dan laut dengan mangsa utama berbagai jenis ikan dan kepiting. Burung jenis ini dibandrol paling murah diantara jenis lain yakni sekitar 500 ribuan.

Burung Elang Anakan

Bagi yang menginginkan burung Elang yang masih relatif memiliki harga murah, Elang yang masih anakan bisa anda jadikan pilihan. Harga burung Elang yang masih anakan dihargai sekitar 250 ribu hingga 500 ribuan tergantung jenis Elangnya.

****

Bagaimana, anda tertarik untuk memiliki burung yang dilindungi ini? Demikianlah ulasan mengenai harga burung elang terbaru dari kami. Semoga bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Jalak Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *