Daftar Harga Burung Betet Terbaru

Harga Burung Betet – Halo, selamat datang kicau mania ke blog sederhana yang membahas seputar dunia budidaya hewan dan tumbuhan ini.

Selain membahas seputar tips ternak dan budidaya, web ini juga akan membahas seputar harga ternak, tumbuhan dan pakan.

Nah, kali ini Sentrabudidaya akan berbagi informasi seputar harga burung betet terbaru.

Burung betet merupakan salah satu jenis unggas yang digemari banyak orang. Ada banyak sekali peminat burung betet ini, sehingga membuat harganya di pasaran cukup tinggi. 

Burung betet memiliki rupa yang indah dan juga memiliki kecerdasan di atas burung pada umumnya. Bentuknya yang sangat indah pasti membuat siapa saja yang melihat burung ini ingin segera memilikinya.

Namun, sekali lagi karena jumlahnya yang terbatas serta harga yang cukup tinggi tentu membuat tidak semua orang bisa memiliki burung betet ini. 

Burung betet sendiri memiliki kelebihan berupa suara yang merdu, mudah di latih dan mudah beradaptasi dengan pemiliknya. Anda bisa melatih burung betet ini untuk berbagai keperluan seperti pertunjukan ataupun melatih suaranya agar semakin merdu, banyak pecinta burung yang tertarik untuk melatih betet miliknya agar tidak seperti burung pada umumnya.

Harga Burung Betet

Burung Betet

Burung yang memiliki paruh menukik ini dihargai sekitar Rp 400.000 untuk anakan. Sementara untuk yang sudah dewasa dan terlatih tentu saja harganya lebih tinggi, tergantung dari kualitas burung tersebut. 

Makanan Burung Betet

Burung yang berparuh bengkok ini makanan utamanya adalah biji-bijian, serangga kecil dan lain sebagainya. Saat ini populasi burung betet masih cukup aman sehingga tidak tergolong sebagai hewan yang hampir punah, kendati demikian peminat yang cukup tinggi juga harus memperhatikan beberapa aspek agar populasi dari burung betet tidak habis di alam liarnya.

Jenis Burung Betet

Perlu sama-sama kita ketahui bahwa burung betet ini sendiri memiliki 328 spesies burung betet di seluruh dunia ada 78 spesies yang tersebar di Indonesia terutama bagian timur seperti Sulawesi, Nusa Tenggara, Papua dan Halmahera. Yang paling banyak diminati yaitu burung betet jawa, burung betet kalimantan, burung betet sumatra dan burung betet sulawesi.

Asal Muasal Burung Betet atau Psittacula alexandri

Meskipun burung ini banyak tersebar di wilayah Indonesia, namun burung betet ini konon berasal dari Tiongkok Selatan kemudian populasinya terus bertambah dan akhirnya menyebar ke seluruh Asia, jadi tidak mengherankan jika di Indonesia dan beberapa negara tetangga lain burung betet bisa anda jumpai dengan cukup mudah.

Walaupun bukan tergolong sebagai hewan yang hampir punah namun burung betet menjadi salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia sehingga sangat dilarang sekali memperjualbelikan burung ini tanpa izin, sedangkan habitat utama dari burung betet adalah hutan belantara, hutan mangrove, hutan hujan tropis, hutan dengan pohon-pohon tinggi, perkebunan dan hutan sekunder. 

Populasi Burung Betet Paruh Bengkok

Karena jumlah semakin hari semakin berkurang, burung betet termasuk dalam jenis burung yang dilindungi. Penurunan populasi ini disebabkan karena habitatnya yang terus berkurang bahkan hilang. Serta banyaknya perburuan liar bahkan burung betet yang seharusnya dilindungi menjadi burung yang diperjual belikan tanpa izin.  

Burung bêtet jenis paruh bengkok memiliki beberapa jenis spesies di antaranya yaitu, Nuri Bayan atau Eclectus roratus, Serindit Sulawesi atau Loriculus stigmata, Derindit Sangihe atau Psittirichas fulgidus, serindit paruh merah atau L. exili, dan Betet berkepala punggung biru atau Tanygnatus Sumateranus.

Burung Betet Ekor Panjang

Burung betet ekor panjang ini juga dinamai burung betet pipi merah. Adapun nama ilmiah burung ini yaitu Psittacula longicauda yang merupakan salah satu dari 85 jenis burung paruh bengkok. Betet ekor panjang memiliki ukuran 40 cm, memiliki warna dada hijau, dan ekor panjang bertahap. Pada jantan memiliki mahkota berwarna hijau, sisi-sisi kepala merah dan ada garis hitam tebal mirip kumis, ekor berujung kuning dan memiliki sayap kebiruan.

Sedang pada burung betina memiliki bulu tubuh yang lebih buram, kumis kehijauan. Saat burung betina ini terbang akan terlihat sayap bawah yang kuning, pada tubuh bagian bawah berwarna hijau, dan pada sisi-sisi kepala berwarna merah, kaki berwarna abu-abu, dan paruh identik dengan warna merah.

Habitat Burung Betet Ekor Panjang

Untuk habitat burung ini sendiri biasanya dijumpai di kawasan pesisir dan dataran rendah, terutama pada hutan terbuka, hutan mangrove, perkebunan, hutan hujan tropis, pohon-pohon tinggi, dan hutan sekunder. 

Perilaku Burung Betet Ekor Panjang

Kita perlu mengetahui perilaku burung betet ini. Perilaku burung ini seperti berkemampuan terbang yang cukup cepat dalam kelompok besar yang beranggotakan sekitar 20 ekor, hidup secara nomaden atau berpindah, melakukan migrasi musiman.

Mereka mampu bergerak cepat dari cabang pohon satu ke pohon yang lain. Aktivitas mencari makan dilakukan setelah matahari terbit. Mereka dapat ditemui di siang hari pada pohon-pohon tinggi, sedang pada sore hari dihabiskan untuk mencari makan sebelum kembali ke sangkar.

Musim Kawin Betet Ekor Panjang

Perlu juga diketahui bahwa burung betet memiliki masa kawin pada waktu-waktu tertentu seperti pada bulan februari sampai juni. Sarang-sarang mereka terdapat pada cabang –cabang pohon berlubang atau pohon-pohon mati, hanya kadang-kadang saja membuat sangkar di pohon hidup. Sarang dipenuhi makanan, dan kadang mengunyah kulit kayu. Saat masa kawin, burung ini hanya mampu bertelur antara 2 sampai 3 butir dengan masa inkubasi 23 hari.

Anatomi Betet Paruh Bengkok

Secara fisik burung ini memiliki tubuh yang panjang dari kepala sampai ekor sekitar 34 cm. Paruh bengkok dengan ukuran kepala yang besar, memiliki bulu yang lebat, warna bulu cerah dan memiliki kaki yang kecil. Memiliki lidah yang sama seperti burung kakak tua, namun lebih kuat dari burung Nuri. Sedangkan perbedaan antara burung betet dengan kakak tua adalah tidak adanya jambul yang bisa ditegakkan di bagian kepala.

Daftar Harga Burung Betet Terbaru

Harga Burung Betet

Harga Burung Betet

Berikut ini daftar burung betet berdasarkan jenis dan usianya yang bisa anda jadikan patokan sebelum membeli burung betet dari penangkaran atau penjualnya:

1. Harga Betet Anakan Rp. 400.000
2. Harga Betet Lulut Rp. 500.000
3. Harga Betet Lolohan Sepasang Rp. 250.000
4. Harga Betet Jawa Jinak Rp. 600.000
5. Harga Betet Ternate Rp. 700.000
6. Harga Betet Usia Remaja Rp. 900.000

*Harga bisa saja berbeda setiap daerahnya

Bagaimana? Anda sudah tidak sabar lagi ingin memiliki satu saja dari burung ini? Tunggu apa lagi jangan ragu-ragu lagi kalau ada yang ingin melepasnya, langsung sambar saja. Demikian saja informasi seputar harga burung betet yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga bermanfaat.

 

Simak juga 5 Jenis dan Kisaran Harga Burung Alap Alap di Pasaran Terbaru

Daftar Harga Burung Betet Terbaru | Nanda | 4.5