Panduan Budidaya Jagung yang Benar Step by Step!

Cara Menanam Jagung – Kembali lagi bersama kami Sentra Budidaya, kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai cara menanam jagung namun sebelum itu ada baiknya anda mengetahui apa itu jagung ? Jagung termamasuk tanaman semusim (annual) jadi tanaman ini hanya dapat berbuah sekali saja pada satu musim. Tinggi tanaman jagung sangat beragam, meskipun tingginya berkisar antara 1-3 m saja namun ada beberapa jenis jagung yang dapat tumbuh sampai 6m.

Setelah anda mengetahui apa itu jagung informasi yang berikutnya akan kami sajikan adalah manfaat, tentu diantara anda penggemar jagung ingin tahukan apa saja manfaat setelah mengkonsumsi jagung. Baiklah langsung saja ini adalah manfaat mengkonsumsi jagung pada tubuh dibawah ini :

  • Melancarkan pencernaan

Tanaman jagung sangat kaya akan serat sehingga tidak perlu diragukan lagi bahwa jagung sangat membantu memperlancar proses pencernaan bagi tubuh, karena tubuh kita perlu 10 persen serat setiap harinya.

  • Baik untuk ibu hamil

Kenapa baik untuk ibu hamil ?? karena jagung kaya akan asam folat, asam folat sendiri berguna untuk mengurangi resiko bayi lagi cacat sehingga sangat kami anjurkan untuk mengkonsumsi buah jagung ini.

  • Menjaga kesehatan mata

Tentu anda ingin kan punya mata yang sehat, oleh karena itu saran dari kami untuk mengkonsumsi jagung karena jagung mengandung carotenoid yang berfungsi untuk menurukan resiko mata rusak.

  • Menjaga kesehatan jantung

Bagian tubuh yang mendapat keuntungkan setelah mengkonsumsi jagung adalah jantung, karena jagung mengandung carotenoid selain untuk menjaga kesehata mata ternyata juga dapat menjaga kesehatan jantung karena carotenoid dapat menurukan resiko pengumpalan arteri pada jantung.

Nah itu adalah sedikit manfaat dari jagung, masih terdapat begitu banyak manfaat yang bisa kita ambil setelah mengkonsumsi jagung diantaranya dapat mencegah anemia, mengontrol diabetes, melawan kanker, menyehatkan kulit.

Cara Menanam Jagung
Cara Menanam Jagung

Panduan Cara Menanam Jagung

Okee setelah kami membahas manfaat dari jagung, informasi selanjutnya yang akan Sentra Budidaya sampaikan Cara menanam jagung mari anda perhatikan step by stepnya dibawah ini :

1. Memilih bibit jagung yang berkualitas

Kenapa saya meletakkan memilih bibit jagung nomor pertama dari cara menanam jagung ? Karena dengan memilih bibit atau benih jagung yang berkualitas dengan benar akan mempermudah anda dalam proses perawatan serta panen yang dihasilkan akan berlimpah.

Hal pertama yang harus anda lakukan memilih jenis jagung yang akan ditanam seperti jagung manis, hibrida kedua jenis jagung ini sangat populer dikalangan para petani. Kalau anda adalah kategori amatir ada baiknya mencari informasi kepada para petani jagung yang sudah profesional karena dengan begitu anda bisa tau dimana tempat jual bibit atau benih jagung yang berkualitas.

Artikel terkait: Panduan Cara Menanam Cabe Rawit Step by Step

2. Pengolahan lahan yang benar

Cara menanam jagung berikutnya adalah pengolahan dengan benar, dalam proses ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan harus dilakukan secara benar dan tepat. Baiklah bagi anda yang belum paham mengenai pengolahan lahan kami akan menyajikan cara pengolahan lahan dibawah ini :

  • Menentukan lahan

Tahap pertama ini anda hanya perlu mencari lokasi yang sesuai, setelah dapat lokasi yang sesuai lakukan proses pemecahan bongkahan tanah dan cangkul tempat calon penanaman bibit jagung sedalam 15-20 cm lalu ratakan.

  • Membuka lahan

Tahap kali ini anda harus membersihkan semua sampah atau pun sisa tanaman yang tak berguna di area lahan yang digunakan, setelah itu kembali cangkul tanah dengan rata bila perlu gunakan mesin bajak agar hasil lebih maksimal.

  • Pembentukan bedengan

Setelah tanah diolah, setiap 3 m dibuat saluran drainase sepanjang barisan tanaman dan lebar saluran  25-30 cm dengan kedalaman 20 cm.

  • Pengapuran

Cek terlebih dulu PH tanah pada lahan olahan anda jika kurang dari 5 ada baiknya tanah mendapat proses pengapuran.

3. Proses penanaman jagung kelahan tanam

Cara menanam jagung selanjutnya adalah proses penanaman benih jagung ke lahan tanam, dalam proses kali ini anda beberapa hal salah satunya adalah jarak tanaman yang baik 75 x 50 lalu setiap lubang di isi 2 buah benih jagung setelah itu tutup lubang menggunakan tanah disekitar area lubang. Tanaman jagung tidak dapat tumbuh jika di area tanam digenangi air terlalu banyak dan di area mengalami kekurangan air.

4. Berikan pupuk ke tanaman jagung

Cara menanam jagung yang berikutnya adalah pemupukan, jarakan antara pupuk dengan tanaman tidak boleh sembarangan kali ini kami akan membantu anda mengenai cara pemupukan yang benar.

Yang perlu anda ingat adalah pemupukan dasar karena banyak para petani yang mengabaikan proses pemupukan yang satu ini. Benih tanaman jagung seperti bayi yang baru lahir dan pemupukan dasar seperti ASI, dengan kata lain pemupukan dasar berfungsi menyiapkan nutrisi awal bagi benih jagung agar tumbuh dengan sehat. Setelah selesai tutup pupuk menggunakan tanah yang berguna agar nutrisi atau pupuk tidak hilang terkena air hujan dan aliran air.

Tips Memupuk Jagung

Terdapat beberapa hal penting terkait dengan pemupukan, berikut ini :

  • Saat anda melakukan pemupukan, hal yang bisa dilakukan lainnya adalah proses pembumbunan yang berfungsi agar tanaman dapat tumbuh dengan kokoh serta mendekatkan unsur hara dengan akar.
  • Selanjutnya hindari penggunaan N secara berlebihan karena mempengaruhi ketahan tanaman dalam serangan penyakit
  • Karakteristik ekosistem pada umur pemupukan -fase vegetatif (15 -42 HST)- adalah:
  • Pertumbuhan tanaman sangat cepat setelah jagung berumur 28 hst
  • Gulma mulai menimbulkan persaingan penyerapan unsur hara
  • Hama yang mungkin dijumpai adalah Ulat tanah, Penggerek tonglol (Heliothis armigeradan Heliothis spp), penggerek batang (Osttrinia furnacalis), Uret dan Ulat grayak
  • Penyakit utama yang mungkin adalah bulai

5. Pemeliharaan jagung

Berikutnya adalah tahap pemeliharaan jagung, setelah lama menunggu benih jagung tumbuh menjadi tanaman akhir pada tahap ini tanaman anda sudah tumbuh dengan subur namun kerja anda belum selesai kali ini anda harus memelihara seperti penyulaman, penjarangan, pembumbunan, pemupukan, pengairan dan mencegah hama dan penyakit semua itu akan kami jelaskan dibawah ini cara dan fungsi pemeliharaan masing masing.

Baiklah Cara menanam jagung kali ini sedikit panjang karena anda harus bisa merawat dan memelihara tanaman jagung seperti haknya merawat/memelihara anak sendiri agar tanaman jagung dapat berbuah secara maksimal, langsung saja kami akan menjelas beberapa proses pemeliharaan diatas tadi.

  • Penyulaman

Tujuan dari proses penyulaman adalah mengecek calon tanaman mana yang layak ditanam dan yang layak diganti dengan benih tanaman yang baru. Penyulaman tidak bisa dilakukan dalam jangka waktu yang lama karena anda hanya diberikan waktu paling lama 1 minggu untuk melakukan penyulaman setelah benih ditanam.

  • Penjarangan

Selanjutnya penjarangan maksud dari penjarangan adalah suatu tindakan pengurangan banyaknya tanaman untuk memberi ruang tumbuh bagi tanaman yang tersisa. Dalam penyemaian, biasa dilakukan penanaman secara agak berlebihan jumlah tanaman untuk mengompensasi kegagalan perkecambahan. Pada umur tertentu, dilakukan penjarangan agar kepadatan populasi mencapai tingkat yang paling optimal untuk mencapai hasil yang maksimum. Kegiatan penjarangan dapat dilakukan saat tanaman berumur 1 minggu.

  • Pembumbunan

Yang sudah kami jelaskan diatas pembumbunan berfungsi agar calon tanaman memiliki batang yang kokoh serta mendekatkan unsur hara ke akar. Cara melakukan pembumbunan yaitu membuat parit diantara bedengan serta tanah dibalik bagian perakaran tanaman kegiatan ini dilakukan agar tanaman tidak mudah roboh.

  • Pemupukan

Berikutnya adalah proses pemupukan, tujuan dilakukan pemupukan agar tanaman dapat tumbuh secara maksimal serta tidak mengalami kekurang unsur hara karena tanaman sangat butuh dengan unsur hara.

Terdapat beberapa jenis pemupukan dan jarak yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan pemupukan sebagai berikut :

  • Untuk pupuk dasar ditugal di samping benih dalam baris tanaman dengan jarak 5 cm,
  • Pupuk susulan I ditugal dengan jarak 10 cm dari batang.
  • Pupuk susulan II ditugal dengan jarak 15 cm dari batang

6. Panen jagung

Cara menanam jagung yang terakhir adalah proses panen, proses yang sangat ditunggu para petani karena bisa menjual dan mengkonsumsi buah jagung yang sudah dirawat seperti anak sendiri. Namun sebelum panen tentukan dulu konsumen dari jagung anda karena setiap konsumen memiliki kepentingan yang berbeda akan jagung panenan anda.

Selain itu jangan menunda-nunda panen jagung terlalu lama karena dapat merusak buah itu sendiri, selain melihat konsumen ada cara lain yang  bisa anda lakukan untuk melakukan panen adalah mengecek kematangan buah jagung dengan mengupas kulit luar buah jagung.

Sentra Budidaya telah menyajikan informasi mengenai cara menanam jagung, semoga bisa membantu anda semua yang baru ingin menjadi petani jagung sukses. Jangan lewatkan juga: Panduan Cara Budidaya Tomat Step by Step!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *