BURUNG ALAP-ALAP: Ciri, Jenis Serta Cara Perawatannya!

Burung alap-alap dari suku Falconidae memiliki ciri sayap yang lebih sempit dan runcing , paruh lebih pendek dan melengkung, kepal membulat,  iris mata gelap, serta gaya terbang yang lebih cepat dan akrobatik.

Burung alap-alap merupakan anggota keluarga Falconidae atau sering disebut burung pemangsa. Namun elang, elang-alap, serta rajawali tidak termasuk ke dalam burung alap alap namun termasuk dalam suku Acciptriadae.

Selain itu burung alap-alap memiliki penglihatan yang akurasinya 2,6 kali dibanding manusia ketajaman mata burung alap alap inilah yang memudahkannya dalam memburu mangsa.

Burung alap-alap sangat suka berburu makanan di area persawahan dengan mengincar tikus yang kerap merusak tanaman. Dengan begitu meski burung alap alap merupakan hewan pemangsa namun bagi para petani burung alap alap merupakan sahabat. Burung alap alap membantu petani membunuh hama tikus yang sangat meresahkan petani.

Burung Alap-Alap Kawah
Burung Alap Alap Kawah

CIRI-CIRI BURUNG ALAP-ALAP

  • Panjang tubuh dari kepala hingga ekor hanya sekitar 15 cm- 45 cm
  • Memiliki lebar sayap sekitar 50 -60 cm
  • Memiliki berat tubuh sekitar 80 -140 gram
  • Memiliki populasi betina yang lebih besar dibanding pejantan
  • Tubuh bagian bawah putih terdapat garis melintang cokelat
  • Kepala berbentuk bulat
  • Jantan dewasa memiliki warna khas abu-abu gelap dengan bagian ekor bergaris tebal
  • Memiliki ekor panjang
  • Sayap pendek dan bulat
  • Bagian tenggorokan putih dengan strip hitam dibagian tengah
  • Bagian sisi tubuh merah karat
  • Memiliki daya lihat yang tajam yakni 2,6 kali dibanding manusia
  • Memiliki kemampuan terbang dan akrobatik yang sangat baik

PERSEBARAN BURUNG ALAP-ALAP

  • India
  • Cina selatan
  • Sunda besar serta sunda kecil
  • Filipina
  • Asia tenggara
  • Sumatra
  • Kalimantan bagian utara
  • Jawa dan bali
  • Serta hampir diseluruh dunia

HUBUNGAN DENGAN MANUSIA

Manusia dan burung sejak jaman dahulu memang sudah bersahabat. Banyaknya akrobatik yang menggunakan burung sebagai objek membuktikan keterkaitan antara brung dan manusia.

Begitu juga dengan burung alap alap yang bias dijadikan burung peliharaan bila dilatih sejak kecil dengan kasih sayang dan sabar.

Bagi para petani burung alap alap merupakan sahabat, ada hubungan simbiosis mutualisme antara petani dan burung alap alap. Dimana kebutuhan makanan burung tersedia di sawah yang merupakan musuh dari petani. Sehingga dengan memangsa tikus sawah menguntungkan kedua belah pihak.

HABITAT BURUNG ALAP-ALAP

Burung alap-alap menyukai kawasan berbatu dan lerang pegunungan dengan ketinggian 3.000 di atas permukaan laut.

Daerah seperti ini sangat banyak tersebar di seluruh dunia, itulah sebanyak burung alap alap tersebar hampir diseluruh dunia, mulai dari benua Asia dengan populasi terbanyak  terutama Indonesia dan Malaysia,  Eropa, Australia, hingga ke benua Afrika.

Dengan banyaknya burung alap alap yang tersebar diseluruh belahan dunia sehingga alap alap menyesuaikan diri dengan daerah tinggalnya sehingga burung alap alap memiliki berbagai jenis

JENIS BURUNG ALAP-ALAP

Berikut ini jenis burung alap alap yang mesti anda ketahui:

  • ALAP-ALAP CAPUNG

Burung Alap-Alap Capung
Burung Ala Alap Capung

Burung alap-alap capung merupakan hewan pemangsa daging terkecil dengan ukuran  sekitar 15 cm, selain itu alap alap capung juga tergolong yang terkecil dari jenis alap alap lainnya. Hewan ini banyak tersebar di dataran Sumatra, Kalimantan, serta pulau jawa.

Burung alap alap capung memiliki ciri bagian perut didominasi warna putih kemerahan, matanya sangat tajam dengan membulat kecoklatan, permukaan punggungnya diselimuti  bulu berwarna hitam.

  • ALAP-ALAP KAWAH

Burung Alap-Alap Kawah
Burung Alap Alap Kawah

Satwa endemic ini dinobatkan sebagai hewan tercepat di dunia dengan kecepatan 320 km per jam, dengan akrobatik yang sangat cantik, kemampuan burung alap-alap sawah ini menjadi inspirasi  pesawat tempur modern buatan amerika.

Kecepatan serta akrobatik burung alap-alap kawah melebihi kemampuan hewan lainnya seperti  Cheetah yang mampu menempuh 120 km per jam.

Burung alap-alap kawah memiliki ciri kaki kuning dengan cakar yang tajam dan kuat, memiliki panjang tubuh sekitar 45 cm, bulunya berwarna gelap,  serta memiliki bintik, garis hitam, dan corak hitam putih dibagian dada hingga perut.

  • ALAP-ALAP MACAN

Burung alap alap macan lebih suka menghinggapi cadas atau ujung batang pohon, hewan ini memiliki populasi terbanyak di seluruh Indonesia, kepulauan Solomon, serta sebagian kawasan Asia tropis.

Burung alap alap macan memiliki ciri tubuhnya berbentuk bulat, kecoklatan, dan memiliki lingkar kuning disekelilingnya, dengan ukuran sekitar 25 cm dengan bulu abu-abu gelap. Selain itu bagian punggungnya dihiasi dengan warna biru.bagian dada dan perut didominasi warna cokelat, paruhnya runcing , besar, serta melengkung dengan warna kuning dibagian pangkal atas.

  • ALAP-ALAP SAPI

Burung Alap-Alap Sapi
Burung Alap-Alap Sapi

Burung alap alap sapi ini tergolong hewan yang cantik dengan bagian kepala dihiasi mahkota.  Spesies ini banyak ditemukan  di Maluku, Pulau Jawa, Sulawesi, serta Nusa Tenggara. Mangsa utama alap alap sapi adalah kelelawar, burung, serta mamalia kecil yang hidup di hutan dan perkebunan.

Burung alap alap sapi memiliki ciri matanya tampak simetris dan tajam diantara paruh yang melengkung, warnanya berwarna coklat bercampur kuning, berbintik serta bercorak garis.

PERILAKU BURUNG ALAP-ALAP

Hewan ini memiliki daya terbang yang sangat baik, ia mampu beradaptasi dengan daerah terbang meski melewati semak belukar dan hutan belantara saat menangkap mangsa. Dengan buruan seperti mamalia, burung kecil, serta serangga dengan kaki panjang dan runcing.

Burung ini juga sahabat bagi para petani dengan membantu memberantas hama tikus sawah. Selain itu burung alap-alap memiliki daya tangkap burung yang baik di udara dengan jari-jari yang ramping serta yang tengah sangat panjang.

CARA MERAWAT BURUNG ALAP-ALAP

Burung alap-alap merupakan hewan predator atau spesies karnivora dengan ciri tubuh yang cukup mengerikan seperti kuku tajam dan runcing, serta paruh melengkung guna mencabik atau merobek mangsa, serta tubuhnya yang kokoh dan jantan.

Namun ukurannya yang kecil dan mungil membuat banyak manusia tertarik untuk menjadikannya burung peliharaan. Selain itu tantangan untuk menjinakkan burung ini membuat manusia semakin penasaran., namun membutuhkan keahlian khusus serta pengalaman yang sudah matang untuk merawat burung yang satu ini.

Untuk merawat burung alap-alap tidak perlu membuat kandang cukup membuat perch atau tangkringan untuk tempat alap-alap tinggal. Tangkringan itu sendiri dapat dibuat dari pipa pvc yang berbentuk seperti huruf T dan kaleng bekas yang diisi semen.  Lalu tancapkan tangkringan ke dalam kaleng yang diisi semen atau batu.

Makanan bias diberikan 3 kali sehari dengan menu yang disukai burung alap-alap yakni daging segar seperti daging tikus atau mencit, ayam segar, sapi segar, kelelawar, serta masih banyak jenis daging lainnya. Untuk cara membersihkan burung tidak perlu dimandikan cukup diseka atau dila menggunakan air hangat.

KEUNIKAN BURUNG ALAP-ALAP

Selain berbagai macam kelebihan burung alap-alap di atas burung ini juga memiliki keunikan lain seperti:

  • Mampu menjadi sahabat manusia terutama para petani
  • Burung predator ini juga dapat beradaptasi menjadi vegetarian
  • Memiliki daya lihat yang sangat tajam yakni 2,6 kali dibanding manusia
  • Memiliki pundi udara yang mampu menampung udara cukup banyak
  • Memiliki daya cengkram yang kuat saat mencari mangsa
  • Reproduksi lambat dengan hanya 4 butir telur per produksi yang rentan dengan kegagalan , sehingga hewan ini termasuk hewan yang dilindungi.

****

Demikianlah pembahasan mengenai burung alap-alap dengan segala ciri dan kelebihannya. Semoga artikel ini membantu anda mencari informasi yang tepat. Artikel terkait: 5 Jenis dan Kisaran Harga Burung Alap Alap di Pasaran Terbaru

loading...
loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *