5 Jenis dan Kisaran Harga Burung Alap Alap di Pasaran Terbaru

harga burung alap alap – Burung alap-alap menjadi salah satu burung favorit untuk dipelihara. Salah satunya adalah karena kenampakan burung ini sangat gagah dan jantan. 

Burung alap-alap ini memiliki kesamaan dengan rajawali juga burung elang. Bentuk tubuh, sayap dan paruhnya sangat mirip namun dengan ukuran yang lebih kecil dari burung rajawali atau elang.

Burung alap-alap bersayap lebih sempit serta runcing, paruhnya sedikit lebih pendek dan melengkung, kepalanya sedikit membulat, iris matanya gelap serta gaya terbangnya lebih cepat dan terhitung akrobatis. 

Tahukah anda, burung ala-alap ini memiliki daya penglihatan lebih tajam dengan akurasi 2,6 kali pada kita manusia. 

Burung ini juga sangat membantu petani sawah, karena menjadi salah satu predator tikus sawah. Tidak heran kenapa dahulu banyak petani yang menjadi burung alap-alap sebagai peliharaan mereka.

Makanan utama burung ini adalah serangga, dengan tempat hidup di sekitar hutan dataran rendah dan kebun campuran. Tubuhnya berukuran lumayan kecil sekitar 25 cm dengan warna kerat dan hitam dan sayap yang panjang.

 Burung alap-alap ini di bagian kepala dan tubuh atasnya berwarna abu-abu gelap dengan sedikit corak kebiruan, sedangkan tubuh bagian bawahnya cokelat berangan. Burung ini lebih sering beristirahat di pohon daripada di batu cadas, sarangnya biasanya terletak di pohon besar atau sarang bekas burung yang lain.

Burung alap-alap ini memiliki telur berwarna krem berbintik hijau dan coklat serta pada umumnya berjumlah 4 butir saja. Burung alap-alap macan bisa kamu jumpai di kawasan Asia tropis, Indonesia (Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua), kemudian kepulauan Solomon.

Nah, kali ini Sentrabudidaya ingin berbagi informasi harga burung alap alap kepada anda. Namun ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu jenis-jenis dari burung alap-alap ini. 

Jenis Burung Alap-Alap

Berikut ini beberapa jenis burung alap-alap yang harus anda ketahui:

1. Burung Alap-Alap Coklat

Jenis burung alap-alap yang pertama adalah alap-alap coklat. Burung ini jenis pemakan mamalia kecil, serangga, reptil dan burung-burung kecil lainnya. Tubuh burung ini lebih besar hampir dua kali lipatnya besar burung alap-alap macan, dengan ukuran sekitar 41 cm hingga 53 cm.

Burung Alap-Alap Coklat
Burung Alap-Alap Coklat

Untuk kenampakannya, terdapat totol coklat pada tubuh bagian atas dan bagian bawah, bulu tenguknya sama seperti jenis alap-alap yang lain, untuk tungkainya berwarna kehijauan. Burung alap-alap jenis yang satu ini memiliki kebiasaan bertengger di cabang terbuka yang menjuntai ke padang rumput.

Burung alap-alap jenis ini biasanya ada di Australia, Papua Nugini dan Tasmania. Untuk perilakunya, burung alap-alap coklat ini biasanya memangsa buruannya langsung di atas tanah, perilaku lebih mirip elang rawa. 

Simak juga: Panduan Cara Budidaya Kacer untuk Pemula

2. Burung Alap-Alap Sapi

Jenis burung alap-alap yang kedua adalah alap-alap sapi. Jenis ini memiliki ukuran sedang sekitar 30 cm dengan warna khas coklat. Burung alap-alap dengan mahkota coklat kekuning-kuningan, bergaris dan berbintik hitam tebal biasanya adalah ciri alap-alap jantan. Tubuh bagian bawahnya kuning suram dengan sedikit corak hitam tebal.

Burung Alap-Alap Sapi
Burung Alap-Alap Sapi

Burung jenis ini biasanya mudah ditemukan di sekitar Jawa, Sulawesi, Maluku dan Nusa Tenggara. Burung ini biasanya memangsa mamalia kecil, burung, kadal dan serangga.

3. Burung Alap-Alap Capung

Jenis yang ketiga yaitu burung alap-alap capung. Dari namanya, karena capung berukuran kecil mungkin dinamai alap-alap capung. Burung alap-alap jenis ini memiliki ukuran yang kecil, bahkan yang paling kecil ketimbang jenis alap-alap yang lainnya, hanya sekitar 15 cm dengan warna hitam dan putih.

Burung Alap-Alap Capung
Burung Alap-Alap Capung

Kenampakkan tubuh bagian atasnya berwarna hitam dengan bagian bawahnya putih kemerah-merahan. Burung alap-alap capung ini bisa dijumpai di sekitar wilayah Sunda, Malaya, Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Biasanya burung jenis ini berkembang biak pada bulan November dan Desember.

4. Burung Alap-Alap Kawah

Ada juga jenis burung alap-alap kawah, burung alap-alap jenis ini berukuran lebih besar daripada alap-alap coklat yakni sekitar 45 cm dengan warna gelap. Untuk alap-alap dewasa, bagian atas tubuhnya berwarna abu-abu gelap, berbintik serta sedikit garis hitam. Bagian bawah tubuhnya berwarna putih dengan corak hitam pada bagian dadanya.

Burung Alap-Alap Kawah
Burung Alap-Alap Kawah

Untuk jenis burung ini bisa anda jumpai di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Untuk wilayah Jawa dan Bali terdapat banyak jenisnya dan kebanyakan tersebar luas sepanjang kawasan pantai berbatu dan lereng gunung dengan ketinggian sekitar 3000 meter.

5. Burung Alap-Alap Walet

Untuk jenis alap-alap yang terakhir adalah alap-alap Walet yang memiliki ukuran tubuh sekitar 30 cm. Bagian atas berwarna hitam dengan dada berwarna putih susu dengan tambahan bercak hitam serta bagian perut berwarna merah agak coklat. Burung alap-alap jenis ini biasanya biasanya ditemukan di kawasan benua Afrika, Eurasia dan China, biasanya ketika musim dingin tiba burung alap-alap jenis ini bergerombol untuk bermigrasi ke selatan.

Burung Alap-Alap Walet - Harga burung alap alap
Burung Alap-Alap Walet

Mangsa dari burung alap-alap ini adalah serangga yang biasanya ditangkap saat terbang, kadang-kadang juga memangsa burung yang berukuran kecil. Di pasaran, burung alap-alap adalah termasuk dalam jenis burung yang banyak diminati oleh para pecinta burung, mulai dari suaranya yang merdu hingga jenis burung ini yang memang mudah dijinakkan.

Harga burung alap alap

Nah, kira-kira jenis mana yang akan anda pelihara? atau anda ingin bisnis jual beli burung alap-alap? Atau sekedar untuk menyalurkan hobi memelihara burung?

Nah, untuk harga burung alap alap sendiri dibanderol dengan harga sekitar 50.000 rupiah hingga 1 juta rupiah per ekornya. Harga yang ditawarkan beragam sesuai dengan kualitas suara dan jenis alap-alap yang ditawarkan. Demikian artikel mengenai jenis dan kisaran harga burung alap alap di pasaran. Simak juga Burung Harga 1 Milyar? Simak Tips Perawatan dari Pemiliknya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *