Burung Kenari Merah: Ciri, Cara Merawat & Harga Terbaru

Kenari merah adalah satu satu jenis burung kenari yang memiliki warna mencolok dan suara yang merdu. Pecinta kenari banyak memanfaatkan burung ini sebagai hewan peliharaan dan untuk menikmati pertunjukan.

Dinamai demikian karena burung ini memiliki bulu berwarna merah nan cantik. Kenari ini merupakan kenari warna yang dibudidayakan untuk mendapatkan warna dari pada segi suara.

Burung nan cantik ini kini semakin populer di Indonesia. Karena burung ini termasuk burung yang aktif, kuat dan sangat mudah dipelihara. Dengan begitu minat terhadap burung ini semakin tinggi namun sangat sulit dikembangbiakkan sehingga ketersediaannya semakin langka di pasaran. Tidak heran jika burung ini dipatok dengan harga yang lumayan tinggi.

Burung ini pertama kali dibudidayakan sekitar tahun 1920-an dan merupakan satu – satunya kenari yang memiliki unsur bulu berwarna merah.

Awalnya burung ini dikembangkan untuk mencegah kepunahan induknya yaitu jenis finch lainnya, siskin merah Venezuela yang disilangkan dengan kenari domestik berwarna kuning. Dan menghasilkan burung kenari merah yang memiliki warna tubuh sangat cantik. Warna bulunya inilah yang menjadi hal paling dominan dibanding dengan suara dan bentuk fisik lainnya.

Burung Kenari Merah via Youtube
Burung Kenari Merah via Youtube

Berternak Kenari Merah

Beternak kenari bukan baru dilakukan 10 atau 20 tahun belakangan ini namun memiliki sejarah yang panjang untuk menghasilkan satu jenis kenari khusus. Kini bahkan peternakan kenari semakin modern dan semakin berkembang dimana terdapat sebuah penangkaran khusus untuk mendapatkan kenari berwarna indah.

Keberhasilan yang diperoleh oleh para ahli dalam mendapatkan jenis kenari ini juga bukan sebuah perjuangan yang mudah.

Seorang ahli bernama A. K. Gill di Inggris pertama kali berhasil menyilangkan antara burung spinus cucullatus dari Venezuela. Seorang ahli genetika ada yang menyatakan bahwa burung kenari merah dapat dikembangkan dengan mengenalkan sebuah red factor dalam struktur genetika.

Ciri – ciri Kenari Merah

Untuk membedakan burung yang terkenal dengan coraknya warna yang super unik ini dengan kenari jenis lainnya bisa kita lihat dari ciri tubuh kenari merah, seperti berikut ini:

  • Memiliki bulu berwarna merah yang mirip dengan umbi wortel, namun anda perlu waspada jika warna terlalu pekat dan luntur
  • Memiliki panjang tubuh sekitar 5,5 inci (14 cm)
  • Memiliki keturunan dengan intensitas warna merah yang berbeda karena burung ini akan menghasilkan anakan yang punya warna turunan dari kedua induknya
  • Memiliki warna corak yang unik dan cantik mulai dari merah pada sayap, hitam dan putih yang terlihat lebih muda dari warna badannya

Jenis Burung Kenari Merah

Burung ini sendiri adalah salah satu jenis dari burung kenari atau burung kicau yang memiliki suara merdu dan warna bulu yang cantik. Burung ini memiliki beberapa jenis, diantaranya:

  • Kenari merah wortel
  • Kenari orange
  • Kenari jingga

Cara Membedakan Burung yang Asli

Semakin tingginya permintaan pasar akan burung jenis ini membuat sebagian pedagang nakal melakukan manipulasi atau menjual kenari palsu. Agar terhindar dari aksi pedagang nakal tersebut kita harus bisa membedakan antara yang  asli dan palsu, berikut cara membedakannya:

  • Cabut bulu burung sebanyak 5 hingga 7 lembar bulu
  • Tunggu selama 10 hingga 20 hari hingga tumbuh kembali
  • Anda harus memastikan sendiri selama 7 hari pertama setelah pencabutan burung tidak memakan makanan dengan obat pewarna
  • Maka setelah 20 hari perhatikan warna bulu jika sama dengan dominan warna yang dimiliki berarti asli namun jika bulu yang tumbuh sangat berbeda maka itu adalah kenari palsu

Perawatan Kenari Harian

Buat pemilik kenari ada beberapa perawatan harian yang harus dilakukan agar warna merah pada burung kenari wortel tetap terjaga kualitasnya, berikut beberapa cara yang perlu anda lakukan:

  • Pastikan burung selalu dalam kondisi yang bersih dengan cara memandikan secara teratur setiap pagi dan sore setelah itu pastikan pula kondisi kandang selalu bersih dan kering
  • Jemur kenari setiap pagi selama 2 hingga 3 jam mulai dari pukul 8 pagi
  • Berikan pakan yang memiliki beta karoten tinggi seperti paprika merah, tomat, umbi – umbian, brokoli, serta wortel
  • Berikan suplemen vitamin tambahan pada minuman atau makanan

Harga Kenari Merah

Adapun harga burung kenari ini ada dikisaran 100.000 untuk anakan dan 500.000 untuk indukan. Kisaran harga tersebut berlaku untuk semua jenis kenari jenis merah. Namun di tiap daerah tentu harganya bisa berbeda, apalagi jika burung tersebut sudah memenangi berbagai ajang perlombaan.

****

Burung kenari merah merupakan burung warna yang memang lebih diutamakan mendapatkan kualitas warna yang baik dibanding dengan suara dan ciri fisik lainnya. Meski burung ini mudah dipelihara namun sangat sulit berkembang biak membuat keberadaannya di pasaran semakin langka. Semoga artikel ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Simak juga: Kenari Kalitan: Asal-usul, Ciri dan Cara Merawatnya

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *