Jenis Makanan Burung Nuri Agar Tetap Sehat

Makanan Burung Nuri – Sebagai salah satu burung unik yang banyak peminatnya, burung Nuri memiliki keunikan tersendiri dalam mengolah kicauannya sehingga bisa menghasilkan berbagai suara unik, termasuk suara manusia.

Meski begitu, untuk mendapatkan kemampuan yang mahir dalam menirukan kicauan dan suara bukan termasuk hal yang gampang. Diperlukan adanya latihan yang berkelanjutan dan juga makanan burung nuri yang kaya dengan nutrisi untuk mencukupi energi dan menunjang perkembangannya.

Makanan Burung Nuri
Ilustrasi: Makanan Burung Nuri

Makanan Burung Nuri

Untuk lebih mengetahui sebenarnya pakan apa yang bisa memaksimalkan perkembangan dan membuat perawakannya sehat, berikut beberapa makanan burung Nuri yang bisa anda berikan untuk burung Nuri peliharaan di rumah:

Biji-bijian

Biji Bijian Makanan Burung Parkit
Biji Bijian Makanan Burung

Salah satu makanan yang bisa diberikan pada burung Nuri sebagai makanan pokoknya yaitu biji-bijian. Akan tetapi jika burung nuri tidak dibiasakan makan biji-bijian sejak anakan, mereka akan cenderung susah dan ada baiknya untuk tidak memaksakan.

Jika burung Nuri anda memang sudah terbiasa, anda bisa meberikannya biji jagung yang masih segar dan muda karena memiliki rasa manis. Selain jagung, biji-bijian lain seperti milet dan biji bunga matahari juga bisa menjadi kombinasi pakan yang baik.

Pelet Burung

Voer Burung
Voer Burung

Selain biji-bijian, anda juga bisa meberikan pakan pelet sebagai makanan pokok untuk burung Nuri. Jenis pakan ini bisa dibilang memiliki kandungan yang lengkap dan diperkaya dengan berbagai vitamin tambahan untuk membuat burung lebih sehat dan berstamina dalam menghasilkan kicauan-kicauan.

Pada umumnya, pelet ini dibuat dari berbagai racikan bahan seperti buah, sayur, bijian, dan lain sebagainya agar burung mendapatkan nutrisi lengkap dengan pakan yang lebih praktis.

Bubur Buatan

Untuk anda yang ingin meracik sendiri pakan agar lebih hemat dan alami, anda bisa meracik sendiri bubur buatan di rumah. Bubur ini dibuat dengan mencampurkan berbagai bahan biji-bijian seperti gandum, milet, beras merah, jewawut jagung, dan juga sayuran, kemudian dimasak hingga lumat dan bertekstur lembut. Anda bisa menyajikan bubur kaya serat dan karbohidrat ini pada burung Nuri selagi masih hangat.

Buah Segar

Buah-buahan

Makanan burung nuri selanjutnya berupa buah-buahan ini sifatnya sebagai pelengkap untuk meberikan vitamin dan nutrisi lebih pada burung. Buah pertama yang umum diberikan yakni buah apel. Kandungan antioksidan yang ada dalam buah ini akan membuat daya tahan burung lebih meningkat dan tak mudah sakit karena polusi udara terutama kalau anda tinggal di daerah perkotaan atau kawasan pabrik.

Selain itu, buah seperti pisang dan pepaya juga bagus untuk diberikan. Kedua buah ini selain memiliki rasa yang disukai oleh burung nuri juga membawa manfaat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan pada si burung.

Sayur

Selain buah, jenis makanan lain yang kaya akan vitamin yaitu berbagai jenis sayuran. Pemberian pakan berupa sayur ini bisa anda berikan pada burung sebagai kombinasi pakan pelengkap sekitar 2 kali seminggu atau bisa menyesuaikan dengan kebutuhan si burung. Beberapa jenis sayuran yang disukai burung Nuri diantaranya wortel, brokoli, dan juga anda bisa memberikan sayur kangkung sesekali.

Umbi

Untuk memperlancar pencernaan pada burung, selain memberikan sayuran dan buah, anda juga bisa mencoba pakan kaya serat lain berupa umbi-umbian. Beberapa umbian yang umum dan memang digemari oleh burung Nuri yakni kentang dan juga ubi jalar.

Selain memberikan energi yang cukup untuk kebutuhan harian si burung dari karbohidrat, makanan burung nuri tersebut juga menghindarkan mereka dari gangguan pencernaan yang bisa mempengaruhi kelincahan.

Artikel terkait: Jenis dan Harga Burung Kakatua Terbaru

Cara Menjinakan Burung Nuri

Selain memperhatikan makanan yang dibutuhkan oleh burung nuri, anda sebaiknya juga memperhatikan perawatan burung nuri itu sendiri. Berikut ini beberapa tips menjinakkan burung nuri agar lengket sama kita:

#Perawatan Kandang

Hal pertama yang harus kita perhatikan agar burung nuri mau jinak adalah dengan memperhatikan kandang yang akan ditmepatinya.

Pastikan kandang burung nuri itu nyaman dan jauh dari pemangsa atau anak-anak. Tempatkan burung nuri anda di area yang lebih ramai dengan banyak manusia, agar burung tersebut bisa lebih terbiasa berinteraksi dengan manusia atau pemiliknya.

Merawat burung nuri di lingkungan yang tertutup justru akan membuat burung kurang suka berinteraksi, sebaiknya saya sarankan agar burung tersebut lebih terbuka dalam penempatan kandang.

#Cara Menempatkan

Jika burung nuri anda sudah mulai jinak dan aktif, maka secara umum juga tidak akan takut terhadap keramaian, sehingga ketika burung nuri yang kita pelihara tidak akan canggung lagi.

Kalau pun berada di keramaian dan keributan sehingga mengakibatkan burung stres, maka burung nuri akan lebih mendekati kita, dan burung nuri ini akan bisa lebih kita pegang, dan bisa di kasih makan dengan tangan kita secara langsung, dan sesekali burung nuri akan bisa hinggap pada tangan dan punggung kita.

#Tips Memandikan Burung

Usahakan untuk bisa memandikan burung nuri minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari. Cara memandikannya yang benar yaitu dengan disemprot dengan botol spray. Mandikan burung nuri sampai basah kuyup.

Saat burung sudah basah kuyup, biasanya burung nuri akan kedinginan kemudian lapar. karena burung banyak membakar kalori untuk menghangatkan tubuhnya. Begitu selesai mandi, sebaiknya burung tersebut di jemur agar cepat kering.

#Cara Pemasteran

Tahap pemasteran ini bisa dibilang sebagai tahap kunci dari keberhasilan seseorang memelihara burung nuri. Tahap ini bisa kita lakukan dengan efektif jika burung nuri sudah sangat jinak.

Bagaimana cara pemasteran burung nuri ini? Caranya yaitu dengan memutarkan suara burung- burung berkicau pada mp3 player.

Jika anda ingin mendapatkan burung nuri yang bisa berbicara seperti manusia, maka anda bisa menempatkan burung tersebut di tempat yang sering di ruang tamu atau di ruang yang sering banyak interaksi terhadap manusia. Sering-seringlah mengajak burung nuri berbicara, maka lama kelamaan burung nuri anda akan bisa berbicara layaknya manusia.

****

Demikianlah tips perawatan dan jenis makanan burung nuri yang bisa anda berikan agar burung nuri anda tetap sehat dan lincah bahkan bisa berbicara layaknya manusia. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda semua.

Jangan lewatkan juga: Jenis dan Harga Burung Nuri Terbaru Lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *