Aneka Jenis Pupuk Majemuk dan Manfaatnya

Pupuk Majemuk – Berbagai jenis pupuk diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para petani, mulai dari jenis pupuk organik hingga pupuk anorganik.

Dewasa kini, para petani lebih sering menggunakan jenis pupuk majemuk yang memiliki kandungan lengkap, setidaknya dalam pupuk majemuk memiliki lebih dari satu kandungan unsur utama di dalamnya seperti pada pupuk NP, pupuk NK, dan juga berbagai macam jenis pupuk NPK lainnya.

Pupuk majemuk masuk ke dalam deretan pupuk anorganik yang memiliki peran besar dalam dunia pertanian. Selain jenis pupuk majemuk, pupuk anorganik juga memiliki jenis lain yakni pupuk yang hanya memiliki satu kandungan unsur hara di dalamnya atau yang akrab disebut dengan jenis pupuk tunggal. 

Pupuk Majemuk
Pupuk Majemuk via Pertanian.go.id

Jenis-Jenis Pupuk Majemuk

Berikut informasi mengenai jenis-jenis pupuk majemuk yang perlu Anda ketahui:

1. Pupuk NP

Jenis pupuk NPterbagi menjadi dua jenis yaitu amophos dan juga superstikfos. Pada jenis pupuk ampophosAndaakan menemukan kandungan unsur hara seperti Amophos A sebanyak 11 persen, Nitogen plus sebanyak 48 persen P2O5 yang telah larut dalam air. Amophos B sebanyak 16,5 persen, Nitrogen plus sebanyak 20 persen P2O5 yang juga telah larut dalam air.

Untuk jenis superstikfos sebetulnya tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan amophos, bahkan unsur hara yang terkandung di dalamnya pun sama, hanya saja namanya dalam dunia marketing yang berbeda.

Kedua jenis pupuk tersebut memiliki ciri-ciri dengan warna abu-abu muda dan berbentuk butiran.Keduanya juga memiliki sifat yang kurang mudah diserap oleh tanaman.

2. Pupuk NK

Pupuk NK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang sangat cukup jarang digunakan oleh para petani seperti pupuk NP.Salah satu jenis pupuk NK misalnya saja adalah pupuk kalium nitrat yang memiliki kandungan K2O sebanyak 13 persen dan 44 persen.

3. Pupuk PK

Tak berbeda jauh dengan pupuk NP dan NK yang sangat jarang digunakan oleh para petani, jenis pupuk pk juga termasuk jenis pupuk yang sangat jarang digunakan.

Contoh pupuk PK sendiri misalnya adalah pupuk kalium metafosfat. Pupuk kalium metafosfat memiliki kandungan P2O5 sebanyak 60 persen, K2O sebanyak 40 persen.

Selain pupuk kalium metafosfat, pupuk pk juga memiliki merek dagang lain seperti pupuk mono kalium fosfat yang memiliki kandungan P2O5 sebanyak 52 persen dan K2O sebanyak 34 persen.

4. Pupuk NPK

Pupuk NPK merupakan salah satu jenis pupuk majemuk yang paling banyak digunakan oleh para petani hingga kini.Selain memiliki banyak penggemar dari kalangan petani, jenis pupuk NPK juga terbilang pupuk yang memiliki kandungan sangat lengkap dan tersedia berbagai merek di dalamnya.Berikut jenis-jenis pupuk NPK.

  • Pupuk NPK 16 16 16

Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16
Pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16

Pupuk NPK 16 16 16 merupakan jenis pupuk majemuk yang paling banyak digunakan oleh para petani, pasalnya jenis pupuk NPK yang satu ini memiliki kandungan yang paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis pupuk NPK yang lain. Salah satu contoh pupuk npk 16 16 yang terjual di pasaran adalah pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16.

NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16 ini memiliki 5 unsur hara yang terdapat dalam satu kemasan. NPK Mutiara Yara Mila memiliki ciri-ciri seperti sebuah granul dengan warna khasnya yakni biru yang agak pudar. Pupuk NPK Mutiara Yara Mila merupakan salah satu pupuk yang diimpor langsung dari Norwegia yang dibuat menggunakan teknologi bernama Odda.

Pupuk NPK Mutiara Yara Mila memiliki kandungan yang sangat lengkap seperti kandungan 3 kandungan utama yakni Nitrogen, Phosfor dan Kalium sebanyak 16%. Kandungan lain yang terdapat dalam pupuk NPK Mutiara Yara Mila yakni Magnesium sebanyak 0,5% dan juga kalsium sebanyak 6 persen.

Selain pupuk NPK Mutiara Yara Mila 16 16 16, merek dagang dari pupuk NPK 16 lain misalnya saja adalah NPK Ria Plus, NPK Zamrud, NPK Pak Tani, NPK Kebomas dan NPK Mahkota.

Semua merek dagang tersebut masuk kedalam jenis NPK 16 karena 3 kandungan unsur utamanya yakni Nitrogen, Phosfor dan Kalium yang berjumlah 16 persen.

Baca selengkapnya: Pupuk NPK 16 16 16

  • Pupuk NPK 15 15 15

Tak jauh berbeda dengan pupuk NPK 16 16 16, jenis pupuk NPK 15 15 15 juga termasuk pupuk NPK yang cukup laris di pasaran. Perbedaan pupuk NPK 15 15 15 ini dengan jenis pupuk NPK 16 16 16 terletak pada 3 unsur kandungan utamanya yang berjumlah 15 persen banyaknya.

Salah satu merek dagang dari pupuk NPK 15 15 15 adalah pupuk NPK Phonska. NPK Phonska yang terjual di pasaran memiliki 2 buah jenis yakni pupuk NPK Phonska dan pupuk NPK Phonska plus.

Keduanya memiliki keunggulannya masing-masing.Selain itu, Anda juga dapat memilih jenis pupuk NPK Phonska yang berbentuk cair maupun padat. Kedua jenis pupuk NPK Phonska ini memiliki kandungan Nitrogen, Phosfor dan Kalium sebanyak 15 persen, dan juga sulfur sebanyak 9 persen.

Yang membedakan dari kedua jenis pupuk NPK ini adalah kandungan seng di dalamnya.Kandungan tambahan seng hanya terdapat pada jenis pupuk NPK Phonska Plus yakni sebanyak 2000 ppm.

Pupuk NPK Phonska ini merupakan salah satu pupuk yang diproduksi oleh BUMN sehingga harga lebih terjangkau jika karena telah disubsidikan oleh pemerintah.

Selain pupuk NPK Phonska 15 15 15, jenis merek dagang NPK 15 lain yang terjual di pasaran misalnya saja adalah NPK Ria Plus dan NPK Basf.

  • NPK 12 12 12 Khusus untuk Tanaman Sawit

Jenis pupuk NPK yang terakhir adalah pupuk yang dibuat khusus bagi tanaman sawit. Salah satu merek dagang pupuk ini adalah pupuk NPK Palmo. Pupuk NPK palmo merupakan hasil kerjasama dari pusat penelitian sawit yang bekerjasama dengan suatu pabrik industri besar di Indonesia.

Selain memiliki kandungan unsur hara makro, pupuk ini juga dibekali kandungan unsur hara mikro yang juga kaya akan kandungan asam humat dan juga kandungan fulvat. Pupuk ini dapat membantu struktur tanah pada lahan pertanian yang rusak, sehingga mikro organisme yang terdapat dalam tanah dapat berkembang dan aktif.

Memiliki ciri-ciri berbentuk seperti sebuah briket, pupuk ini juga mampu meningkatkan kapasitas dari akar tanaman ketika menyerap unsur hara. Selain pupuk NPK Palmo, merek dagang lain yang juga dikhususkan untuk tanaman sawit adalah pupuk NPK Mahkota khusus untuk tanaman sawit.

BAca juga: Jenis-Jenis Pupuk NPK untuk Buah

—–

Umumnya semua jenis pupuk majemuk memiliki sifat higroskopis yang artinya sangat mudah larut dalam air. Selain itu merek-merek dari pupuk majemuk yang terdapat di atas dapat Anda gunakan untuk semua jenis tanaman, mulai dari tanaman buah-buahan hingga tanaman hias.

Setiap jenis pupuk majemuk khususnya pupuk NPK mampu membantu mempercepat waktu panen dengan hasil panen yang juga tinggi kualitasnya.

Nah, itulah macam-macam jenis dari pupuk majemuk dan juga manfaatnya yang terjual di pasaran, semoga dapat menjadi referensi bagi Anda ketika akan membeli pupuk majemuk. Selamat mencoba!

Baca juga: Pupuk KCL Cair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *