Panduan Cara Budidaya Tanaman Anggur Step by Step!

Cara Menanam Anggur – Jumpa lagi dengan SentraBudidaya, kali ini kami akan membahas mengenai budidaya anggur. Namun sebelum itu kami akan sedikit menjelaskan apa itu anggur? Anggur adalah tanaman berbuah perdu merambat yang termaksud dalam jenis Vitaceae. Buah ini memiliki rasa lezat dan banyak manfaat, anda bisa menikmati anggur dengan cara di jus ataupun dimakan langsung.

Anggur memiliki banyak konsumen baik kalangan anak-anak maupun dewasa, sehingga nilai jualnya masih tinggi. Maka dari itu banyak petani yang melakukan budidaya anggur karena menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, namun hanya sebagian kecil petani yang sukses membudidayakan anggur.

Manfaat Buah Anggur

Semua itu karena kurangnya pengetahuan mereka mengenai cara menanam anggur yang benar, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tahap tahap penanaman anggur hingga panen dengan benar namun sebelum itu sebaiknya anda ketahui dulu manfaat anggur bagi tubuh konsumen dibawah ini.

  1. Sebagai sumber gula darah yang baik
  2. Bahan anti mikroba
  3. Dapat menjaga kesehatan jantung
  4. Sumber vitamin
  5. Kaya akan mineral
  6. Manfaat kognitif
  7. Dapat melindungi tubuh dari radiasi
  8. Dapat membantu pemulihan otot
  9. Dapat melindungi dari kanker
  10. Melembabkan wajah
  11. Dan mencerahkan wajah

Syarat-syarat Tumbuh Anggur 

Berikut ini beberapa prasyarat agar buah anggur dapat tumbuh dengan baik:

1. Iklim

  • Pertama yang perlu anda ketahui adalah lokasi yang cocok untuk penanaman anggur yaitu didataran rendah dekat pantai pada musim kemarau 4-7 bulan
  • Curah hujan 800 mm, jika hujan terjadi terus menurus akan merusak pertumbuhan bunga anggur
  • Pilih tempat yang terkena banyak sinar matahari dan udara kering karena sangat baik untuk proses pembuahan
  • Selanjutnya pilih lokasi yang memiliki kelembaban 75-80%

2. Media tanam

  • Tanaman anggur sangat suka dengan tanah yang berpasir, lempung pasir dan kaya akan humus dan hara
  • Ph tanah yang cocok untuk tanaman anggur adalah 7.

3. Ketinggian lokasi

  • Tanaman anggur cocok ditanam pada lokasi yang memiliki ketinggian 5-1000 dpl atau pada daerah dataran rendah.
Cara Menanam Anggur
Cara Menanam Anggur

Cara Menanam Anggur Step by Step

Setelah anda mengetahui syarat-syarat tumbuh tanaman anggur, langsung saja masuk ke topik utama adalah cara menanam anggur dibawah ini.

1. Pemilihan bibit anggur

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah pemilihan bibit anggur yang berkualitas, karena tanaman anggur yang berbuah lebat akan menghasilkan keturunan yang bisa berbuat lebat, namun tidak semua orang bisa melihat asal usul dari bibit yang dibelinya apakah dulu induknya berbuat lebat atau tidak.

Pemilihan bibit anggur
Pemilihan bibit anggur

Oleh karena itu disini kami akan menyajikan ciri-ciri bibit anggur yang berkualitas dibawah ini.

Ciri-ciri bibit anggur berkualitas :

  • Ukuran panjang steak 25-30 cm serta memiliki 3 ruas
  • Selanjutnya bentuk bantang bibit bulat dengan diamter 1 cm
  • Pada bagian kulit batang coklat lalu dibagian kulit batang berwarna hijau dan tidak mengandung air (berembun)
  • Yang terakhir tunas pada bibit anggur terlihat padat dan besar

Selain cara diatas anda juga memilih bibit berkualitas dengan cara langsung datang ke tempat budidaya anggur, pilih calon bibit yang sudah berumur 5 bulan serta memiliki daun 3-4 helai.

2. Penyemaian bibit anggur

Cara menanam anggur selanjutnya adalah tahap penyemaian, tujuan dari penyemaian agar proses perawatan bibit anggur lebih mudah dikontrol dan bibit anggur mendapat asupan zat hara yang cukup sehingga proses pertumbuhannya lebih cepat. Dibawah ini adalah cara penyemaian bibit anggur.

Cara penyemaian :

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adala pemilihan tempat semai baik itu pot maupun polybag
  • Selanjutnya campur tanah dan pupuk dengan rata lalu masukan ketempat penyemaian yang anda pilih
  • Setelah itu pindahkan bibit anggur steak kedalam pot atau polybag yang sudah diisi dengan media semai berupa tanah dan pupuk.
  • Lalu anda hanya perlu melakukan perawatan dengan menyiram bibit steak semai menggunakan air setiap hari pagi dan sore.
  • Tunggu sampai bibit anggur tumbuh tunas baru dan memiliki banyak akar sekitar 2 bulan.

3. Pengolahan lahan taman

Tahap yang ketiga adalah proses pengolahan lahan, setelah anda selesai diproses penyemaian bibit atau benih anggur lalu hasilnya sukses maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengolahan lahan namun jika anda tidak ingin terlalu repot bisa menggunakan pot yang berukuran besar, kali ini kami akan menjelaskan tahap tahap pengolahan lahan dibawah ini.

Membuat Lahan Tanam untuk Budidaya Anggur
Membuat Lahan Tanam untuk Budidaya Anggur

Tahap tahap pengolahan lahan:

  • Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat-alat seperti cangkul dan sabit
  • Setelah alat-alat siap tahap selanjutnya bersihkan lokasi yang anda pilih dari rumput atau hama pengganggu lainnya
  • Lalu gembur tanah menggunakan cangkul atau bisa langsung dibajak
  • Tahap berikutnya, jika lokasi yang anda pilih memiliki ph dibawah 5 ada baiknya melakukan proses pengapuran terlebih dulu
  • Setelah proses pengapuran selesai dan sudah dibiarkan selama beberapa hari, langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan oleh pembuatan bedengan dengan tinggi 40 cm, lebar 140 cm dan panjang sesuai dengan lokasi.
  • Jika pembuatan bedengan sudah selesai, tahap selanjutnya adalah pembuatan lubang yang akan ditanami bibit anggur dengan jarak 50cmx50cmx50cm
  • Setelah siap semua tunggu dan biarkan bedengan selama kurang lebih 2 minggu .

4. Proses penanaman anggur

Tahap selanjutnya adalah cara menanam anggur, pastikan bibit anggur sudah berumur 2 bulan dari awal penyemain biasanya bibit yang sudah siap dipindahkan kelahan tanam memiliki 2-3 helai daun dan akar yang kuat.

Setelah bibit anggur benar-benar siap dipindahkan, anda hanya perlu memasukan kedalam lubang yang sudah disiap sebelum lalu tutup kembali menggunakan tanah serta campur sedikit menggunakan pupuk kandang.

Langkah selanjutnya begitu selesai pada proses penanaman anggur adalah pembuatan tempat perambatan tanaman anggur dengan panjang 2 meter karena tanaman anggur termaksud kedalam jenis vitaceae (perambat).

5. Perawatan tanaman anggur

Cara menanam anggur berikutnya adalah proses perawatan, karena pada tahap ini yang akan menentukan tingkat keseburan tanaman. Jika tanaman anggur hanya dibiarkan saja tanpa mengalami tahap perawatan yang ada akan terjadi gagal panen atau tanaman anggur mati.

Oleh karena itu tahap perawatan tanaman anggur sangat penting, jika anda berharap tanaman anggur berbuah lebat dan tumbuh dengan subur.

Cara perawatan tanaman anggur:

Berikut ini perawatan tanaman anggur yang sebaiknya anda lakukan:

  • Penjarangan dan penyulaman

Perawatan yang pertama adalah penjarangan bertujuan untuk menjaga kualitas buah itu sendiri, karena jika tanaman anggur tidak mengalami proses penjarangan akan beresiko pada kualitas buah dan rasanya menjadi kurang lezat. Kegiatan dilakukan pada buah yang memiliki ciri-ciri terdapat bertangkai panjang, buah tidak berbentuk sempurna, lalu buah yang terbentuk tanpa adanya persarian.

Lalu kapan penjarangan bisa dilakukan, penjarangan dilakukan saat tanaman anggur berumur 1 bulan setelah berbunga lalu penjarangan kedua saat buah masih pentil. Selanjutnya anda bisa melakukan penjarangan saat buah mulai besar dan jangan melakukan pembungkusan buah.

Selanjutnya adalah penyulaman, kegiatan mengganti tanaman anggur yang mati dengan tanaman anggur yang baru. Biasanya penyulaman dilakukan saat ada tanaman anggur yang mati saja dan dilakukan pada usia tanaman masih 2 minggu.

  • Penyiangan

Perawatan tanaman anggur berikutnya adalah penyiangan, apa itu penyiangan?? Penyiangan adalah proses pembersihan lahan tanaman anggur dari rumput atau hama penggangu lainnya.

  • Pemupukan

Terdapat 2 tahap pemupukan yang harus dilakukan pada tanaman anggur

Pada tanaman anggur yang berumur 0-1 tahun

Tanaman anggur yang berumur 3 bulan mendapat 10 gram pupuk urea selama 10 hari, setelah itu pada tanaman anggur berumur 6 bulan mendapat pupuk 15 gram selama 15 hari dan yang terakhir tanaman anggur yang berumur 1 tahun mendapat pupuk urea 50 gram

Pada tanaman anggur yang berumur 1 tahun keatas

Pada tanaman anggur yang berumur 1 tahun lebih mendapat 5 kaleng pupuk kandang, lalu diteruskan dengan memberi pupuk 80 gram pupuk TSP.

  • Penyiraman tanaman anggur

Tanaman anggur tidak dapat tumbuh pada lokasi yang tergenang oleh air, namun tanaman anggur tetap membutuhkan air dari mulai tanam sampai pemangkasan, setelah proses pemangkasan tinggal 3 minggu anda bisa menghentikan proses penyiraman.

6. Proses panen

Cara menanam anggur yang terakhir adalah proses panen, tahap yang sangat ditunggu-tunggu para petani karena anda bisa menjualnya ataupun mengkonsumsinya sendiri. Ciri-ciri buah anggur yang siap panen antara lain memiliki tekstur buah yang kenyal dan lunak, lalu warna buah merata dalam satu tandan, setelah itu buah mudah lepas dari tandanya.

Anda bisa melakukan panen dengan memetik buah secara langsung, namun hal yang perlu anda ingat adalah waktu panen usaha di pagi hari.

Nah bagaimana dengan penjelasan kami mengenai Cara Menanam Anggur diatas? Sudah jelas bukan, kalau sudah jelas tunggu apalagi ayok langsung budidaya anggur sendiri bisa anda jadikan sebagai ladang bisnis ataupun hanya dikonsumsi sendiri. Baiklah itu sedikit informasi dari kami mengenai budidaya anggur semoga bermanfaat untuk anda semua, terima kasih. Simak juga: Panduan Cara Menanam Cabe Merah Lengkap Step by Step

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *