Aneka Manfaat Pupuk Kiserit Untuk Kelapa Sawit

Pupuk Kiserit Untuk Kelapa Sawit – Istilah pupuk dalam pengertian sehari-hari adalah sebuah bahan yang dimanfaatkan untuk memperbaiki dan meningkatkan kesuburan tanah.

Sementara itu, pemupukan merupakan proses penambahan suatu bahan tertentu ke dalam tanah supaya tanah menjadi lebih subur. Secara luas, pemupukan diartikan sebagai penambahan bahan atau zat lain yang bertujuan untuk memperbaiki sifat-sifat dari tanah.

Selain mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman, pupuk umumnya juga mengandung jenis bahan lainnya, seperti:

  1. Carrier atau zat pembawa. Contohnya adalah double superfosfat (DS) di mana jenis zat pembawanya yaitu CaSO4, sedangkan hara tanamannya adalah fosfor (P).
  2. Senyawa lain, seperti campuran bahan lain atau impurities dalam jumlah yang relatif keci. Contohnya Zwavelzuure Amoniak (ZA) yang sering mengandung kotoran berupa Chlor (C)sekitar 3% dan asam bebas (H2SO4).
  3. Coated atau bahan mantel, yaitu sebuah bahan yang melapisi pupuk. Tujuan penggunaan bahan mantel adalah supaya pupuk memiliki nilai yang lebih baik. Contoh tujuan penggunaan bahan mantel antara lain mengurangi kelarutan, menurunkan nilai higroskopis, dan membuat tampilan pupuk lebih menarik. Jenis bahan yang dipakai dapat berupa lilin, wax, malan, aspal, dan sebagainya. Jenis pupuk yang bermantel umumnya memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan pupuk tanpa mantel.
  4. Filler atau pengisi. Baik pupuk campuran atau pun pupuk majemuk yang memiliki kadar tinggi, biasanya sudah diberi filler, sehingga ratio fertilizer pada pupuk akan tepat sesuai yang diinginkan. Dengan begitu, maka pupuk menjadi lebih mudah disebar dengan merata
Pupuk Kiserit Untuk Kelapa Sawit
Pupuk Kiserit Untuk Kelapa Sawit

Apa Itu Pupuk Kiserit?

Kieserite adalah sebutan lain dari Magnesium sulfat, yaitu salah satu sumber nutrisi yang sangat baik berupa unsur hara belerang dan magnesium.

Pupuk kiserit paling banyak diaplikasikan pada pertanian hortikultur. Salah satu keuntungan terbesar dari pupuk ini yaitu sangat cocok digunakan pada semua jenis tanah dan tanaman, bagaimana pun kondisi keasaman tanah tersebut.

Kieserite termasuk jenis pupuk yang mudah bereaksi dan terurai dengan cepat.Pupuk ini adalah pilihan yang tepat saat unsur magnesium dibutuhkan oleh tanaman dengan segera.

Kieserite dapat bersumber dari tambang alam seperti di Jerman atau pun dari proses pemurnian produksi seperti di China. Keduanya sumber kieserite tersebut mempunyai kandungan yang sama, yaitu berupa Magnesium Sulfat dengan rumus kimia MgSO4.H2O.

Pupuk Kieserite dapat langsung diaplikasikan pada tanah, baik dalam bentuk granular atau dalam bentuk bubuk. Pupuk ini cocok diaplikasikan dengan penebaran menggunakan mesin serta dicampur dengan jenis pupuk lain.

Pupuk kieserite biasanya diaplikasikan sebelum penanaman dan selama periode pertumbuhan tanaman. Mengingat bahwa sifatnya cepat dan mudah larut, maka pupuk ini sangat bagus untuk memenuhi unsur hara ketika puncak.

Kieserite tidak dapat diaplikasikan menjadi pupuk foliar atau pupuk yang disiramkan. Namun, kieserite sering digunakan sebagai bahan baku produksi garam epsom atau MgSO4.7H2O, yang sifatnya terlarut sempurna, sehingga sangat cocok diaplikasikan secara siram atau pun irigasi.

Tanah degan kandungan Mg yang rendah tentu sangat memerlukan tambahan unsur hara yang sangat penting ini. Tanah berpasir dengan pH rendah, umumnya memiliki ketersediaan unsur Mg yang rendah bagi tanaman.

Pada kondisi ini, maka sangat dibutuhkan tambahan pemupukan kieserite. Magnesium (Mg) ialah unsur hara esensial yang diperlukan oleh tanaman pada proses pembentukan klorofil.

Unsur hara ini juga berperan sebagai kofaktorenzim pada proses metabolisme tanaman, yaitu pada pembentukan protein, pati, sel, transfer energi, serta mengatur transfer karbohidrat ke seluruh jaringan tanaman.

Pupuk Kieserite tentu memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya adalah 100% dibuat dari bahan alami, mudah dan cepat terlarut pada tanah, mudah dalam pengaplikasiannya, dan tidak meracuni atau merusak tanah atau tanaman.

Pupuk kieserite mengandung MgO sebanyak 28-36%.Biasanya, pupuk jenis ini dijual dalam bentuk serbuk atau butiran dan berwarna abu-abu.

Pupuk kiserit memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Pupuk kiserit dibuat menggunakan bahan brucit (Mg(OH)2) dan magnesit (MgCO3).

Oleh karena itu, pupuk kiserit dituliskan dengan rumus kimia MgSO4.H2O dan dibaca dengan Magnesium Sulfat Omo. Selain mengandung 29% MgO, pupuk ini juga mengandung 23% S serta 48% zat pembawa (carrier).

Sulfur yang terkandung di dalamnya, membuat pupuk kiserit tidak terlalu efektif jika diaplikasikan untuk tujuan pengapuran tanah.

Apa Manfaat Pupuk Kiserit untuk Kelapa Sawit?

Kelapa sawit adalah salah satu jenis tanaman komoditas utama di Indonesia pada sektor perkebunan. Permintaan minyak kelapa sawit oleh pasar kian mengalami peningkatan.

Hal inilah yang mendorong para petani untuk berupaya membudidayakan kelapa sawit sebaik mungkin. Perkebunan kelapa sawit selain bisa menciptakan lapangan kerja, tentu akan meningkatkan penghasilan masyarakat.

Tanaman sawit sama halnya dengan jenis tanaman lainnya, yaitu membutuhkan pemupukan pada setiap fase pertumbuhannya. Kelapa sawit adalah jenis tanaman yang membutuhkan pupuk dalam jumlah yang banyak.

Tanaman kelapa sawit yang tidak diberi pupuk satu kali saja, maka dapat berakibat menurunnya produksi tanaman sampai beberapa tahun ke depan. Pengaruh pemupukan pada produktivitas tanaman sangat beragam dan tergantung dengan umur tanaman, jenis tanah, dan kondisi iklim.

Sebanyak 1 ton TBS hasil panen kelapa sawit akan setara dengan 2.1 kg TSP, 6.3 kg Urea, 7.3 kg MOP, serta 4,9 kg Kiserit. Pupuk kieserite disebut juga sebagai pupuk Magnesium, merupakan jenis pupuk tunggal yang berkhasiat untuk perbaikan sifat kimia dan fisik tanah.

Kemampuan utamanya adalah mampu menetralisir pH tanah serta kapasitas tukar kation. Beberapa manfaat pupuk kieserite lainnya, yaitu:

  • Menghasilkan zat hijau pada daun secara sempurna
  • Meningkatkan rendemen Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil panen
  • Memperbaiki struktur atau kondisi tanah yang telah rusak akibat pupuk kimia
  • Meningkatkan pH tanah
  • Meminimalisir reaksi racun pada tanaman karena kandungan Fe dan Al yang tinggi di dalam tanah
  • Menjaga ketersediaan unsur phospat pada tanah karena bersifat sebagai transporter unsur P

Penyediaan bibit tanaman kelapa sawit yang sehat selama proses pre nursery atau pembibitan awal dan main nursery atau pembibitan utama sangat berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman pada lahan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka bibit harus memperoleh pemupukan secara tepat. Kelapa sawit membutuhkan asupan nutrisi unsur magnesium dari pemberian pupuk kiserit yang kaya akan kandungan MgSO4.H2O.

Fungsi unsur magnesium yang terkandung dalam pupuk kiserit adalah membantu pembentukan karbohidrat, klorofil, minyak, dan lemak. Selain itu, unsur magnesium juga cukup berperang penting pada proses transportasi unsur phosphat dalam tanaman. Pupuk ini dapat diaplikasikan pada tanaman bersama dengan jenis pupuk lainnya.

Pemupukan tanaman kelapa sawit dengan pupuk kiserit secara tepat tentu akan meningkatkan produktivitas tanaman.

Buah kelapa yang dihasilkan akan semakin banyak dengan kualitas yang super. Untuk itu, penggunaan pupuk kiserit harus dilakukan secara tepat sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Dengan demikian, petani kelapa sawit akan meraih banyak keuntungan saat panen raya tiba.

Baca juga: 5 Manfaat Pupuk Fosfat untuk Sawit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *