Manfaat dan Cara Membuat Pupuk NPK Cair di Rumah

Pupuk NPK Cair – Maraknya merek-merek baru dalam dunia pertanian tentunya hadir untuk mencukupi kebutuhan para petani.Hal tersebut tentu diupayakan untuk menunjang hasil panen para petani. Meski merek-merek dagang baru dari pupuk banyak bermunculan, namun salah satu jenis pupuk yang eksistensinya hingga kini masih menjadi incaran para petani ialah pupuk NPK.

Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk buatan atau anorganik yang memiliki banyak kandungan lengkap di dalamnya.Jenis pupuk NPK sendiri terbagi menjadi dua yakni NPK padat dan NPK cair. Pupuk NPK ini masuk ke dalam daftar pupuk majemuk yang artinya pupuk NPK ini memiliki kandungan N, P, dan K sebagai unsur utama.

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk yang banyak diandalkan oleh para petani baik petani pekebun maupun tanaman lainnya. Hal tersebut dikarenakan manfaatnya yang kaya dan terbukti mampu menyuburkan tanah.

Kaya akan manfaat membuat nama pupuk NPK menjadi primadona bagi banyak petani, sehingga berdampak pada kenaikan harganya yang terbilang tidak terjangkau. Lantas tahukah Anda, apa saja sebetulnya manfaat pupuk NPK ini, sehingga begitu laris di pasaran dan membuat harganya melambung tinggi? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Pupuk NPK Cair via Tokopedia
Pupuk NPK Cair via Tokopedia

Manfaat Pupuk NPK

Sama persis dengan namanya yakni NPK, pupuk ini memiliki Nitrogen, Phosfor dan Kalium sebagai kandungan utamanya.

Meski demikian bukan berarti jenis pupuk NPK ini hanya memiliki kandungan NPK saja. Banyak merk dagang dari pupuk NPK yang juga memiliki kandungan lain seperti sulfur dan juga magnesium.

Hal tersebut tentunya dipengaruhi dari jenis-jenis pupuk NPK itu sendiri, misalnya saja seperti pupuk NPK 16 16 16 maupun pupuk NPK 15 15 15. Berikut manfaat lengkap pupuk NPK:

1. Membantu Respirasi Tanaman

Pupuk NPK dikenal sebagai jenis pupuk yang mampu membantu sistem respirasi tanaman atau sistem pernafasan pada tanaman. Selain itu pupuk NPK juga mampu membantu pembelahan sel-sel yang terdapat pada tanaman.

Adanya proses tersebut menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya proses respirasi tanaman dan pembelahan dari sel-sel yang sehat nantinya akan mampu menghasilkan jenis tanah yang sehat, gembur dan mampu mempercepat proses pertumbuhan tanaman. Proses respirasi dan pembelahan sel yang terjadi dibantu oleh zat bernama phosfor.

2. Membantu Merangsang Tumbuhnya Akar

Pupuk NPK selain membantu memudahkan pertumbuhan tanaman melalui adanya sistem respirasi, pupuk NPK ini juga mampu merangsang tumbuhnya akar-akar tanaman agar lebih cepat tumbuh. Akar pada tanaman akan cepat tumbuh apabila terkena zat kalsium dan cao.

3. Melancarkan Metabolisme Tanaman

Selain mampu membantu merangsang tumbuhnya akar-akar tanaman, kandungan kalsium dalam pupuk NPK diyakini mampu membantu melancarkan metabolisme pada tanaman agar kandungan nutrisi yang ada tersebar merata.

Pemenuhan nutrisi pada tanaman menjadi penting karena nutrisi merupakan energi utama penggerak tanaman, sehingga tanaman mampu tumbuh dan menghasilkan buah.Selain itu efek penggunaan pupuk NPK bagi tanaman buah juga akan menghasilkan waktu panen yang terbilang sangat singkat apabila dibandingkan dengan pupuk lain.

4. Mengusir Hama Penyakit

Hama penyakit merupakan sebuah perusak yang sangat nyata bagi tanaman Anda. Kandungan dari pupuk NPK inilah yang mampu menghalau berbagai macam serangan hama penyakit dengan zat-zat di dalamnya yang berperan begitu aktif.

5. Membantu Pembentukan Enzim dan Vitamin

Pupuk NPK mampu membantu proses pembentukan enzim dan vitamin yang amat penting bagi tanaman.Umumnya proses ini lebih banyak terjadi pada jenis tanaman yang hidup dalam sebuah pot dalam rumah.

Hal tersebut dikarenakan tumbuhan yang hidup dalam pot tidak mendapatkan sinar matahari untuk membantu proses pertumbuhannya.

6. Memperkuat Tanaman

Tanaman yang mampu tumbuh dengan kuat memiliki ciri-ciri dindingnya yang tebal. Ketebalan pada dinding tanaman memiliki fungsi sebagai perlindungan dari adanya cuaca ekstrem yang dapat memberikan pengaruh buruk bagi tanaman. Penggunaan pupuk NPK mampu membentuk dinding tanaman agar lebih tebal.

7. Memberi Efek Segar

Penggunaan pupuk NPK membuat tanaman lebih segar. Segar dari daun-daunnya yang terlihat lebih hijau dan tidak mudah rontok.

8. Bersifat Higroskopis

Penggunaan pupuk NPK terbilang sangat praktis karena NPK mempunyai sifat higroskopis yang artinya mudah diserap oleh tanaman.Keuntungan ini tentunya akan membuat pupuk tidak terbuang sia-sia apabila mungkin sedang musim penghujan tiba.

9. Mempercepat Masa Panen

Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk yang mampu membantu mempercepat masa panen pada tanaman.Baik tanaman buah, tanaman hias maupun tanaman hortikultura.

Baca selengkapnya: Jenis Pupuk NPK dan Manfaatnya untuk Tanaman

Cara Membuat Pupuk NPK Cair

Jenis pupuk NPK cair yang terjual di pasaran rata-rata memiliki harga tinggi yang cukup menguras kantong. Meski sebetulnya terdapat pula salah satu merek dagang yang telah disubsidikan oleh pemerintah.

Namun hal ini tentunya tak mudah dijumpai mengingat hal tersebut cukup terbatas dan hanya beberapa orang yang telah terdaftar dalam sebuah kelompok tani saja yang akan menerima pupuk subsidi ini.

Bagi Anda yang kesulitan untuk menemukan pupuk NPK cair yang telah disubsidikan dan ingin lebih berhemat dengan membuatnya sendiri, berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah menyiapkan sebuah ember berukuran cukup besar dan sebuah alat yang nantinya digunakan untuk mengaduk. Bahan yang dibutuhkan, antara lain:

  • 1 kg pupuk SP
  • 1 kg pupuk KCl
  • 2 kg pupuk Phonska
  • 8 liter air bersih

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Tuang air bersih sebanyak 8 liter yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam ember besar.
  2. Masukan semua jenis pupuk yang telah disiapkan kedalam ember berisi air.
  3. Aduk dan campur rata semua pupuk dan air hingga merata.

Cara Mengaplikasikan Pupuk NPK Cair

  1. Gunakanlah pupuk NPK sesuai dengan kebutuhan tanaman. Jangan menggunakan pupuk di luar kebutuhan tanaman agar tidak merusak tanah.
  2. Usahakan tetap menggunakan jenis pupuk organik seperti kompos atau kandang pada tanah agar penggunaan pupuk lebih berimbang.
  3. Pastikan untuk memberikan pupuk secara berkala atau terjadwal.
  4. Meski memiliki sifat higroskopis, namun usahakan untuk tidak memberikan pupuk ketika hujan akan turun, karena tentunya pupuk justru akan hanyut terbawa air.
  5. Usahakan untuk memberikan pupuk ketika hari masih pagi sekitar pukul delapan atau ketika sore hari sekitar pukul tiga.
  6. Gunakanlah alat bantu semprot khusus yang penggunaannya tidak dicampur dengan pupuk lain. Hal ini untuk menghindari tercampurnya zat-zat pupuk lain. Meski alat penyemprot tersebut telah dibersihkan dengan menggunakan sabun sekalipun, namun zat kimia yang terdapat dalam pupuk terbilang susah hilang.

Nah, begitulah cara terbaik yang juga praktis untuk membuat pupuk NPK cair di rumah. Selain Anda lebih hemat, bagi Anda para petani yang namanya tidak terdaftar dalam pembagian pupuk subsidi maka Andaakan tetap dapat menggunakan pupuk NPK. Selamat mempraktekan di rumah, semoga membantu!

Baca juga: Manfaat Pupuk NPK Mutiara dan Cara Menggunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *