ANIS BENTET KELABU: Ciri, Makanan, Suara, Kebiasaan, Habitat

Anis bentet kelabu memiliki bentuk tubuh yang mungil dan cantik, jika melihat dari bentuk fisiknya tak ada yang menyangka bahwa anis jenis ini merupakan hewan pengintai yang handal.

Bentuk tubuhnya mungil seukuran kutilang dengan warna tubuh di dominasi putih, coklat dan hitam dengan ekor panjang, paruh tebal pendek dengan ujung berkait.

Anis bentet kelabu memiliki nama ilmiah yaitu colluricincla harmonica dari keluarga atau family pachycephalidae dan genus colluroncicla.

Burung ini selain dikenal sebagai burung pengintai yang handal juga dikenal sebagai burung penyanyi  yang paling disenangi karena suara kicauannya yang sangat merdu, tak heran jika anis ini banyak dicari oleh penggemar burung di seluruh dunia.

Ciri khas dari suara anis bentet kelabu adalah suaranya yang serak namun dengan kicauannya yang merdu dan tajam. Saking banyaknya penggemar dari burung ini menjadikannya hewan yang cukup langka dan sangat jarang ditemukan di alam bebas. Burung anis  jenis ini kebanyakan sudah menjadi hewan peliharaan atau dijadikan hewan masteran.

Anis bentet kelabu merupakan anis yang paling khas dan disenangi di Australia. Dan di antara jenis akbar Australia burung bentet kelabu merupakan jenis yang paling umum.

Tetapi burung ini tidak ditemukan di pegunungan terdalam yang paling kering. Meski merupakan burung khas Australia namun burung ini juga terdapat di Indonesia khususnya Papua Nugini dan Papua.

KLARIFIKASI ILMIAH

  • Kerrajaan : animalia
  • Filum : chordate
  • Kelas : aves
  • Ordo : Passeriformes
  • Family : Pachycephalidae
  • Genus : colluricincla
  • Spesies : C. harmonica
  • Nama binominal : colluricincla harmonica

CIRI ANIS BENTET KELABU

anis bentet kelabu via Wikipedia
Anis Bentet Kelabu via Wikipedia

Burung anis jenis ini termasuk ke dalam jenis anis yang tersebar di seluruh benua memiliki suara merdu atau lebih dikenal dengan burung penyanyi.  Tak heran jika para kicau mania banyak yang memburu hewan ini. Adapun ciri Anis bentet kelabu yaitu sebagai berikut :

  • Ukuran tubuh anis ini sama dengan burung kutilang yang tergolong sedang
  • Bulunya  di dominasi warna putih, coklat dan hitam
  • Memiliki ekor yang panjang
  • Anis kelabu memiliki topeng di wajahnya yang berwarna hitam
  • Ekornya yang panjang didominasi warna hitam
  • Pada bagian atas kepala hingga punggung berwarna abu-abu
  • Memiliki bentuk paruh yang pendek dan tebal dengan ujung berkait

Baca juga: ANIS BENTET SANGIHE

KEBIASAAN DAN KELEBIHAN 

  • Burung ini sangat pandai mengintai mangsa
  • Burung ini mampu mengeluarkan suara yang merdu dan tajam
  • Saat mengintai mangsa burung ini akan suka bertengger di ujung gelagah tinggi atau ranting pohon di padang rumput terbuka, persawahan, maupun tepi hutan yang memiliki tegakan
  • Sering menancapkan mangsanya di ranting berujung runcing atau duri kemudian mengulitinya dan memakannya sedikit demi sedikit
  • Indukan anis bentet kelabu akan mencari mangsa untuk anakannya yang berupa serangga atau ulat dan kadang menyuapinya dengan potongan besar selama 2 minggu setelah bulu sayap anakna tumbuh dan mampu mencari mangsa sendiri

MAKANAN ANIS BENTET KELABU

Burung anis jenis ini merupakan hewan predator yang sangat handal mengintai mangsanya.  Anis bentet kelabu suka mengintai mangsanya dari tempat yang tinggi seperti di gelagah tinggi atau ranting pohon.

Di tempat tinggi ia akan lebih mudah mengintai gerak gerik mangsanya. Anis kelabu lebih suka mengintai mangsa yang berada di atas tanah dari pada yang terbang.

Pengintaian akan berakhir ketika buruannya lengah dan si burung bertopeng ini dengan cepat menyambar mangsanya dan membawanya ke ranting pohon untuk kemudian di tancapkan di ujung ranting yang runcing atau duri besar lalu menguliti dan menyantapnya sedikit demi sedikit.

Anis ini memangsa hewan-hewan kecil seperti belalang, jangkrik, kumbang, kadal, kodok, lipas, cacing tanah, kroto, serta berbagai jenis burung kecil seperti burung bondol, burung perenjak,  dan burung manyar, menurut jihad, Bird Conservation Officer burung Indonesia.

PERSEBARAN DAN POPULASI

Anis bentet kelabu termasuk salah satu hewan yang dilindungi meski menurut para peneliti meyakini bahwa hewan ini belum sampai ambang batas terancam.

Dengan populasi yang cukup luas meski belum ada kesepakatan jumlah populasinya. Anis ini juga memiliki persebaran yang cukup luas mulai dari Iran hingga Papua.

Namun hewan ini termasuk dalam hewan yang minim informasi sehingga spesies ini dievaluasi sebagai least concern.

Meski memiliki persebaran yang luas namun hewan ini semakin jarang ditemukan di alam terbuka sebab para penggemar banyak yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan atau hewan masteran.

Selain itu semakin tergerusnya hutan terbuka membuat habitat aslinya rusak sehingga hewan ini juga semakin terancam.

***

Demikianlah penjelasan mengenai anis bentet kelabu yang termasuk hewan minim informasi ini. Si hewan pengintai yang handal dengan suara merdu ini patut kita lestarikan. Demikian dan terima kasih.

Jangan lewatkan juga: Ciri ANIS BURU, Penyebaran, Makanan, Kebiasaan dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *