Burung Anis: Si Kecil Cantik yang Punya Suara Merdu

Burung anis sangat cocok menjadi hewan peliharaan karena  burung ini memiliki suara yang merdu. Kicauannya yang indah membuat hati damai saat mendengarnya. Karena kicauannya yang merdu membuat harga burung ini cukup tinggi di pasaran.

Meski harganya yang tinggi namun burung anis masih menjadi idola para kicau mania. Kegemaran para kolektor burung tentunya bukan tanpa alasan. Alasan utama memilih burung ini tentunya dari suaranya yang sangat merdu dan menenangkan hati.

Burung anis memiliki kegemaran berburu cacing sebagai makanan kesukaannya, itulah mengapa di negara tetangga burung anis lebih dikenal dengan julukan burung cacing. Burung yang mungil ini juga memiliki ciri khusus yakni bentuk tubuhnya yang kecil, hanya sekitar 23 cm, dengan berbagai jenis burung anis lainnya.

Burung anis juga salah satu burung yang dapat kita jumpai di Indonesia, terutama di wilayah sumatera, Kalimantan, papua, serta masih banyak pulau-pulau lainnya. Burung ini  termasuk ke dalam genus Zoothera dan Turdua.

Jenis Burung Anis

Burung anis banyak tersebar di Indonesia seperti daerah Sulawesi, sumatera, Kalimantan, jawa, papua serta masih banyak lagi pulau-pulau kecil di sekitarnya. Burung anis bukan hanya mengacu pada satu burung saja, namun burung anis memiliki banyak jenis diantaranya :

1. Anis merah (zoother citrine )

Anis Merah via Jalansurennet
Anis Merah via Jalansuren.net

Anis merah merupakan jenis burung yang cukup banyak digemari karena memiliki suara yang indah serta memiliki banyak varian, terhitung anis merah memiliki 11 subspesies dengan persebaran mulai dari  Asia, srilanka, Myanmar, serta india.

Contoh sub spesies yang dapat ditemukan di pulau jawa dan bali adalah Zoothera citrine rubecula.  Dengan banyaknya sub spesies dari burung merah ini membuat para pecinta burung memiliki banyak pilihan sehingga anis merah sangat digemari.

2. Anis macan

Anis macan via Jalansurennet
Anis macan via Jalansuren.net

Burung anis macan memiliki nama ilmiah yakni Zoothera dohertyi. Anis macan juga memiliki julukan lain yakni ampere atau punglor ampere sebab sebab burung ini pertama kali dibawa dari ampera.

Daerah persebaran anis macan di Indonesia mulai dari timur Indonesia seperti pulau Lombok, flores, Sumbawa, serta pulau sumba. Anis macan juga memiliki kicauan yang sangat merdu membuat hati menjadi tenang jika mendengarnya

3. Anis Cendana

Anis Cendana via Youtube
Anis Cendana via Youtube

Pada tahun 2000an burung ini sangat tenar di Indonesia. Banyak pecinta burung yang mengincarnya  dan menjadikannya burung peliharaan. Burung anis ini memiliki nama ilmiah yakni Zoothera peronii. Burung ini juga hanya bisa dijumpai di Indonesia dengan mengantongi berbagai macam suara masteran membuatnya memiliki harga yang tinggi.

Selain itu burung ini memiliki keunikan lain yakni gaya nunggingnya saat tampil. Anis cendana memiliki dua sub spesies yaitu Zoothera Peronii serta Zoothera peronii audacis.

4. Anis Sisik

Anis Sisik via Youtube
Anis Sisik via Youtube

Burung anis sisik atau Zoothera dauma ini juga memiliki suara atau kicauan yang merdu namun untuk jenis yang satu ini cukup sulit sehingga membuat burung ini mengeluarkan suara, butuh kesabaran dan ketelatenan dalam memeliharanya.

Anis sisik telah bermigrasi dan mendapatkan habitat baru di pegunungan bukit barisan.  Burung ini berasal dari daerah Mongolia, Taiwan serta Siberia

5. Anis Hutan

Anis Hutan via Jenisburungco
Anis Hutan via Jenisburung.co

Anis hutan memiliki banyak kesamaan fisik dengan anis macan dan anis sisik. Anis hutan juga memiliki suara yang merdu sama seperti jenis anis lainnya. Namun keberadaannya kini mulai langka dengan populasi yang terus menerus berkurang.

Anis hutan banyak tersebar di daerah jawa barat yakni sekitar gunung pangrango, pulau sumatera, Filipina, serta Malaysia.

6. Anis Siberia

Anis Siberia
Anis Siberia

Anis Siberia memiliki julukan lain yakni anis hitam karena warna bulunya yang hitam dengan bentu tubuhnya yang  besar membuatnya sedikit menakutkan dan misterius namun untuk ukuran suara burung ini  memiliki keunikan yakni seperti sedang setengah teler.

Anis Siberia berasal dari Mongolia, china, serta Siberia, namun pada saat musim dingin dan musim kawin mereka akan menyeberang ke kawasan asia tenggara,  burung anis ini melakukan migrasi hingga ke pulau jawa dan sumatera.

7. Anis Kembang

Anis Kembang Jantan - Betina via Burungpedia
Anis Kembang Jantan – Betina via Burungpedia

Anis kembang bisa dijumpai di kawasan pulau sumatera, jawa, Kalimantan, Lombok, flores, Sumbawa, Malaysia, Filiphina, serta ke Thailand. Anis kembang juga banyak diminati oleh kalangan pecinta burung atau kicau mania karena suaranya yang merdu sama seperti anis merah

Berikut beberapa ciri anis kembang :

  • Anis kembang memiliki bola mata dan paruh yang sedikit lebih besar
  • Anis kembang memiliki warna yang bervariasi
  • Bulu tubuh ais kembang berwarna oranye hitam dan putih

8. Anis Enggano

Anis Enggano
Anis Enggano

Salah satu burung anis yang berasal dari Indonesia adalah anis enggano yang berasal dari kepulauan enggano. Ciri tubuh dari anis enggano hampir sama dengan anis kembang hanya saja pada bagian dada di dominasi warna putih tanpa bercak hitam.

Anis enggano juga memiliki suara yang merdu. Burung ini juga sering melakukan penerbangan ke pulau sumatera yang terletak di daerah timur

9. Anis Kuning

Anis Kuning via Jalaksurennet
Anis Kuning via Jalaksuren.net

Anis kuning atau pungglor kuning juga sering disebut sebagai  punglor kayu dari keluarga Zoothera. Hewan ini memiliki cirri khusus yang membedakannya dari jenis burung anis lainnya yakni memiliki suara yang merdu dengan gaya bertaungnya yang unik, serta memiliki warna putih pada bagian kepala di atas mata.

Anis kuning brasal dari wilayah mongoia, amurland, serta Siberia. Namun pada saat ini anis kuning banyak ditemukan di daerah indonsia  seperti pulau Kalimantan, Sumatera dan jawa, selain itu hewan ini juga terdapat di daerah Asia tenggara lainnya seperti di Negara Taiwan dan Fhilipina.

Anis kuning banyak tersebar di daerah yang lebih panas seperti Asia tenggara karena musim dingin di daerah asal sehingga melakukan migrasi dan menetap di daerah tersebut.

10. Anis Gading

Anis Gading via Youtube
Anis Gading via Youtube

Anis gading atau punglor gading memiliki nama ilmiah yakni Turdus Poliocephalus atau punglor gunung. Anis gading merupakan jenis burung anis yang memiliki ukuran tubuh paling besar dibanding jenis anis lainnya. Namun kelemahan burung ini adalah terletak pada kicauannya yang monoton atau kurang variatif.

Anis gading ini tersebar di kawasan Asia mulai dari Asia tenggara hingga ke pulau di kawasan Pasifik. Selain itu anis gading juga dapat dijumpai di kawasan sumatera, jawa, Sulawesi, Maluku, serta timur leste.

11. Anis Sulawesi

Anis Sulawesi via Jalaksurennet
Anis Sulawesi via Jalaksuren.net

Seperti namanya anis Sulawesi maka sudah bisa ditebak bahwa jenis burung yang satu ini berasal dari daerah Sulawesi. Anis Sulawesi memiliki ciri khusus yaitu memiliki postur tubuh panjang, berparuh tebal warna merah dengan suara yang unik. Anis Sulawesi ini memiliki 4 spesies yaitu :

  • Tenebrosa Stresemann, 1938 berasal dari Sulawesi selatan
  • Abditiva Riley, 1918, yang berasal dari Sulawesi utara dan tengah
  • Heinrichi Stresemann, 1938 yang berasal dari Sulawesi sebelah timur laut
  • Turdoides Hartet, 1896 yang berasal dari Sulawesi sebelah barat laut

12. Anis Buru

Anis Buru via Wikipedia
Anis Buru via Wikipedia

Anis buru memiliki nama ilmiah yaitu Zootrera dumasi. Anis buru memiliki ciri fisik seperti memiliki tubuh yang panjang serta memiliki warna dominan coklat dibagian punggung.

Punglor ini memiliki banyak kesamaan dengan punglor kembang dan punglor seram namun penelitian akhir membuktikan bahwa mereka berbeda. Punglor buru dapat dijumpai di kawasan Maluku, atau sebelah barat pulau seram

13. Anis Seram

Anis Seram via Copasburung.blogspotcom
Anis Seram via Copasburung.blogspot.com

Burung yang memiliki nama ilmiah Zoothera Joiceyi atau punglor seram saat ini sudah sangat jarang dijumpai atau berstatus hampir punah itulah mengapa jenis burung ini kurang diminati oleh para kicau mania.

Anis seram memiliki bentuk tubuh yang hampir sama dengan anis buru dan anis kembang. Anis seram memiliki suara yang sangat unik seperti suara kicauan lirih “ tseep “ yang gampang terlewatkan, pada saat terbang akan bersuara  “ tsree-tsree “

14. Anis Tanimbar

Anis Tanimbar via Jenisburungco
Anis Tanimbar via Jenisburung.co

Anis tanimbar berhabitat di pulau tanibar dengan nama ilmiah Zoothera schistacea . namun untuk mendapatkan burung yang satu ini sangat sulit sebab populasinya yang semakin tahun semakin menurun, hal ini disebabkan oleh banyaknya perburuan liar serta perambahan hutan.

Jenis Burung Anis yang Lainnya

  1. Anis geomalia
  2. Anis nusa tenggara
  3. Anis pungung merah
  4. Anis bentet
  5. Anis bentet kecil
  6. Anis bentet kelabu
  7. Anis papua
  8. Anis papua kecil
  9. Anis puyuh

Demikianlah penjelasan mengenai burung anis serta berbagai jenis anis dengan berbagai ciri dan kelebihannya. Semoga dapat menambah wawasan anda.

Baca juga: Makanan Burung Anis yang Disukai agar Cepat

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *