Panduan Cara Menanam Padi Step by Step

Cara Menanam Padi – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, sebelumnya kami sudah membahas cara menanam jahe selanjutnya kami akan membahas proses penanaman padi step by step. Kita ketahui bahwa padi adalah kebutuhan pokok masyarakat indonesia, karena setelah padi diolah akan menjadi beras lalu menjadi nasi. Nasi adalah bahan pangan terpenting masyarakat indonesia dalam memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Oleh sebab itu, jika anda berniat melakukan budidaya padi sebagai ladang bisnis kami sangat mendukung hal tersebut karena kebutuhan akan bahan pangan padi di indonesia masih sangat kurang itu dipengaruhi dari jumlah penduduk yang selalu bertambah dan jumlah petani padi yang selalu berkurang.

Namun sebelum anda memulai budidaya padi ada baiknya membaca artikel kami mengenai cara menanam padi step by step, karena jika penanaman padi dilakukan dengan cara yang salah maka hasil panen akan tidak maksimal malah bisa terjadi gagal panen.

Cara Menanam Padi
Cara Menanam Padi

Manfaat Mengkonsumsi Padi/Beras

Baiklah sebelum kami membahas cara menanam padi, ada baiknya anda mengetahui manfaat dari mengkonsumsi padi bagi tubuh dibawah ini.

1. Dapat mengobati dan mencegah gangguan pencernaan

Hal ini karena padi mengandung serat yang sangat rendah jika sudah diolah menjadi nasi, mengkonsumsi nasih putih sangat baik untuk anda yang menderita penyakit diare, radang usus dan morning sickness.

2. Dapat mengobati bisul dan jerawat

Anda bisa menggunakan padi yang sudah diproses menjadi beras dengan merebus lalu dikeringkan, setelah kering anda tumbuk sampai seperti pasta atau salep oles dan oleskan pada area bisul, bengkak dan jerawat.

3. Dapat menjadi sumber energi yang tinggi

Setealah padi diolah menjadi beras lalu dimasak menjadi nasi dan dikonsumsi banyak mengandung karbohidrat yang kaya akan sumber tenaga, karena semua perkerjaan anda sehari-hari tentu membutuhkan asupan dari zat karbohidrat.

4. Dapat menjadi bahan kosmetik

Tanaman padi jika diolah dapat menjadi bahan kosmetik seperti shampoo, karena padi dapat menambah ketebalan rambut oleh karena itu padi sangat baik bagi anda yang ingin menambah ketebalan rambut.

Syarat-syarat Tumbuh Tanaman Padi 

Diatas tadi adalah sedikit dari manfaat padi, selanjutnya kami akan membahas topik utama kami yaitu cara menanam padi step by step namun sebelum itu ada baiknya ada mengetahui syarat-syarat tumbuh tanaman padi dibawah ini:

1. Iklim

  • Tanaman padi membutuhkan lokasi penanaman yang memiliki curah hujan 200 mm/bulan
  • Selanjutnya tanaman padi juga membutuhkan lokasi penanaman yang bersuhu 15-30 derajat celcius
  • Lalu lokasi penanaman yang memiliki kelembaban40-60%
  • Selanjutnya kebutuhan akan air sangat tinggi
  • Yang terakhir lokasi yang terkena sinar matahari setiap hari.

2. Media tanam

  • Tanah yang cocok untuk menanam padi adalah berpasir, lempung dan berdebu namun semua itu tergantung iklim
  • Tanah mengandung bahan organik, unsur hara dan jenis tanah seperti glumosol, latosol serta andosol.
  • Tanah dalam keadaan subur atau tidak terserang hama
  • Memiliki pH 4-7

3. Ketinggian lokasi penanaman padi

  • Pilih lokasi penanaman padi yang memiliki ketinggian 0-1500 dpl.

Panduan Cara Menanam Padi 

Baiklah itu tadi syarat-syarat penanaman padi, baik jenis tanah, ph , suhu kelembaban dan ketinggian lokasi penanaman. Berikutnya dibawah ini adalah cara menanam padi step by step:

1. Pengolahan lahan

Anda bisa mengikut tahap-tahap pengolahan lahan dibawah ini :

  • Tahap pertama adalah proses pembersihan lokasi yang anda pilih dari rumput, sampah bisa menggunakan parang ataupun cangkul setelah itu kumpulkan sampah menjadi satu dan bakar atau ditimbun dalam tanah.
  • Tahap selanjutnya adalah proses pembajakan, sebelum melakukan pembajakan anda bisa menyiram lokasi penanaman menggunakan air bertujuan saat membajak tanah dalam kondisi lunak. Anda bisa menggunakan alat bajak yang bertenaga mesin ataupun bertenaga sapi.
  • Setelah proses pembajakan selesai anda genangin lokasi dengan air sampai ketinggian 5-10 cm, cara ini dilakukan dengan menutup jalan keluar masuknya air atau irigasi.

2. Pemilihan bibit berkualitas

Cara menanam padi selanjutnya adalah pemilihan bibit atau benih padi yang berkualitas, karena jika bibit yang digunakan tidak berkualitas maka hasil panen padi tidak berkualitas juga dan nilai jualnya akan rendah. Baiklah kami akan menunjukan cara memilih bibit atau benih padi berkualitas.

Cara pemilihan bibit padi berkualitas 

  • Siapkan air yang akan digunakan untuk merendam bibit padi, setelah itu rendamlah padi selama 2 jam
  • Lalu setelah itu pindahkan padi yang direndam tadi diatas kain, kemudian pastikan apakah jumlah padi yang berkecambah lebih dari 90% jika lebih maka bibit padi tersebut berkualitas.

3. Proses penyemaian

Tahap selanjutnya adalah penyemaian bibit atau benih padi, tujuan dari proses penyemaian adalah resiko calon tanaman padi tidak tumbuh lebih kecil, saat proses perawatan calon tanaman padi lebih mudah dikontrol. Nah dari itu kami sangat menyarankan adanya proses penyemaian bibit atau benih padi.

Cara penyemaian bibit padi 

  • Siapkan benih atau bibit padi, lalu rendam dengan air selama sehari semalam setelah itu tiriskan tunggu sampai benih berkecambah.
  • Setelah itu buat lokasi penyemaian, buat sesuai dengan jumlah penanaman benih padi masing-masing lalu usaha lokasi penyemaian selalu tergenang air atau becek.
  • Selanjutnya berikan pupuk, anda bisa menggunakan pupuk urea 10 gr dan pupuk TSP 10 gr.
  • Tahap terakhir tanamlah bibit atau benih padi tadi yang sudah memiliki kecambah, cara menanamnya dengan menaburkan bibit atau benih padi diarea penyemaian secara rata.

4.  Proses penanam padi

Tahap selanjutnya adalah proses penanaman padi, karena sebelumnya anda menanam bibit padi dilokasi penyemaian bukan di lokasi tanam sebenarnya.

Cara menanam padi  

  • Siapkan tanaman padi yang memiliki daun 2-3 helai, lalu usia tanaman padi yang ideal berumur kurang dari 2 minggu.
  • Selanjutnya anda membuat lubang, setiap lubang harus memiliki jarak satu sama lain. Selanjutnya pastikan setiap lubang hanya ditanam 1- 2 tanaman saja.
  • Tahap penanaman padi yang baik adalah kondisi lahan tidak tergenang air namun tetap becek, kedalam penanaman padi 15 cm jangan terlalu dalam.

5.  Perawatan padi

Cara menanam padi selanjutnya adalah proses perawatan, tentu tanaman padi tidak akan tumbuh dan berbuah maksimal jika dibiarkan saja.

Cara perawatan padi :

  • Pengairan

Tanaman padi yang berumur 0-8 hari harus dialirin air dengan kedalam 5 cm, lalu setelah tanaman berumur 8-45 kedalam airnya ditambah menjadi 10-20 cm dan setelah tanaman padi mulai menguning kedalam airnya ditambah menjadi 25 cm.

  • Penyiangan dan penyulaman tanaman padi

Berikutnya adalah penyiangan dan penyulaman tanaman padi, pastikan saat melakukan penyulaman usia padi baru berumur 10 jika lebih maka tanaman padi tidak dapat menyamai pertumbuhannya dengan yang lain.

Selanjutnya anda perlu melakukan penyiangan maksudnya mencabut rumput liar dan membersihkan hama pengganggu yang tumbuh disekitar lokasi penanaman.

  • Pemupukan padi

Dalam proses pemupukan padi bertujuan untuk menambah zat-zat dan unsur hara yang dibutuhkan oleh padi, saran dari kami untuk menggunakan pupuk NPK Bananas.

6. Proses Panen

Cara menanam padi yang terakhir adalah proses panen, sebelum anda melakukan panen ada baiknya ketahui dulu ciri-ciri tanaman padi yang siap dipanen dibawah ini.

Ciri ciri tanaman padi siap panen 

  • Gabah atau buah padi sudah berwarna kuning
  • Buah atau gabah padi sudah menunduk karena terisi.

Diatas merupakan ciri-ciri padi yang siap dipanen selanjutnya kami akan menjelaskan cara panen padi yang benar dibawah ini.

Cara panen padi :

  • Siapkan beberapa peralatan yang akan digunakan untuk panen padi seperti sabit, terpal dan alat perontok padi.
  • Tahap pertama proses pemotongan padi, anda bisa melakukan pemotongan dengan memegang 1 batang helai padi dan dipotong batang bagian bawahnya lalu tumpuk menjadi satu.
  • Setelah semua padi dipotong, lalu kumpulkan tumpukan padi menjadi satu diatas terpal yang sudah anda siapkan tadi.
  • Tahap berikutnya adalah perontokan padi dengan menggenggam sekumpulan padi lalu dipukul kearah alat perontok padi.
  • Tahap terakhir, setelah semua padi dirontokan bersihkan semua padi dari daun-daun dan kotoran.

Baiklah  kami sudah menjelaskan Cara menanam padi diatas, nah anda tunggu apalagi langsung saja lakukan budidaya padi dengan mengikuti tahap-tahap diatas kami akan doakan anda menjadi seorang pengusaha padi yang sukses, baiklah sekian dari kami terima kasih sudah mengunjungi artikel kami. Simak juga: Cara Budidaya Kacang Panjang Step by Step untuk Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *