Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!

Cara Menanam Tomat Tomat termasuk buah atau sayuran ya? Kali ini kami tidak menjelaskan masalah itu. Tanaman tomat merupakan jenis tanaman yang berkembang biak menggunakan biji, namun biji atau benih yang digunakan tidak boleh sembarangan karena kualitas buah tomat sangat dipengaruhi oleh benih yang anda tanam.

Masalah pemilihan benih atau bibit yang berkualitas memang sedikit rumit namun dalam kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara memilih bibit tanaman tomat yang berkualitas dibawah ini, namun sebelum itu tentu anda juga ingin mengetahui cara menanam tomat karena percuma jika tahu cara memilih bibit yang berkualitas tapi cara menanam tomat yang benar tidak tahu.

Panduan Cara Menanam Tomat Step by Step
Panduan Cara Menanam Tomat Step by Step

Baiklah langsung saja Sentra Budidaya akan menyajikan cara menanam tomat berikut ini.

Namun sebelum lebih lanjut ada baiknya anda ketahui dulu apa saja manfaat dari buah tomat itu sendiri bagi tubuh sebagai berikut ini :

Manfaat Tomat untuk Kesehatan

  • Pertama dapat menurunkan resiko kanker karena dalam buah tomat banyak mengandung antioksidan seperti vitamin C, oleh karena itu bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit kanker ada baiknya untuk sering megkonsumsi buah tomat.
  • penderita hipertensi merupakan penyakit tekan darah yang berlebih, oleh karena itu bagi anda yang mengalami penyakit tersebut dapat mengkonsumsi tomat untuk menstabilkan tekanan dan darah. Selain itu tomat dapat meningkatkan asupan kalian karena efek vasodilatasinya
  • Terdapat serat, kalium, vitamin C dan kolin yang dapat membantu menyehatkan jantung karena senyawa yang baik pada buah tomat
  • Selanjutnya bagi anda yang menderita penyakit diabates sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah tomat, karena buah tomat memiliki kadar glukosa darah yang rendah.
  • Bagi anda yang ingin menjaga kulit wajah maupun tubuh agar tetap awet muda sebaiknya mengkonsumsi buah tomat karena mengandung vitamin C.

Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Step by Step

Panduan Cara Menanam Tomat Step by Step

Nah setelah anda mengetahui apa saja manfaat mengkonsumsi buah tomat selanjutnya adalah cara menanam tomat, mari ikuti tahap-tahap dibawah ini :

1. Pemilihan Bibit Buah Tomat Yang Berkualitas

Cara menanam tomat yang pertama dan yang paling penting agar hasil/panen dapat maksimal adalah dengan memilih bibit buah tomat yang berkualitas. Dibawah ini terdapat cirri-ciri bibit buah tomat yang berkualitas sebagai berikut :

  • Bibit berasal dari buah yang benar-benar matang
  • Buah yang dipilih harus berukuran besar dari yang lainnya
  • Buah tidak memiliki cacat sedikitpun
  • Pilih bibit tomat yang saat direndam tidak terapung

Setelah anda mengetahui ciri-ciri bibit tomat yang berkualitas, selanjutnya kami akan menyajikan cara memilih bibit yang berkualitas sebagai berikut :

  • Pertama yang perlu anda lakukan memilih bibit yang memiliki masa pertumbuhan seragam maksudnya saat anda sekali sebarkan bibit tanaman dapat tumbuh bersamaan.
  • Selanjutnya anda harus memilih bibit yang dapat tahan terhadapa perubahan iklim yang tak bisa diduga
  • Berikutnya bibit yang berkualitas adalah bibit yang dapat tumbuh lebih cepat dari bibit biasa
  • Bibit yang berkulitas adalah bibit yang memiliki akar tanaman banyak dari akar primer ataupun akar sekunder
  • Pilih tanaman yang tahan saat dipindahkan kelahan lain dapat hidup karena banyak tanaman baru yang mudah mati saat dipindahkan kelahan lain
  • Bibit tanaman yang berkualitas adalah bibit yang dapat tahan terhadapa serangan penyakit maupun hama.

2. Melakukan Penyemaian Buah Tomat

Cara menanam tomat selanjutnya adalah melakukan penyemaian, tujuannya agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal, tanaman dapat dipelihara dengan maksimal, tanaman dapat dengan mudah beradaptasi dengan tempat baru, dapat mengganti tanaman yang sudah mati dengan tanaman baru. Berikut ini adalah cara penyemaian tanaman tomat dengan mudah :

  • Proses penyemain bibit tomat sebagai berikut :
  • Pertama yang harus anda lakukan adalah merendam biji tomat dengan air yang sudah dicampur dengan fungisida, bertujuan agar hama dan penyakit pada bibit tanaman tomat mati sehingga proses penanaman dapat dilakukan secara maksimal
  • Setelah tahap diatas selesai, anda harus menyiapkan media semai yaitu campuran antara tanah dan pupuk kompos secukupnya
  • Berikutnya buat lubang dengan jari anda lalu masukan bibit tomat kemudian tutup dengan tanah tersebut
  • Terakhir anda hanya perlu melakukan penyiraman secara rutin agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal

Setelah tahap penyemaian selesai, hal yang perlu anda ingat adalah tidak semua bibit tanaman bisa disemai. Baiklah silahkan untuk mengikuti tahap cara menanam tomat berikutnya.

Artikel terkait lainnya: Panduan Cara Menanam Bawang Merah Step by Step

3. Pemilihan Media Tanam Bisa Menggunakan POT Maupun Polybag

Cara menanam tomat berikutnya adalah menyiapkan media tanam berupa pot ataupun Polybag, kenapa kami sarankan untuk menggunakan media tanam diatas karena lahan yang digunakan tidak terlalu luas. Namun sebelum melakukan penanaman benih tomat pada pot ada baiknya anda memilih pot yang digunakan berbahan keramik, semen ataupun tanah liat saran dari kami untuk memilih pot dari bahan tanah liat.

Begini cara melakukan pemindahan tanaman tomat ke media tanam pot sebagai berikut ini :

  • Siapkan pot sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.
  • Siapkan juga pecahan genting atau styrofoam.
  • Masukkan pecahan genting atau potongan sterofoam ke dasar pot. Dasar pot harus diisi dengan pecahan genting atau potongan sterofoam. Tujuannya adalah untuk kepentingan sistem drainase dan sistem aerasi.
  • Siapkan media tanam yang berupa campuran antara tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 2 : 1. Campurlah media tanam tersebut hingga tercampur merata.
  • Masukkan media tanam ke dalam pot hingga 6 cm dari bibir pot.
  • Pot yang telah berisi media tanam diletakkan di ruangan terbuka yang terkena sinar matahari pagi secara langsung selama tujuh hari.
  • Pada saat pot yang telah berisi media tanam dijemur selama tujuh hari, pilihlah bibit yang akan ditanam terlebih dahulu.
  • Bibit yang akan ditanam haruslah sehat. Bibit yang sehat ditandai dengan bibit tersebut daunnya berwarna hijau cerah, tidak ada bekas cacat pada tanaman, dan batangnya kokoh.
  • Lepaskan bibit dari polibag dengan cara merobek polibag dengan menggunakan pisau atau gunting. Lakukanlah hal tersebut secara hati-hati supaya perakaran tidak mengalami kerusakan. Apa yang terjadi jika perakaran rusak? Yang akan terjadi adalah tanaman akan mengalami stres karena pindah pada lingkungan baru. Tanaman yang stres akan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Bibit kemudian dimasukkan ke dalam pot beserta dengan media tanam yang lama.
  • Penempatan bibit harus berada tepat ditengah-tengah pot. Tujuannya supaya perakaran tidak rusak pada saat tanaman tumbuh membesar.
  • Setelah itu, masukkan kembali media tanam ke dalam pot hingga pot mencapai 2 cm dari bibit pot.
  • Ratakan media tanam kemudian padatkan media tanam supaya tanaman menjadi kokoh.
  • Tanaman kemudian disiram dengan menggunakan air.
  • Penempatan tanaman dapat dilakukan di tempat terbuka.

4. Pemeliharaan Tanaman Tomat Dalam Pot

Tahap berikutnya dalam cara menanam tomat adalah proses pemeliharaan, dalam tahap ini anda diwajibkan untuk memperhatikan tanaman tomat agar selalu sehat, karena jika tanaman tomat tumbuh dengan sehat maka buah yang dihasilkan pasti maksimal.

Anda bisa melakukan pemeliharaan dengan menyiram tanaman tomat setiap hari pada pagi dan sore hari agar kebutuhan air dapat tercukupi secara maksimal, namun jika pada musim penghujan hindari melakukan penyiraman pada tomat. Selain itu anda juga bisa melakukan pemupukan yang bertujuan supaya tanaman tomat mendapat unsur hara yang cukup.

5. Panen Tanaman Tomat yang benar

Cara menanam tomat berikutnya adalah tahap panen, meskipun proses panen terlihat mudah tapi jangan salah ada banyak hal yang perlu anda perhatikan sebelum panen karena jika proses panen dilakukan secara sembarang kualitas buah tomat akan berkurang.

Masalah itulah yang membuat banyak petani mengalami kerugian, jangan khawatir dalam kesempatan kali ini kami akan menyajikan cara panen tomat yang benar dengan menggunakan beberapa teknik diantaranya sebagai berikut :

  • Teknik visual, anda tahu tidak apa itu teknik visual?? Teknik visual adalah proses pengecekan tanaman tomat siap atau tidaknya dipanen dengan melihat tekstur kematangannya. Teknik ini sering digunakan oleh para petani kita karena hanya dengan melihat saja anda bisa tahu apakah tanaman tomat sudah siap dipanen
  • Teknik fisiologi, teknik ini terbilang lebih banyak mengeluarkan biaya dibandingakan dengan teknik visual oleh karena itu jarang digunakan oleh para petani

Setelah anda tahu beberapa teknik diatas langsung saja kita masuk ke proses panen, saat proses panen kami saran untuk menggunakan tangan saja karena lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan bantuan alat seperti gunting ataupun pisau.

Selain itu agar tanaman tomat yang dihasil berkualitas baik, hindari proses panen yang tergesa-gesa karena kita tahu melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal.

6. Tahap Penyimpanan

Dalam tahap ini anda harus memilih tempat atau area penyimpanan yang layak untuk buah tomat karena tomat yang sudah dipanen tidak baik simpan dalam tempat yang terkena sinar matahari langsung karena akan cepat menghilangkan vigor sehingga cepat layu.

Saran dari kami untuk menaburkan kapur dibawah penyimpanan tomat bertujuan agar mengurangi zat Co2.

Baiklah setelah mengetahui beberapa Cara menanam tomat dengan benar, kami akan sedih memberikan informasi mengenai jenis-jenis tomat dibawah ini :

a. Determinate

Jenis tanaman yang satu memiliki cir khas khusus yaitu lebih kecil atau pendek dari jenis tanaman tomat yang lainnya karena hanya berukuran 50-80 cm saja. Namun dari segi penanaman jenis tomat yang satu ini proses panen relatif lebih cepat sehingga tidak perlu lama menunggu.

b. Intermediate

Pohon Tomat dengan golongan ini termasuk relatif tinggi dan dapat tumbuh hingga mencapai 2m. Namun demikian, meskipun batang tanamannya relatif tinggi umurnya hanya berkisar 4 bulan.

c. Hybrida

Golongan ini merupakan hasil persilangan antara golongan determinate dengan intermediate. Karena merupakan persilangan antara keduanya, varietas ini memiliki sifat dari keduanya.

Itulah sedikit informasi dari saya mengenai cara menanam tomat, semoga bisa sedikit membantu anda yang ingin melakukan budidaya tomat dirumah tanpa mengeluarkan modal yang banyak karena dengan menanam tomat sendiri kita bisa merasa khasiat buah tomat secara maksimal tanpa takut akan bahaya pengawet yang digunakan para petani tidak bertanggung jawab, terima kasih.

Jangan lupa juga untuk membagikan panduan cara menanam tomat ini kepada yang lainnya. Simak juga: Panduan Cara Budidaya Jahe Merah untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *