Herbafarm: Manfaat dan Panduan Cara Menggunakan

Herbafarm merupakan salah satu jenis pupuk yang sangat cocok digunakan para petani agar mendapatkan hasil panen yang melimpah. Selain dapat memberikan hasil panen yang melimpah pada, Herbafarm juga termasuk jenis pupuk yang aman dan ramah lingkungan, sehingga tidak merusak aktivitas lahan Anda.

Herbafarm dapat menjadi alternatif bagi Anda untuk beralih dari penggunaan bahan kimia sintetik yang biasanya terkandung dalam pupuk pestisida dan herbisida.

Penggunaan dari bahan sintetik pada pupuk selama bertahun-tahun akan menyebabkan turunnya tingkat kesuburan tanah. Tahukah Andaapa saja bahaya dari penggunaan bahan sintetik pada pupuk? Sekali pun penggunaannya sudah sesuai dosis yang disarankan.

Beberapa bahaya pupukberbahan sintetik antara lain menyebabkan kandungan bahan organik pada tanah menurun hingga jumlahnya hanya 1-2% saja. Padahal, kandungan organik yang ideal pada tanah harus mencapai angka 5%.Aktivitas pada mikroba menjadi semakin rendah.

Sifat fisik, kima dan biologi pada tanah menjadi sangat menurun.Tingkat kesuburan tanah berkurang dan Kebutuhan akan pupuk kimia semakin melejit, namun tidak dibarengi dengan hasil produksi yang juga melejit.

Hal tersebut tentu menjadi sebuah PR besar bagi para petani pada masa yang akan datang apabila terus menerus menggunakan pupuk degan bahan yang sudah terkontaminasi oleh residu dari bahan kimia sintetik.

Tak hanya mengancam tingkat kesuburan tanah, bahan kimia sintetik juga sangat berbahaya apabila sampai dikonsumsi oleh tubuh manusia.Itulah sebabnya pemerintah juga sudah mulai gencar-gencarnya mempromosikan penggunaan pupuk organik dan bio organik seperti Herbafarm. Tahukah Anda apa saja manfaat dari Herbafarm?

Pupuk Herbafarm
Pupuk Herbafarm

Aneka Manfaat Herbafarm untuk Tanaman

Herbafarm adalah jenis pupuk bio organik yang diperoleh dari tumbuh-tumbuhan organik dan rempah dan diproses dengan biological complex process atau sebuah alat canggih yang sudah terjamin tingkat kualitasnya.

Tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempah yang digunakan tentu melalui proses seleksi terlebih dahulu agar memperoleh kandungan yang pas.

Itulah sebabnya kandungan dari Herbafarm kaya akan unsur hara baik mikro maupun makro yang amat dibutuhkan oleh setiap jenis tanaman.

Di dalam Herbafarm terkandung sebuah mikroba yang bernama biofertilizer dan bioremediasi yang memiliki peran sangat penting di dalam proses pengikatan zat seperti Nitrogen dan juga berperan untuk membantu penyerapan unsur-unsur yang terdapat di dalam tanah. Selain dari keunggulan tersebut, Herbafarm juga memiliki keunggulan lain di antaranya adalah:

  1. Dapat memperbaiki sistem tanah baik secara fisik, kimia maupun biologi.
  2. Dapat membantu menyediakan unsur hara essential pada tanaman.
  3. Dapat membantu merangsang proses pertumbuhan pada tanaman.
  4. Membantu menjaga daya tahan tubuh tanaman dari serangan hama dan penyakit.
  5. Dapat meningkatkan aktivitas dari mikrobiologi pada tanah dalam proses penyerapan unsur hara agar lebih efisien.
  6. Mampu mengurangi adanya penggunaan dari dosis pupuk kimia yang sifatnya sangat konvensional hingga mencapai 50% pada setiap dosis yang dianjurkan.

Penggunaan dari pupuk Herbafarm tidak boleh dicampur bersamaan dengan jenis pupuk seperti yang mengandung pestisida atau herbisida meskipun Herbafarm adalah jenis pupuk yang organik.

Jika Anda menggunakan alat semprot yang baru saja digunakan untuk menyemprot dengan pestisida atau herbisida, cucilah terlebih dahulu alat semprot tersebut dengan pembersih seperti sabun sampai benar-benar bersih.

Selain tidak boleh diaplikasikan secara bersamaan dengan pupuk pestisida atau herbisida, Herbafarm juga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan bersamaan dengan pupuk urea. Sehingga akan lebih baik mengganti jenis pupuk urea dengan pupuk organik yang padat seperti pupuk kompos atau pupuk kandang.

Semenjak banyaknya isu yang berkembang dikalangan masyarakat khususnya pada dunia pertanian mengenai isu kualitas dari pencukupan kebutuhan pangan yang kemudian  bergeser ke isu kualitas pangan dan keamanan pangan, membuat masyarakat kini semakin sadar bukan hanya memperhatikan kandungan gizi dan kandungan vitamin, namun juga penting untuk memperhatikan zat apa saja yang terkandung dalam sayuran dan buah.

Itulah mengapa penting untuk mengoptimalkan pertanian yang holistik dan terpadu yang memprioritaskan kesehatan dari kandungan tanaman dan buah, begitu pula kesehatan dan produktivitas dari lahan pertanian.Berikut adalah carauntuk memperbaiki kondisi lahan pertanian:

  • Mulai mengurangi adanya penggunaan pupuk kimia dan bahan sintetik berbahaya.
  • Mulai menggunakan pupuk alami atau organik agar dapat mengembalikan kesuburan
  • Menggunakan pupuk organik yang dapat mengikat sisa-sisa residu yang terdapat pada tanah.
  • Menggunakan pestisida seperti hayati atau nabati yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Cara Menggunakan Pupuk Herbafarm

Herbafarm adalah salah satu jenis pupuk yang dapat diaplikasikan pada setiap jenis tumbuhan.lalu bagaimanakah cara pengaplikasiannya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Agar mendapatkan hasil yang semakin bagus, Anda dapat menyiapkan lahan yang sudah dicampur terlebih dahulu dengan pupuk kompos, kemudian diamkan hingga 7 atau 10 hari sebelum proses penanaman.
  2. Campurkan satu tutup botol Herbafarm kedalam 2 liter air.
  3. Apabila menggunakan alat penyemprot, bersihkan terlebih dahulu sampai bersih menggunakan sabun. Hal ini menjadi penting karena Herbafarm tidak boleh tercampur dengan zat seperti pestisida dalam pupuk urea atau lainnya.
  4. Semprotkan campuran Herbafarm dengan air pada daerah sekitar tanah.
  5. Lakukan penyemprotan dengan selang waktu 7-10 hari sebelum tanaman mulai berbunga.
  6. Lakukan penyemprotan pada waktu pagi hari sebelum jam 08.00 pagi atau pada sore haru pukul 16.00 sore.
  7. Lakukan penyemprotan dengan menyesuaikan jenis tanaman yang akan disemprot.
  8. Penggunaan Herbafarm dilakukan kurang lebih 3-7 hari setelah adanya penggunaan pupuk kimia atau pestisida dan herbisida lainnya.
  9. Larutan dari Herbafarm digunakan untuk merendam benih-benih sebelum waktunya ditanam.
  10. Larutan Herbafarm yang disemprotkan ke lahan setelah adanya olah tanah dan sebelum adanya penanaman.

Contoh tanaman yang dapat diaplikasikan dengan menggunakan Herbafarm adalah.

  • Tanaman Pokok seperti Padi, Jagung, Singkong, Ubi-ubian dan beberapa jenis lainnya seperti gandum.
  • Tanaman Hortikultura seperti Kentang, Selada, Kol, Terong, Tomat, Labu siam dan lainnya.
  • Tanaman Buah seperti jeruk, mangga, salak, pisang, apel dan berbagai macam buah lainnya.
  • Tanaman Perkebunan seperti Kelapa sawit, Karet, Kopi, Cengkeh.
  • Tanaman Kehutanan seperti pohon jati, sengon, mahoni dan lainnya.

Dengan beralih menggunakan pupuk organik seperti Herbafarm selain Anda mendapatkan buah atau tanaman dengan kualitas yang tinggi, Anda juga dapat menyelamatkan lahan pertanian Anda agar tetap dapat beroperasi seperti sediakala.

Mengingat besarnya bahaya yang dapat ditimbulkan dari penggunaan pupuk-pupuk kimia meskipun telah menggunakan dosis yang tepat, namun efeknya akan tetap terasa apabila Anda menggunakannya dengan jangka waktu yang panjang.

Kini sudah saatnya Anda beralih dari pupuk-pupuk sintetik menuju pupuk organik yang lebih aman seperti Herbafarm. Semua petani telah beralih dan sudah merasakan manfaatnya.Jadi, kini giliran Anda.Yuk, segera coba dan buktikan sendiri!

Baca juga: Manfaat dan Cara Membuat Pupuk NPK Cair di Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *