Cara Budidaya Kacang Panjang Step by Step untuk Pemula

Cara Menanam Kacang Panjang – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya,  kali ini kami akan menjelaskan  mengenai tahap-tahap penanaman kacang panjang.  Namun sebelum itu kami akan membahas apa itu kacang panjang ?? kacang panjang adalah tanaman yang berkembang biak menggunakan biji serta tumbuh dengan cara melilit, kacang panjang biasa digunakan sebagai  sayuran dan sebagai lalapan.

Budidaya kacang panjang sebenarnya menguntungkan, karena tanaman ini kaya akan gizi. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga anda, selain itu anda juga bisa melakukan budidaya kacang panjang sebagai bisnis. Oleh karena itu kami disini akan menjelaskan cara menanam kacang panjang dibawah ini.

Cara menanam kacang panjang
Cara menanam kacang panjang

Manfaat Kacang Panjang 

Sebelum kami menjelaskan cara menanam, ada baiknya anda ketahui dulu manfaat yang diperoleh setelah mengkonsumsi kacang panjang. Berikut ini diantaranya:

  • Mencegah diabetes
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjadi sumber antioksidan
  • Dapat mencegah osteoporosis
  • Sehat untuk pencernaan

Syarat – syarat Tumbuh Tanaman Kacang Panjang 

Tentu saja tanaman kacang memiliki beberapa syarat atau faktor yang menunjang proses pertumbuhannya baik dari segi iklim, lokasi penanaman, suhu, jenis tanah ataupu PH tanah. Dibawah ini kami akan membahas semua itu dengan jelas agar proses budidaya kacang panjang anda menjadi sukses dan berhasil.

1. Lokasi penanaman

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah lokasi penanaman, karena kacang panjang dapat tumbuh dengan baik didaerah yang memiliki ketinggian kurang lebih 1500 dpl dan yang lebih baik lagi pada daerah rendah. Alasannya karena kacang panjang yang di tanaman pada daerah dataran rendah akan lebih cepat tumbuh atau dipanen dari pada kacang panjang yang ditanam di dataran tinggi.

2. Iklim

Berikutnya adalah iklim dan suhu, kacang panjang dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki suhu 20-30 derajat celcius lalu iklim yang cocok untuk kacang panjang adalah kering yang memiliki curah hujan rendah.

3. Tanah

Meskipun pada dasarnya semua jenis tanah yang ada di indonesia bisa ditanamain kacang panjang, namun ada jenis tanam yang sangat baik untuk pertumbuhan kacang panjang yaitu tanah latosol atau lempung berpasir serta memilik PH tanah 5,5 – 6,6.

Panduan Cara Menanam Kacang Panjang 

Diatas tadi adalah syarat-syarat tumbuh tanaman kacang panjang baik dari segi lokasi penanaman, iklim dan jenis tanah. Selanjutnya kami akan membahas tahap-tahap cara menanam kacang panjang dibawah ini.

1. Pemilihan bibit kacang panjang berkualitas

Tahap pertama adalah pemilihan bibit yang kualitas, karena jika bibit yang digunakan berkualitas hasil panen dan peluang keberhasilannya akan lebih besar. Oleh karena itu kami akan menjelaskan ciri-ciri bibit yang berkualitas di bawah ini.

Ciri-ciri bibit berkualitas :

  • Tampilan dari bibit berwarna kusam dan bernas
  • Kondisi bibit tidak rusak atau cacat
  • Proses pertumbuhannya seragam
  • Bibit tahan dari serangan penyakit dan hama
  • Proses pertumbuhan kecambahnya diatas 90 %
  • Bibit terhindar dari penyakit atau hama

2. Pengolahan lahan tanam

Tahap selanjut adalah pengolahan lahan tanam, sebelumnya ada sudah melakukan tahap pemilihan bibit kacang panjang berkualitas. Nah kali ini kami akan membahas cara pengolahan lahan tanam kacang panjang dibawah ini.

Cara pengolahan lahan tanam :

  • Siapkan beberapa alat bertani berupa cangkul dan sabit
  • Setelah itu bersihkan lahan dari rumput maupun hama pengganggu lainnya
  • Begitu lahan bersih, langkah selanjutnya bisa mencangkul tanah dengan kedalam 40 cm dalam proses ini anda bisa menambahkan pupuk kandang yang sudah kering agar tercampur dengan rata.
  • Berikutnya anda bisa membuat bedengan dengan lebar 120 cm, tinggi bedengan 40 cm dan panjang sesuaikan dengan luas lokasi yang dipilih.
  • Tahap selanjutnya buat lubang dengan jarak antara lubang 50X50X50 cm.
  • Disetiap bedengan buat drainase dengan jarak 50 cm
  • Biarkan bedengan beberapa minggu

3. Proses penanaman

Cara menanam kacang panjang selanjutnya adalah proses penanam, sebelum proses ini dimulai saran dari kami untuk menaman pada musim kemarau namun perlu diingat kacang membutuhkan asupan air yang banyak pada awal tananm oleh karena itu ketersedia air akan mempengaruh berhasil dan tidak berhasil proses budidaya kacang panjang anda ini.

Cara menanam kacang panjang sangat lah mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan bibit kacang yang sudah dipilih sebelum kedalam lubang bedengan setelah itu anda bisa menutup lubang tersebut menggunakan abu gosok dan pupuk kandang kering.

Artikel terkait lainnya: Panduan Cara Menanam Daun Bawang Step by Step

4. Proses perawatan kacang panjang

Cara menanam kacang panjang berikutnya adalah proses perawatan, meskipun sebenarnya kacang panjang akan tetap berproduksi namun hasilnya akan lebih rendah dibandingkan dengan tanaman kacang panjang yang dirawat.

Terdapat beberapa cara perawatan kacang panjang diantaranya penyulaman, penyiangan, penyiraman, pemupukan dan pemasang turus yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara perawatan kacang panjang 

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kacang panjang:

  • Penyulaman

Cara yang pertama ini memiliki arti mengganti tanaman mati, maksudnya pada proses penyulaman jika terdapat calon tanaman kacang mati akan diganti dengan tanaman baru namun hanya bisa dilakukan pada awal penanaman sekitar seminggu.

  • Penyiangan

Maksud dari proses penyiangan adalah pembersihan lahan tanam dari rumput maupun hama pengganggu lain, kegiatan bisa dilakukan dengan tangan kosong ataupun menggunakan alat berupa sabit namun harus dilakukan secara hati-hati.

Kegiatan ini biasanya dilakukan pada tanaman yang berusia 3-6, tapi semua itu tergantung pada pertumbuhan hama disekitar lahan.

  • Penyiraman

Tanaman kacang panjang memerlukan air yang sangat banyak, apalagi jika pada proses penanaman kacang panjang pada musim kemarau kegiatan penyiraman dilakukan setiap hari di pagi dan sore hari. Namun bila penanaman dilakukan pada musim penghujan kegiatan penyiraman bisa dilakukan berdasarkan intensitas hujan.

  • Pemupukkan susulan

Tujuan dari proses pemupukan susulan adalah agar tanaman kacang panjang dapat zat-zat makan dari pupuk dengan cukup.

  • Pemasangan turus

Maksud dari proses ini adalah memberikan tempat untuk tanaman kacang merambat, pada pemasang turus bisa menggunakan kayu atau bambu yang sudah dibelah sebelumnya. Tujuan dilakukan pemasangan turus agar buah kacang menjadi panjang dan berisi.

5. Proses panen

Cara menanam kacang panjang yang terakhir dan tahap yang paling ditunggu-tunggu para petani, kegiatan panen adalah proses pengambilan atau pemetikan hasil budidaya yang dilakukan para petani. Namun terdapat beberapa petani yang salah melakukan panen kacang panjang sehingga buah menjadi rusak, Oleh karena itu kami akan menjelaskan panen kacang panjang yang benar.

Sebenarnya panen kacang panjang itu mudah, namun perlu anda hingga lakukan panen pada pagi agar buah kacang tetap segar selanjutnya potong bagian polong biah dan ikat menjadi satu dengan berat sesuai keinginan masing-masing.

Nah bagaimana penjelasan kami mengenai cara menanam kacang panjang diatas? Sudah jelas bukan? Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian, terima kasih. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tanaman Melon Step By Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *