Cara Penggunaan Pupuk Daun Yang Tepat Pada Tanaman

Pupuk Daun – Berbicara mengenai jenis pupuk yang telah hadir untuk memenuhi kebutuhan para petani ini memang banyak sekali. Mulai dari pupuk organik maupun pupuk anorganik sekalipun. Kali ini kita akan membahas mengenai pupuk daun.

Pupuk tersebut merupakan salah satu jenis pupuk buatan yang di berikan pada tanaman dengan cara di semprotkan pada bagian daunnya. Adapun untuk keuntungan yang bisa anda peroleh jika menggunakan pupuk tersebut tentu saja mampu membuat penyerapan dari unsur hara bisa berjalan dalam jangka waktu yang lebih cepat.

Selain itu, tanaman pun bisa lebih cepat pertumbuhan tunasnya sehingga pemupukan yang dilakukan melalui daun ini terbilang lebih berguna.

Wajib anda baca juga: Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman

Dari apa yang telah kita ketahui bahwasanya daun mempunyai stomata. Stomata ini ternyata mampu membuka dan juga menutup dengan mekanis yang telah di atur oleh sebuah tekanan yang dinamakan dengan tugordari sel penutup.

Apabila anda menyemprotkan sebuah larutan pupuk daun maka tanaman pun tak hanya mampu menyerap air saja melainkan juga mampu menyerap zat makanan yang biasanya mampu mendukung pertumbuhan tanaman.

Sekarang ini berbagai macam pupuk daun telah di perdagangkan dalam jumlah yang banyak. Bahkan dari banyaknya merk yang telah hadir pastinya anda bisa melihat manakah pupuk daun yang di rasa tepat untuk tanaman tertentu.

Waktu Pemberian Pupuk Daun yang Paling  Tepat

Wujud dari pupuk ini sendiri berupa Kristal halus, cairan bahkan ada pula yang hadir dalam bentuk tepung. Bahan dari pupuk ini yang terbilang lebih aman tentu saja bahan organik.

Hanya saja untuk bahan pupuk daun yang berasal dari anorganik pun juga terbilang cukup nyaman asalkan penggunaannya bisa anda sesuaikan dengan petunjuk maupun dosis yang telah tertera. Menggunakan pupuk daun dengan cara menyemprotkannya  tentu saja harus lebih berhati-hati.

Sebaiknya anda perhatikan frekuensi pemakaian pupuk yang paling tepat. Buat anda yang suka menggunakan pupuk ini, maka sudah seharusnya anda biasakan untuk membaca berbagai macam keterangan yang berada pada kemasan pupuk.

Dari situ anda akan mengetahui alat apa yang di pergunakan untuk menyemprot. Penyemprotan pupuk ini sebaiknya anda lakukan saat pagi hari mulai dari jam 8 hingga 9 maupun sore hari pada jam 3 hingga jam 4 sebab saat itu stomata daun sedang membuka secara sempurna.

Sehingga sebuah resiko mubazir pun bisa anda hindari. Tetapi jangan sampai anda pergunakan pupul tersebut bersamaan dengan pestisida yang mempunyai kandungan zat pekat. Jika pemberian pupuknya dilakukan bersamaan dengan zat pekat maka pupuk tersebut bakalan menempel pada bagian daun sehingga tidak dapat terserap oleh tanaman.

Masa penyemprotan pun bisa anda lakukan dalam waktu 10 hari sekali. Saat sudah beberapa kali penyemprotan dilakukan maka akan muncul sebuah tunas baru yang bakalan menjadi ranting maupun daun. Jadi anda perlu memperhatikan waktu pemberian pupuk yang lebih tepat.

Apabila tunasnya sudah muncul maka penyemprotan pupuk ini bisa anda hentikan. Jika tunas daunnya telah cukup kuat barulah tanaman pun bisa di lakukan penyemprotan kembali dengan menggunakan pupuk daun yang mempunyai kandungan P maupun K dalam dosis yang tinggi.

Penyemprotan kali ini juga bisa anda lakukan dalam waktu 10 hari sekali. Jika bunganya sudah mulai mekar maka penyemprotan pun juga harus anda hentikan supaya bunganya tidak berguguran. Jadi anda harus mengetahui waktu yang paling tepat untuk memberikan pupuk tersebut pada tanaman yang anda miliki.

Cara Menggunakan Pupuk Daun
Cara Menggunakan Pupuk Daun

Simak juga yuk: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair

Jenis Pupuk Daun pada Tanaman

Pupuk daun merupakan salah satu jenis pupuk yang saat ini sudah akrab sekali dengan para petani. Beragam keuntungan dari pupuk tersebut memang sudah bisa di rasakan dalam hal pembudidayaan tanaman. Di pasaran pupuk tersebut biasanya sering di perdagangkan dalam bentuk maupun jenis yang beraneka ragam. Jika anda tidak teliti pastinya anda bakalan di buat bingung dengan berbagai macam produk pupuk yang telah tersedia.

Pupuk daun yang biasanya di jual di pasaran ini hadir dalam dua bentuk yakni pupuk daun padat maupun pupuk daun cair. Pupuk daun padat ini merupakan pupuk daun yang hadir dalam bentuk kristal yang halus atau bahkan tepung yang nantinya akan di encerkan terlebih dahulu dengan menggunakan sebuah pelarut baru kemudian bisa di semprotkan pada tanaman.

Sedangkan untuk pupuk daun cair tentu saja berupa cairan pupuk pekat yang di encerkan baru kemudian bisa di semprotkan pada tanaman.

Jika kita melihatnya dari bahan pembentukannya tentu saja pupuk daun ini terbagi dalam dua jenis yakni pupuk daun dengan bahan anorganik dan juga pupuk daun dengan bahan organik. Jadi anda bisa memilih sendiri sesuai dengan kebutuhan anda. Banyaknya pilihan jenis pupuk ini pastinya semakin memudahkan anda untuk menentukan pilihan jenis pupuk yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Artikel terkait: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

Cara Menggunakan Pupuk Daun yang Paling Tepat

Setelah anda mengetahui berbagai macam jenis pupuk ini, tentu saja kini sudah saatnya bagi anda mengetahui berbagai cara pengaplikasian pupuk daun pada tanaman yang paling tepat. Supaya anda bisa mengaplikasikannya pada tanaman maka anda membutuhkan sebuah alat semprot maupun sprayer supaya memudahkan anda dalam penggunaannya.

Pupuk ini pun harus di encerkan terlebih dahulu pada pelarut sampai pada konsentrasi tertentu yang sudah di anjurkan. Pengenceran pupuk bisa anda lakukan dalam sebuah wadah baru kemudian anda bisa mengaduknya sampai merata.

Ketika pupuknya sudah anda encerkan hingga merata, maka larutan tersebut nantinya bisa anda masukkan dalam sebuah tangki semprot dan akhirnya bisa anda semprotkan pada tanaman.

Tentunya cara penggunaan pupuk tersebut tergolong mudah sekali bahkan semua petani pasti bisa melakukannya. Hanya saja yang belum pernah mengetahuinya masih merasa bingung dengan cara penggunaannya.

Dalam kegiatan penyemprotan sebetulnya ada salah satu hal yang di rasa kurang di pahami oleh para petani. Hal tersebut biasanya terkait mengenai letak atau bahkan bagian daun yang perlu di semprot pupuk. Kebanyakan dari para petani biasanya lebih suka mengaplikasikannya dengan menyemprotkan pupuk daun pada bagian daun yang menghadap ke atas.

Hal ini menjadi pilihan sebab mudah sekali cara menerapkannya. Padahal sebetulnya supaya anda bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal lagi maka pemupukan pun bisa di lakukan pada bagian helaian daun yang menghadap ke bagian bawah. Biasanya bagian tersebut mempunyai jumlah stomata yang lebih banyak.

Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai pupuk daun pada tanaman. Ternyata jenis pupuk tersebut terbagi menjadi berbagai jenis pupuk yang tentunya bagus sekali untuk pertumbuhan tanaman. Ada baiknya anda bisa mengaplikasikan pupuk tersebut dengan baik sehingga pertumbuhan tanaman pun lebih cepat dengan hasil yang bagus.

Jangan lewatkan juga: Pupuk Buah Terbaik untuk Kelengkeng, Sawit Dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *