Harga Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya Terbaru

Harga Burung Hantu – Tak hanya dikenal sebagai hewan malam ataupun nokturnal, burung Hantu juga bisa dijadikan hewan peliharaan yang bagus. Burung yang aktif di malam hari ini tak hanya bisa dinikmati keindahan tubuhnya namun juga kerap digunakan sebagai burung pengendali hama seperti tikus dan binatang pengganggu pertanian lainnya.

Kepiawaian burung ini untuk terbang tanpa terdeteksi karena tak bersuara menjadikannya predator malam yang handal. Meski memiliki berbagai kelebihan tersebut, harga burung Hantu tak lantas menjadi mahal di pasaran dan lumayan variatif tergantung dari jenisnya.

Trend menjadikan burung hantu sebagai hewan peliharaan memang masih asing bagi sebagian kalangan, sebab dulu burung ini sering dikaitkan sebagai hewan liar yang tak bisa dikendalikan dan juga mitos yang berkembang menyebutkan burung Hantu erat dengan mistis karena tampilannya yang seram.

Meski anggapan ini lambat laun mulai memudar di kalangan masyarakat umum, namun tetap saja hal ini menjadi faktor utama mengapa burung hantu belum terlalu ramai peminat dan harganya relatif terjangkau.

Di pasaran sendiri, burung hantu memiliki berbagai tipe yang mempunyai pembawaan karakter tersendiri. Akan tetapi, sebagian besar burung Hantu memiliki naluri pendiam namun sangat gesit dan memiliki reflek cepat saat mendeteksi mangsa.

Simak juga: Daftar Harga Burung Betet Terbaru

Daftar Harga Burung Hantu Terbaru

Bagi anda yang sedang berencana untuk menjadikan burung Hantu sebagai hewan peliharaan baik untuk koleksi ataupun penjagaan dari hama, mengenali jenis serta harga burung hantu terlebih dahulu kan lebih baik. Nah, untuk lebih jelas mengenai ulasannya, berikut ini Sentrabudidaya.com rangkum untuk anda:

Burung Hantu Celepuk

Burung hantu jenis ini kerap digunakan sebagai burung hias karena memiliki ukuran tubuh yang lumayan kecil. Jumbai yang beada di bagian kepala juga menambah nilai khas yang membuat burung ini semakin menggemaskan. Untuk harganya sendiri, burung Hantu celepuk dibandrol mulai 70 ribu hingga mencapai 150 ribu.

Harga Burung Hantu Celepuk
Harga Burung Hantu Celepuk

Makanan Burung Hantu Celepuk

Agar burung ini merasa nyaman dan sedang kita pelihara, ada baiknya juga kita memberikan makanan yang dia gemari. Untuk jenis burung hantu yang berukuran mini diabndingkan dengan jenis lain ini memiliki makanan favorit berupa: serangga seperti jangkrik, ulat hongkong atau yang lainnya. Selain itu, juga suka makan anakan tikus. Anda bisa membeli mencit (tikus putih)  ke penjual.

Harga Burung Hantu Tyto Alba (Barn Owl/Serak Jawa)

Sedikit berbeda dengan jenis burung Hantu pertama, burung Hantu Tyto Alba lebih sering digunakan sebagai burung penjaga wilayah sawah ataupun lahan dari tikus ataupun tupai. Burung jenis ini menjadi primadona di kalangan petani untuk mengendalikan hama dan membuat tingkat panen tanaman seperti padi lebih optimal. Burung ini dibandrol dengan harga rata-rata yang cukup murah yakni sekitar 80 ribuan saja.

Harga Burung Hantu Tyto Alba
Harga Burung Hantu Tyto Alba

Untuk jenis yang satu ini, tidak direkomendasikan dipelihara oleh pemula karena cukup rentan mati. Memang kalau dari bentuknya sangat indah. Adapun makanan favorit tyto alba ini yaitu anak ayam, burung kecil dan daging daging segar lainnya.

Harga Burung Hantu Putih

Layaknya nama yang tersemat, burung Hantu jenis ini memiliki sentuhan bulu putih halus yang elegan mendominasi keseluruhan bagian tubuhnya. Ukuran tubuh yang dimiliki juga terbilang lumayan besar yakni mampu mencapai 35cm untuk burung dewasa.

Tak heran jika warna elegan dan perawakan tinggi besar burung ini menjadikannya makin terlihat gagah dan berani. Harga burung Hantu putih ini di pasaran pada umumnya dapat ditebus di kisaran 300 ribuan.

Harga Burung Hantu Putih
Harga Burung Hantu Putih

Harga Burung Hantu Salju

Bubo menjadi jenis burung Hantu yang berbanderol harga paling tinggi diantara jenis lainnya. Faktor harga yang bisa sedemikian tinggi pada burung ini dipengaruhi oleh perawakan tubuh burung Bubo yang lumayan tinggi hingga 50cm untuk dewasanya. Hal unik lain yaitu bulu di samping matanya yang panjang lurus ke samping seolah membentuk tanduk. Faktor kelangkaan juga menjadi salah satu penunjang harganya bisa mencapai 1 jutaan.

Harga Burung Hantu Bubo
Harga Burung Hantu Bubo

Untuk jenis yang satu ini, terbilang cukup sulit untuk pemeliharaannya, karena untuk pakan yang diberikan harus benar-benar segar dan bersih. Untuk jenis pakannya berupa burung emprit, anak ayam dan tikus putih (mancit).

Artikel terkait: Daftar Harga Burung Beo Terbaru Berdasarkan Jenisnya!

Burung Hantu Salju

Jenis terakhir dari burung Hantu yang banyak dijadikan peliharaan yakni burung Hantu salju. Burung jenis ini memiliki ciri khas berupa wajah yang berbentuk hati dengan warna putih sementara untuk bagian tubuh lain diselingi dengan warna totol hitam. Harga burung Hantu Salju saat ini berada pada kisaran 400 ribuan.

Harga Burung Hantu Salju
Harga Burung Hantu Salju

Nah, untuk jenis burung hatu salju, makanan favoritnya yaitu berupa daging anak burung, ikan dan tikus kecil.

Daftar Harga Burung Hantu Terbaru

Berikut ini daftar harga burung hantu dalam bentuk tabel agar lebih mudah untuk membandingkannya:

Jenis Burung Hantu Kisaran Harga
Burung Hantu Celepuk Rp 125.000
Burung Hantu Oriental Bay Rp 300.000
Burung Hantu Javan Owlet Rp 375.000
Burung Hantu Barn Owl Rp 350.000
Burung Hantu Strix Seleputo Rp 550.000
Burung Hantu Brown Hawk Owl Rp 650.000
Burung Hantu Buffy Fish Owl Rp 850.000
Burung Hantu Bubo Sumatranus Rp 1.200.000

Demikianlah ulasan seputar harga burung hantu terbaru yang bisa kami bagikan untuk anda. Silahkan anda tentukan pilihan anda, kira-kira mana yang akan pelihara?

Jangan lewatkan juga: Jenis dan Daftar Harga Burung Cucak Ijo Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *