Cara Melakukan Pemijahan Ikan Mas yang Benar

Pemijahan Ikan Mas – Pada lingkungan aslinya, ikan mas biasanya terpijah di awal musim hujan. Proses pemijahannya pun juga dirangsang oleh bau tanah kering yang muncul akibat tersiram air hujan. Namun di lingkungan budidaya pembenihan, ikan mas dapat dipijah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Nah, pada kali ini, Sentrabudidaya akan membahas tentang bagaimana sih pemijahan ikan mas yang benar di ulasan dibawah ini. Check this out!

Persiapan Pemijahan Ikan Mas

Untuk persiapan pemijahan ikan mas, kamu bisa melalui beberapa tahapan dibawah ini, yakni mulai dari :

1. Mencari Indukan Matang Gonad

Indukan jantan dan betina memang harus dipelihara di kolam yang terpisah sebelum memasuki masa pijah. Pasalnya, hal ini untuk mempermudah pemeliharaan hingga indukan memasuki masa matang gonad, yakni masa subur atau siap melakukan pembuahan.

Secara umum, syarat indukan ikan mas betina yang bisa dipijah adalah induk yang berbobot 2-3 kg dengan umur 1,5-2 tahun.

Sedangkan untuk ikan mas jantan, pada umumnya dapat dipijah pada bobot tubuh 0,6 kg dengan rata-rata umur 10-12 bulan. Inilah yang membedakan antara indukan jantan dan betina, yakni jantan lebih cepat memasuki masa matang gonad.

Indukan Ikan Mas Matang Gonad
Indukan Ikan Mas Matang Gonad

Ciri-ciri Indukan Ikan Mas Betina Matang Gonad

  • Adapun ciri-ciri indukan ikan betina yang sudah dalam masa matang gonad adalah perut bagian bawahnya lunak, berbentuk buncit, serta membulat.
  • Alat genital ikan juga berwarna kemerahan dan mengembang dengan bagian anus terlihat membengkak.
  • Jika anda lihat, maka pada bagian anus terlihat menonjol seperti membengkak

Ciri-ciri Indukan Ikan Mas Jantan Matang Gonad

  • Sementara itu untuk indukan jantan, ciri masa matang gonad adalah perut bagian bawah akan keluar sperma apabila ditekan.
  • Selain itu, ikan akan bertubuh lebih ramping dan lebih gesit dari biasanya.

2. Pemberokan Indukan Ikan

Pemberokan Indukan Ikan Mas
Pemberokan Indukan Ikan Mas via Youtubez

Setelah memilih masa gonad, indukan baiknya dilakukan pemberokan terlebih dahulu sebelum dipijah. Pemberokan sendiri merupakan pemeliharaan indukan jantan dan betina dalam kolam yang terpisah dengan cara tidak diberi makan selama 1-2 hari lamanya.

Hal ini bukan bermaksud kejam, melainkan untuk menghilangkan lemak disekitar area kantong telur agar pelepasan sel telur saat memijah tidak terhambat.

Selain hal tersebut, pemberokan juga bertujuan agar indukan dapat menahan sementara keinginannya sehingga kala dipijah, mereka akan secara alamiah saling tertarik dan cepat melakukan pembuahan.

3. Menyiapkan Kolam Pemijahan

Untuk pemijahan ikan, kolam yang paling cocok adalah jenis kolam tanah. Namun diperlukan persiapan yang detail, yakni mulai dari penjemuran kolam dengan sinar matahari, pengolahan tanah, pengapuran, hingga pemupukan dan pengairan.

Untuk satu kilogram bobot indukan betina dibutuhkan sekitar 6 mluas kolam pemijahan. Kedalaman air juga harus diukur, yakni paling tidak sekitar 60-80 cm dalamnya.

Ilustrasi Kolam Pemijahan Ikan Mas
Ilustrasi Kolam Pemijahan Ikan Mas

4. Pemberian Kakaban

Selain ketiga hal diatas, masa pemijahan ikan juga membutuhkan pemberian kakaban. Alat ini berfungsi untuk tempat ikan meletakkan telur-telur yang telah dibuahinya dalam masa pijah.

Kakaban bisa dibuat dari ijuk yang dijepit dengan bilah bambu dengan lebar umumnya sekitar 40 cm dan panjang sekitar 1-2 meter. Ijuk tersebut dapat kamu sisir rapi dengan sisir kawat dan dipaku dengan bilah bambu tersebut agar menjepit dengan kuat.

Jangan lupa, berilah pemberat pada kakaban agar tidak tenggelam dalam air. Untuk masa pijah, per kg indukan membutuhkan kakaban dengan ukuran 40×100 cm sebanyak 5-6 buah.

Panduan Cara Pemijahan Ikan Mas

Pada umumnya, ada 2 cara pemijahan ikan mas, yaitu melalui proses alami dan melalui proses buatan. Proses alami tentu saja dapat terjadi jika antar indukan mengawinkan diri dalam satu kolam, sedangkan proses buatan dapat terjadi dengan bantuan manusia.

Bantuan disini maksudnya indukan betina diberi penyuntikan hipofisa dengan teknik pembuahan dilakukan secara in vitro. Namun biasanya cara alami lebih banyak digunakan peternak.

Penyuntikan hipofisa baru akan dilakukan jika ikan-ikan yang sudah dipilih sulit memijah. Tapi pada dasarnya, ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang mudah memijah.

Teknik pemijahan secara alami memiliki berbagai cara dengan kekhasan pada masing-masing daerah penghasilnya. Salah satu cara pemijahan yang terkenal adalah teknik peternak Sunda yang saat ini banyak digunakan para pembudidaya di wilayah Jawa Barat.

Selain cara Sunda tersebut, ada beberapa cara terkenal lain untuk memijahkan ikan mas, yakni cara Cimindi, Magek, Kantong, Rancapaku, Dubisch, hingga Hofer.

Dan untuk wilayah Indonesia biasanya memiliki kekhasan tersendiri dalam memijahkan ikan mas. Nah, berikut ini ini cara pemijahan ikan mas dengan menggunakan metode orang Sunda, langkaj-langkahnya yaitu:

  • Ikat kakaban ijuk pada posisi melayang di dalam air sekitar 10-15 cm dari atas permukaan.
  • Setelah itu, kedua indukan dimasukkan bersama-sama dengan perbandingan bobot antara betina dan jantan adalah 1:1 dan jumlah indukan adalah 2:1.
  • Kedua indukan ini biasa dilepas kala sore hari sehingga pemijahan akan berlangsung pada dini hari. Hal ini akan ditandai dengan ikan-ikan yang saling berkejaran dan adanya bau amis yang menyelimuti air kolam.
  • Apabila sudah 24 jam, amatilah kakaban, apakah alat tersebut sudah dipenuhi telur yang menempel atau belum.
  • Apabila kakaban sudah berisi telur, maka goyang-goyangkan alat tersebut agar bersih dari lumpur dan pindahkan pada kolam penetasan.

Penetasan Telur Ikan Mas

Kamu bisa menyiapkan kolam ini sehari sebelum proses pemijahan dilakukan. Kolam penetasan ini sendiri bisa kamu buat dari bak semen, bisa juga dari akuarium, bak fiber, atau kolam terpal.

Yang jelas, kolam harus dilengkapi dengan hapa agar telur menetas sempurna. Hapa merupakan jaring halus yang memiliki ukuran 1 mm.

Ukuran ini tentunya lebih kecil dari ukuran telur sehingga telur tidak akan kemana-mana. Kolam penetasan juga sebaiknya terlindung dari panas matahari yang berlebihan dan juga terhindar dari guyuran deras air hujan.

Sementara itu agar jamur tidak dapat tumbuh disana, silahkan beri methylen blue pada air kolam. Kamu juga bisa memberinya pada kakaban dengan cara direndam lebih dulu pada air campuran methylen blue.

Jika hal tersebut sudah kamu lakukan seluruhnya, maka kamu tinggal tunggu telur menetas. Idealnya, telur akan menetas 1-3 hari di suhu 28-30oC. Telur yang telah menetas menjadi larva ini tidak usah diberi pakan.

Pasalnya, kuning telur pada larva masih membawa nutrisi. Barulah nanti setelah berumur 2-3 hari, pakan bisa kamu berikan.

Salah satu jenis pakan yang bisa diberikan untuk larva adalah kuning telur yang telah direbus dan dilumat dengan campuran satu liter air. Berilah pakan 2x sehari pada pagi dan sore hari.

Larva bisa dipelihara sampai umur 1 minggu atau mencapai ukuran 1-2 cm dan dipindah ke kolam pendederan untuk memasuki proses pembesaran.

Jika sudah besar, baru deh kamu bisa memanen, menjual, atau malah memijahnya lagi untuk pembudidayaan yang selanjutnya.

Apapun itu, pertimbangkan langkah dengan matang karena jika ikan dijual melewati masa 3 bulan, maka nilainya sudah tidak ekonomis lagi dan malah menyebabkan kerugian. Jadi, pintar-pintar kita mengatur saja.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pemijahan Ikan Mas

Ada beberapa catatan penting yang sebaiknya anda perhatikan dalam pemijahan ikan mas, proses pemijahan bisa berhasil, berikut ini diantaranya:

  • Pertama, anda harus memarikan bahwa dasar kolam tidak berlumpur, tidak bercadas.
  • Yang kedua, usahakan agar kondisi air tidak terlalu keruh; kadar oksigen dalam air cukup; debit air cukup; dan suhu berkisar 25 derajat C.
  • Usahakan agar ijuk atau kakaban tersedia, atau jika tidak ada juga, digantikan dengan tanaman air.
  • Pemberian makanan dengan kandungan protein 25%. Untuk pellet diberikan secara teratur 2 kali sehari (pagi dan sore hari) dengan takaran 2-4% dari jumlah berat induk ikan.

****

Bagaimana? Sudah cukup jelas bukan? Semoga ulasan mengenai cara pemijahan ikan mas ini bisa menjadi referensi buat anda yang ingin memijahkan ikan mas sendiri.

Artikel terkait: Cara Ternak Ikan Nila Lengkap

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *