Daftar Makanan Burung Lovebird Biar Sehat dan Gacor

Makanan Burung Lovebird – Sebagai salah satu burung yang ada dalam daftar primadona pecinta burung di Indonesia, Lovebird memang hadir dengan keindahan dan kecantikan bulunya yang memiliki corak variatif.

Selain dari segi tampilan fisik yang memukau, daya tarik burung satu ini juga datang dari kemudahan perawatan serta makanan burung Lovebird yang notabene tak terlalu muluk-muluk.

Meski begitu, sebagai pecinta burung yang memelihara burung Lovebird, penting adanya untuk anda agar selalu menyediakan makanan yang bernutrisi dan tak sembarangan agar kondisi burung kesayangan anda tetap fit dalam menghadirkan kicauan-kicauan merdu.

Burung Lovebird Biola
Burung Lovebird Biola

Rekomendasi Makanan Burung Lovebird

Nah, bagi anda yang penasaran dengan menu makanan burung Lovebird apa saja yang perlu diberikan agar tetap dalam kondisi prima dan rajin menghasilkan gacoran, ada baiknya anda simak beberapa menu favorit burung Lovebird berikut ini:

1. Biji Kenari

Biji Kenari Makanan Burung
Biji Kenari Makanan Burung

Jika melihat kenampakan paruh burung yang dimiliki oleh burung Lovebird, pastilah kita tahu jika burung ini pada habitat aslinya memiliki menu makanan berupa biji-bijan. Oleh karena itu, tak heran jika biji kenari menjadi salah satu makanan favorit burung satu ini yang sekaligus memberikan nutrisi yang bagus.

Banyak kalangan pecinta burung yang meyakini bahwa biji kenari memiliki khasiat yang lumayan bagus untuk berbagai burung kicau agar menghasilkan suara unggulan, khususnya pada burung Lovebird. Selain itu, untuk burung Lovebird yang masih anakan, menu makanan ini bisa merangsang pertumbuhannya agar lebih maksimal.

2. Milet

Milet Putih dan Merah
Milet Putih dan Merah

Bagi anda yang sudah malang melintang di dunia pemeliharaan burung, tentunya sudah tak asing lagi dengan milet, baik yang merah ataupun putih. Meski hingga saat ini belum ada penelitian mengenai menu makanan ini, namun banyak kalangan pecinta burung yang sudah membuktikan kalau menu milet dapat meningkatkan daya tahan burung Lovebird.

Milet sendiri menjadi salah satu makanan favorit burung lovebird. Selain bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, milet ini juga dapat membantu burung lovebird supaya cepat gacor.

Jika anda bisa mendapatkan milet ini dengan mudah, sebaiknya anda memberikannya pakan milet ini pagi dan sore hari.

3. Jagung Manis

Jagung Manis
Jagung Manis

Selain enak dimakan, jagung manis juga menjadi menu favorit bagi berbagai jenis burung kicauan. Banyak penghobi Lovebird yang memberikan menu ini selain karena kadungan nutrisi yang tinggi, jagung manis juga mudah didapatkan di tukang sayur ataupun pasar.

Dengan kandungan Asam Folat, Betakaroten, dan vitamin B dan C yang ada di dalam jagung manis, menu ini dapat membantu burung untuk tetap fit dan menjaga kesehatan matanya.

Untuk memudahkan burung Lovebird dalam memakan menu ini, anda bisa merebus jagung manis terlebih dahulu sebelum diberikan pada burung anda. Selain mempermudah burung untuk memakannya, perebusan juga dilakukan agar penyerapan lebih maksimal.

4. Oats

Biji Oat Makanan Burung
Biji Oat Makanan Burung

Tak hanya dikenal sebagai menu sehat untuk manusia, oats ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi burung satu ini. Kandungan gizi seperti protein dan kalori yang tinggi di dalam oats diyakini mampu membuat burung lebih sehat dan aktif.

Untuk frekuensi pemberian menu makanan burung lovebird yang satu ini, anda dapat memberikannya beberapa kali dalam seminggu, kurang lebih 3 kali, mengingat oats bukan merupakan makanan pokok bagi burung Lovebird. Ada baiknya anda memberikan pakan oats semenjak burung masih anakan agar terbiasa dan tak kesulitan nantinya setelah burung dewasa.

5. Juwawut

Juwawut
Juwawut

Makanan burung lovebird selanjutnya adalah Juwawut. Juwawut sendiri bentuknya hampir sama dengan milet, hanya warnanya kemerahan dan berbentuk bulat.

Juwawut baik diberikan untuk burung lovebird anda karena memiliki kandungan karbohidrat 75 %, protein 9,8% dan zat kapur.

Sangat baik diberikan untuk burung anda, apalagi kalau burung lovebird anda sedang dalam masa bertelur, maka akan membantu meningkatkan stamina. Dengan begitu si induk akan tetap sehat saat bertelur.

6. Biji Sawi

Biji Sawi
Biji Sawi

Biji sawi juga bisa menjadi pakan pilihan burung lovebird para breeder semua. Biji sawi ini memiliki kandungan nutrisi berupa protein dan omega3 yang dapat membantu pertumbuhan lovebird dan yang terpenting mengkonsumsi biji sawi ini tidak akan membuat si burung mengalami obesitas.

7. Gabah Beras Merah

Gabah Beras Merah
Gabah Beras Merah

Makanan burung lovebird selanjutnya adalah gabah beras merah. Gabah beras merah ini banyak kandungan karbohidratnya, sehingga akan membantu proses pertumbuhan burung serta dapat meningkatkan daya tahan burung.

Anda bisa memberikan pakan berupa gabah beras merah ini dengan cara mencapurkannya dengan millet agar rasanya lebih enak dan lovebird tidak bosan.

Jangan lewatkan juga: Teknik Ternak Burung Lovebird untuk Pemula

Makanan Tambahan Burung Lovebird

Selain pakan di atas, anda juga bisa memvariasikan makanan burung lovebird agar tidak bosan, juga supaya lebih sehat dan cepat gacor tentunya. Berikut ini beberapa makanan tambahan burung lovebird yang bisa anda sajikan:

8. Buah Apel

Buah Apel Merah
Buah Apel Merah

Menu makanan tambahan untuk burung Lovebird yang pertama ini memang agak berkelas ya. Kita aja mungkin jarang makan apel, kok burung dikasih makan apel sih, hehehe.

Meski tak lazim dan tak biasa diberikan, apel menjadi pakan yang bagus karena selera burung Lovebird akan buah dan sayur terbilang banyak. Buah apel yang dipilih sebaiknya buah apel merah karena memiliki kandungan gizi yang lebih kaya dan mudah dimakan karena lebih lunak dibandingkan dengan apel hijau.

9. Toge

Makanan tambahan burung lovebird berikutnya adalah kecambah atau tauge. Kecambah atau tauge ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina lovebird sehingga lebih sehat, aktif, dan rajin gacor atau buka paruh (berkicau).

Kacang hijau yang sudah berkecambah dianggap mempunyai kandungan nutrisi yang lebih lengkap daripada bijian yang masih mentah. Jadi, tidak ada salahnya jika berkeinginan untuk mencobanya supaya suara gacor ngekek yang dimiliki lovebird lebih lantang dan panjang.

Namanya pakan tambahan, jadi kecambah ini tidak menjadi pakan utama burung anda ya.

10. Kangkung Sebagai Cemilan Lovebird

Makanan tambahan burung lovebird selanjtunya adalah kangkung. Sayuran yang satu ini biasanya diberikan pada saat-saat tertentu saja, yaitu pada saat burung akan mengikuti kontes.

Pemberian cemilan berupa kangkung ini akan memicu suara si burung gacor dan indah. Pemberian pakan berupa kangkung ini tidak baik apabila diberikan setiap hari serta tidak baik diberikan pada lovebird yang sedang merawat bayinya.

11. Telur Rebus

Telur Rebus via dagelan
Telur Rebus via dagelan

Telur rebus ini merupakan pakan tambahan yang dapat memicu pertumbuhan burung lebih cepat. Karena sebagaimana kita ketahui bahwa telur rebus ini memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kandungan protein yang tinggi ini akan mempercepat proses pertumbuhan burung, berikan sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Adapun untuk lovebird dewasa cukup 1-2 kali saja dalam seminggu untuk menghindari obesitas pada burung.

12. Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik

Pakan tambahan burung lovebird selanjutnya adalah jangkrik. Jangkrik juga kaya protein. Selain menunjang pertumbuhan, pemberian jangkrik ini juga dapat menghilangkan stres pada lovebird. Pemberiannya cukup 1-2 ekor saja dalam seminggu.

Pastikan anda melepaskan bagian kaki, tangan dan kepala jangkrik ya sebelum memberikan ke burung kesayangan anda.

13. Asinan Tulang Sotong

Asinan Tulang Sotong
Asinan Tulang Sotong

Makanan tambahan burung lovebird yang terakhir adalah asinan tulang sotong. Asinan tulang sotong ini kaya akan asupan kalsium. Burung lovebird juga membutuhkan kalsium dan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Cara penyajiannya yaitu dengan mengikat dan menggantung asinan tulang sotong di dalam sangkar burung dan biarkan mereka menyantap asinan tulang sotong ini dengan sendirinya.

Baca juga: Cara Mengatasi Lovebird Pilek / Sakit Flu (Snot)

Cara Memilih Jenis Pakan Harian Burung Lovebird

Berikut ini beberapa tips memilih jenis pakan burung lovebird yang benar:

Karbohidrat

Yang pertama adalah dari kandunga karbohidrat di dalamnya. Karbohidrat ini tentu dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, tidak terkecuali burung lovebird.

Fungsi karbohidrat bagi burung ini selain untuk sumber energi juga untuk  memperlancar metabolismenya. Jika metabolismenya baik maka burung akan lebih aktif bergerak dan juga berkicau. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat sang burung anda bisa memberinya pakan berupa jagung muda dan juga sayur sayuran.

Protein

Selanjutnya, anda juga sebaiknya mempertimbangkan protein yang terkandung dalam pakan tersebut. Protein ini berperan untuk pertumbuhan burung mulai dari sejak pembentukan telur, pertunasan bulu-bulu baru atau saat pergantian bulu, pada masa kawin, juga pada anakan yang baru saja menetas agar bisa tumbuh normal dan cepat besar.

Vitamin

Selanjutnya, burung juga membutuhkan vitamin layaknya manusia. Berikan makanan yang kaya akan vitamin a, b, c, d, e, dan k yang bersumber dari buah buahan dan juga sayuran.

*****

Demikianlah ulasan mengenai jenis makanan burung lovebird yang direkomendasikan agar burung anda tetap sehat dan cepat gacor, semoga bermanfaat ya. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada yang lainnya supaya yang lain juga bisa mengetahui jenis pakan terbaik untuk lovebird mereka.

Artikel terkait: Daftar Harga Burung Lovebird Terbaru Semua Jenis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *