Cara Pembuatan Pelet Ampas Tahu yang Benar

Cara Pembuatan Pelet Ampas Tahu – Tahu merupakan makanan tradisional yang terbuat dari kacang kedelai. Sampai saat ini, tahu masih menjadi lauk favorit sebagian besar masyarakat lantaran kaya akan protein dan rendah sodium.

Dalam pembuatan tahu, bahan awal kedelai diolah sedemikian rupa hingga menjadi bubur dan akan terpisah antara sari kedelai dan ampas kedelainya. Ampas kedelai inilah yang dikenal untuk pembuatan pelet ampas tahu.

Ampas tahu ini mengandung banyak manfaat, diantaranya energi, protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor dan zat besi. Selain itu, dalam ampas tahu juga terkandung vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.

Karena kandungan manfaatnya yang sangat banyak inilah yang menjadikan ampas tahu diolah menjadi makanan seperti tempe gembus ataupun sebagai tambah pakan ternak yang biasanya diolah menjadi pelet. Lalu bagaimana cara pembuatan pelet ampas tahu yang benar? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Artikel terkait: Cara Budidaya Arwana Lengkap

Cara Pembuatan Pelet Ampas Tahu via Peternakankita
Cara Pembuatan Pelet Ampas Tahu via Peternakankita.com

Keunggulan Pelet Ampas Tahu

Pelet ampas tahu dapat digunakan sebagai makanan tambahan pada ikan maupun ternak lainnya. Pelet telah terbukti mengurangi kematian bibit ikan lele hingga 10% sampai 20% dan juga membuat pertumbuhan lele lebih cepat.

Hal ini disebabkan karena di dalam pelet ampas tahu terdapat penambahan probiotik yang mengandung mikroorganisme yang bermanfaat dalam meningkatkan ketahanan ikan lele. Pelet organik ampas tahu membuat system imun ikan lele lebih baik daripada pelet buatan pabrik.

Probiotik sendiri nyatanya bermanfaat untuk meningkatkan laju pertumbuhan ikan lele dan juga meningkatkan kekebalan tubuh si ikan terhadap serangan penyakit. Pemberian probiotik dalam pelet ikan lele secara tidak langsung juga berperan sebagai pengganti antibiotik.

Selain itu, ampas tahu juga mudah didapat dan murah sehingga menjadikan pelet ampas tahu sebagai pakan segar dan organic bagi ikan lele. Kandungan komposisi gizi dalam ampas tahu juga sangat baik dan seimbang untuk kesehatan juga pertumbuhan lele. Bagi pemeliharanya, penggunaan ampas tahu dapat menekan biaya produksi secara umum.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, sejatinya pelet ikan lele harus mengandung komposisi protein, lemak, mineral dan vitamin. Komposisi tersebut didapatkan dari bahan-bahan dasar organik pembuat pelet ikan lele, diantaranya adalah bekatul, tepung ikan, bungkil, tepung jagung, udang, minyak ikan dan suplemen lainnya.

Selain itu kombinasi seimbang 20 asam amino esensial dan non-esensial yang dibutuhkan lele dapat terpenuhi oleh kandungan pada ampas tahu, mendukung pencernaan lele dalam memanfaatkan seluruh nutrisi untuk pertumbuhannya. Di bawah ini adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat pada ampas tahu yang wajib kamu ketahui. Check this out!

Kandungan Gizi Ampas Tahu

Energi 393 kal
Protein 4.9 gram
Lemak 17.4 gram
Karbohidrat 67.5 gram
Mineral 4.3 gram
Kalsium 19 gram
Fosfor 29 gram
Zat Besi 4 miligram
Vitamin B 0.2

Dari berbagai zat yang terkandung pada ampas tahu di atas, membuat ampas tahu memiliki keunggulan sebagai bahan dasar pembuat pelet. Selain memiliki kandungan protein yang tinggi, pelet ini juga bisa mengurangi tingkat kematian bibit ikan lele serta meningkatkan pertumbuhan ikan lele lebih cepat.

Harganya yang lebih murah dapat menjadikan keuntungan budidaya lele lebih besar. Selain itu, pelet selalu tersedia dalam keadaan baru sehingga mengurangi pencemaran lingkungan akibat dari usaha pembuatan tahu itu sendiri. Sangat menguntungkan, bukan?

Daftar Cara Pembuatan Pelet Ampas Tahu yang Benar!

Setelah mengetahui ulasan diatas, lalu kira-kira apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan serta bagaimana cara pembuatan pelet ampas tahu? Langsung saja, ada beberapa cara membuat pelet ampas tahu seperti yang akan kita bahas dibawah ini!

#Cara Pertama

  • Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti baskom, ember, pencetak pelet, bekatul 6 kg, ampas tahu 5 kg, tepung jagung 4 kg, tepung udang 1,5 kg, suplemen vitamin 2 bungkus, EM4 0,5 liter, minyak ikan 20 butir dan air bersih secukupnya.

Sedangkan untuk alat yang digunakan, siapkan ember besar dengan penutup yang dilubangi untuk menempatkan selang, selang, pencetak pelet, serta kain kasa.

  • Langkah Kerja Pembuatan Pelet

Untuk langkah pertama, siapkan alat dan bahan yang sudah tertera di atas lalu sambungkan selang lewat lubang yang ada di ember dengan kain kasa untuk mengalirkan udara. Lalu, campur seluruh bahan hingga merata dan menyerupai adonan kue agar mudah dicetak serta masukkan ke dalam drum yang telah disiapkan.

Biarkan selama 5-7 hari agar berfermentasi. Jika sudah, keluarkan adonan dan cetak dengan alat. Setelahnya, keringkan adonan yang telah dicetak untuk membuatnya tidak berjamur dan lebih tahan lama. Maka, pelet siap digunakan sebagai pakan lele.

Simak juga: Plankton Starter – Definisi, Jenis, Cara Budidaya

#Cara Kedua

Selain cara tersebut, kamu juga bisa membuat pelet dengan cara berikut ini. Silahkan disimak!

  • Alat dan Bahan yang Digunakan

Alat sama dengan cara pembuatan pertama, sedangkan bahannya, siapkan 25 kg ampas tahu, 25 kg dedak halus, 5 kg tepung ikan, 5 liter tetes tebu atau molases, 1.000 ml probiotik EM4 perikanan, dan 10 sendok makan ragi tempe.

  • Langkah Kerja Pembuatan Pelet

Campur semua bahan dan aduk hingga merata lalu masukkan adonan ke wadah dan beri lubang udara dengan selang untuk membuang gas proses fermentasi. Tutup ujungnya sebagian agar udara tetap bisa masuk dan diamkan selama 4 hingga 5 hari untuk proses fermentasi. Sesudah itu, pakan alternatif sudah siap digunakan.

Artikel terkait: Cara Budidaya Ikan Patin

#Cara Ketiga

Tidak hanya kedua cara diatas saja, ada lagi cara ketiga untuk pembuatan pelet ampas tahu. Penasaran? Yuk, simak caranya!

  • Alat dan Bahan yang Diperlukan

Siapkan saja alat sesuai cara pembuatan pertama, lalu siapkan bahan berupa 25 kg ampas tahu, 30 kg tepung ikan, 30 kg tepung kedelai, 40 kg tepung jagung, ikan asin secukupnya, daun pepaya segar, dan 5 buah ragi tempe.

  • Langkah Kerja Pembuatan Pelet Tahu

Campur semua bahan dan aduk hingga rata lalu tambahkan air sedikit demi sedikit. Terus aduk hingga adonan kalis dan tutup rapat wadah. Diamkan minimal 12 jam. Setelahnya, haluskan ikan asin dan daun papaya serta campur adonan tersebut dengan ikan asin dan daun pepaya yang sudah dihaluskan.

Lalu, cetak menggunakan mesin pelet dan jemur adonan hingga kering. Maka, pakan alternatif siap diberikan ke lele ya guys.

Artikel terkait: Cara Pembesaran Ikan Lele Step by Step

#Cara Keempat

Terakhir, ada cara alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat pakan. Sudah siap untuk menerapkannya?

  • Alat dan Bahan yang Diperlukan

Siapkan alat sesuai cara pertama, lalu siapkan bahan berupa 25 kg ampas tahu, 10 kg ikan rucah, 1.000 ml Probiotik, 30 kg tepung ikan, dan 40 kg tepung jagung.

  • Langkah Kerja Pembuatan Pakan

Campur semua bahan dan aduk hingga rata lalu tambahkan air sedikit demi sedikit serta terus aduk hingga adonan kalis. Cetak dengan alat pembuat pelet dan jemur hingga kering atau dengan oven. Maka, pakan alternatif siap digunakan.

****

Itulah beberapa informasi terkait cara pembuatan pelet ampas tahu yang bisa anda praktekan sendiri di rumah. Tidak sulit bukan? Selain itu, tentunya banyak sekali manfaat ampas tahu bagi hewan ternak. Jadi, jangan ragu lagi memberikan pakan ternak dengan ampas tahu karena sudah terbukti kandungan gizinya sangat banyak. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel terkait: Panduan Cara Budidaya Cacing Tanah Lengkap

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *